Published on

Careers

10 Situs untuk Tes Psikologi Online Terpercaya untuk Semakin Mengenal Dirimu

Alvina Vivian

H1_situs_tes_psikologi_online.jpg

Tes psikologi seringkali menjadi salah satu persyaratan ketika ingin memasuki dunia kerja atau saat menempuh pendidikan. Sejatinya, tes psikologi atau psikotes dapat digunakan untuk mengenali emosi hingga tingkat kecerdasan seseorang. Tes ini dilakukan dengan penilaian dan bimbingan seorang profesional yang nantinya akan menganalisis hasil psikotes kamu. Selain tes secara langsung, kini cukup banyak pilihan tes psikologi online yang bisa kamu coba.

Meskipun tidak diawasi secara langsung, namun beberapa penyedia jasa tes psikologi online akan tetap mengawasi pesertanya saat tes berlangsung. Ada beberapa rekomendasi tes psikologi online yang sudah terpercaya dan digunakan oleh banyak orang. Cek daftarnya pada artikel berikut ini, yuk!

Mengapa perlu untuk tes psikologi online?


Tes psikologi memiliki banyak manfaat bagi pesertanya (sumber: pexels)

Tes psikologi memiliki banyak manfaat bagi pesertanya. Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu perlu mengambil tes psikologi online.

1. Keperluan masuk dunia kerja

Tidak sedikit perusahaan yang menjadikan tes psikologi sebagai salah satu pertimbangan penting untuk merekrut seseorang. Dengan adanya psikotes, diharapkan perekrut bisa mengenali sifat dan karakteristik kandidat dan menilai apakah kandidat tersebut akan sesuai dengan visi perusahaan dan menjadi karyawan yang baik di perusahaan tersebut. Selain itu, tes psikologi juga bisa menjadi bahasan pendukung untuk mengulik kandidat saat wawancara berlangsung.

2. Untuk murid sekolah

Ada banyak jenis psikotes yang ada saat ini. Salah satunya digunakan untuk mengetahui tingkat kecerdasan anak-anak. Pada manfaat satu ini, sekolah akan mengadakan tes psikologi bekerja sama dengan lembaga untuk mengetahui tingkat kecerdasan dan gambaran karakteristik murid-muridnya. Selain itu, psikotes bisa membantu murid untuk menggali potensi mereka pada bidang yang diminati.

3. Untuk mengenal diri lebih jauh

Tidak hanya dalam segi karier dan pendidikan, psikotes juga bisa diikuti setiap individu secara mandiri untuk mengenal minat, pilihan karier yang tepat, hingga bagaimana cara mengoptimalisasi emosi sehingga menjadi pribadi yang lebih baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti tes psikologi online.

Baca juga: 12 Jenis Contoh Soal Tes Psikotes Beserta Tipsnya Agar Lolos Seleksi Kerja

10 Situs untuk tes psikologi online terpercaya


Pilih rekomendasi situs tes psikologi yang sesuai dengan kebutuhanmu. (Sumber: Pexels)

1. Psychcentral.com

Psych Central adalah sebuah platform yang membahas berbagai hal terkait psikologi, mental health, relationship, dan hal lain seputar sosial manusia. Selain menerbitkan informasi berupa artikel yang menarik dan penuh ilmu, Psych Central juga menyediakan banyak tes psikologi online berupa kuis dengan berbagai topik, seperti indikasi kondisi terkait kesehatan mental, tes karier, tipe emosional, tes kepribadian, hingga tes terkait parenting.

2. Interpersonal skills self assessment

Salah satu tes psikologi yang bisa kamu ambil adalah interpersonal skills self assessment dari Skills You Need. Tes ini menilai aspek keterampilan kamu dalam bersosial, berkomunikasi, dan bekerja secara tim. Ada banyak detail yang bermanfaat yang bisa kamu dapatkan dari tes satu ini, lho! Selain mengenal lebih dalam, kamu juga akan mendapatkan saran agar lebih baik kedepannya.

3. Testcolor.com

Berbeda dengan tes lainnya, pada situs satu ini kamu diminta untuk memilih warna yang tampil pada tiap sesi. Kamu bisa menentukan warna favorit atau pilihan warna yang kamu sukai dari beberapa pilihan yang ditampilkan. Kemudian, pada bagian akhir kamu akan mendapatkan hasil seputar kepemimpinan, management, bahkan hingga tingkat imajinasimu. Test Color merupakan cara yang menarik dan unik untuk mengetahui diri sendiri melewati pilihan warna saja.

4. Tes psikologi dari Satu Persen

Psikotes yang disediakan oleh Satu Persen sangatlah beragam. Kamu bisa mengecek berbagai pilihan tes yang disediakan di halaman Kuis Satu Persen dan coba tes yang ingin kamu ketahui hasilnya. Di setiap tes tersebut, kamu akan menjawab pertanyaan dengan memilih pernyataan yang paling sesuai. Pilihan tes yang beragam, tentunya akan memudahkanmu dalam mengenali diri sendiri.

5. 16 Personalities

16 personalities adalah salah satu website yang banyak diminati untuk melakukan tes psikologi online. Tes pada website ini menggunakan metode MBTI sebagai dasar pengukuran karakteristik dan rekomendasi karier seseorang. Pada tes ini, kamu perlu memberikan jawaban seberapa cocok kamu dengan pertanyaan-pertanyaan yang disebutkan. Terdapat 7 tombol dengan tingkat kecocokan yang berbeda-beda, mulai tidak cocok hingga cocok. Dari hasil tombol yang kamu pilih, maka akan muncul hasil akhir yang sesuai. Tidak hanya banyak digunakan oleh perekrut di perusahaan, 16 personalities juga bisa dilakukan oleh tiap individu untuk mendalami dirinya. Bagi kamu yang tertarik mencoba, kamu bisa mengakses situs resmi 16 Personality Test.

Baca juga: 7 Tips Tes Psikologi Kerja Ini Bantu Kamu Lolos Seleksi

6. Psychology Today

Selain Psych Central, situs Psychology Today juga bisa menjadi alternatif untuk kamu yang ingin memperdalam informasi mengenai kesehatan mental. Selain itu, situs ini juga dilengkapi dengan tes yang dilakukan individu. Tes tersebut terbagi ke dalam lima kategori besar, seperti IQ, karier, kesehatan, relationship, dan personality.

7. Emotional Intelligence Quiz

Kecerdasan emosi menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui selain kepintaran seseorang. Dengan mencoba emotional intelligence quiz dari IHHP, kamu bisa mengeksplor seberapa baik kecerdasan emosi kamu serta mendapatkan rekomendasi berupa saran hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan kecerdasan tersebut.

8. Tes Karier

Tes psikologi online tidak hanya terkait soal karakteristik dan emosi personal saja. Pada situs Career Explorer, kamu bisa mengenali pilihan karier yang paling sesuai. Kamu akan diminta memilih pernyataan yang paling sesuai dengan kepribadian dan diri kamu. Kemudian, dengan teknologi yang digunakannya, maka akan tampil hasil berupa panduan karier yang cocok untuk kamu dalami.

9. Tes kesehatan mental dari Pijar Psikolog

Salah satu tes psikologi online bahasa Indonesia ini bisa menjadi referensi untuk mengenali gambaran umum terkait kondisi mental seseorang. Dengan metode BDI, tes kesehatan mental di Pijar Psikolog akan membantu kamu untuk mengenali apakah yang kamu alami tersebut mengarah ke depresi atau tidak. Namun, tes ini tidak bisa menjadi satu-satunya alat diagnosis, ya. Kamu harus berkonsultasi langsung dengan profesional untuk memastikan hal tersebut.

10. Crystal Knows

Crystal Knows adalah sebuah situs tes psikologi online yang berfokus pada mengenali kepribadian seseorang dengan menggunakan metode DiSC. Metode ini menjadi cara kedua yang banyak digunakan setelah MBTI. Pada tes ini kamu perlu memilih mana yang paling sesuai dan paling tidak sesuai dari 4 pernyataan yang ditampilkan. Tak perlu khawatir, jika kamu tidak memahami apa yang dimaksudkan, kamu bisa melihat penjelasan pada simbol di sebelah tiap pernyataan. Hasil dari tes ini juga menarik untuk dipahami.

Baca juga: Inilah Tes MBTI, 16 Hasil untuk Mendapatkan Karier yang Ideal

Nah, itu tadi 10 rekomendasi halaman yang bisa kamu pilih untuk melakukan tes psikologi online di internet. Ada banyak jenis psikotes online dengan beragam topik yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Lakukan tes dengan tenang dan fokus serta jujur agar hasil akhir yang keluar lebih sesuai.

Perlu digaris bawahi bahwa tes psikologi yang tertulis di atas bukan untuk mendiagnosis apapun hal yang serius, ya. Kamu perlu menghubungi professional untuk konsultasi lebih lanjut dan mengetahui jawaban yang paling tepat atas permasalahan yang kamu alami. 

Kalau kamu tertarik membaca informasi lain terkait bisnis, karier, atau berita terbaru, intip artikel di EKRUT Media lainnya atau tonton juga video informatif dari para ahli di YouTube EKRUT Official. Jika kamu sedang mencari informasi pekerjaan terbaru, klik sign up di EKRUT dan jadi yang pertama mendapat kesempatan bersama perusahaan impian kamu!

Sumber:

  • 123test.com
  • themuse.com
  • psychologytoday.com
  • openpsychometrics.org

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Workshop_adalah_Pengertian__manfaat__3_jenis__dan_perbedaanya_dengan_training.jpg

    Careers

    Definisi Workshop, Manfaat, Jenis, Bedaanya dengan Training

    Sylvia Rheny

    06 October 2022
    7 min read
    H1_8_Cara_Memilih_Jurusan_Kuliah_Sesuai_Minat_dan_Bakat_Kamu__Jangan_Salah_Pilih!.jpg

    Lainnya

    8 Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Bakat Kamu, Jangan Salah Pilih!

    Sartika Nuralifah

    06 October 2022
    5 min read
    10_Tips_mendapatkan_first_impression_yang_positif_di_tempat_kerja.jpg

    Careers

    10 Tips mendapatkan first impression yang positif di tempat kerja

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    05 October 2022
    6 min read

    Video