Careers

7 Jenis soal tes spasial beserta contoh dan jawabannya

Published on
Min read
8 min read
time-icon
Algonz D.B. Raharja

A passionate ecological researcher and writer who loved to learn about SEO and content writing for marketing purposes

H1_Tes_Spasial.jpg

Dalam berbagai tes psikologi, tes assessment maupun potensi akademis terdapat beberapa jenis tes yang umum dipakai. Salah satu dari tes tersebut adalah tes spasial. Bagi kamu yang penasaran tentang apa dan bagaimana itu tes spasial, ada baiknya kamu simak ulasan singkatnya berikut.

Apa itu tes spasial?


Tes spasial merupakan salah satu psikotes yang terdiri dari analisis gambar dua atau tiga dimensi (Sumber: Pexels)

Tes spasial secara khusus masuk dalam model tes penalaran yang dirancang untuk menentukan kemampuan kandidat dalam memanipulasi objek berbentuk dua maupun tiga dimensi. Tes spasial diujikan untuk melihat penalaran dan visualisasi gerakan atau perubahan bentuk dari gambar yang ada di soal.

Dalam kehidupan sehari-hari, umumnya kita dihadapkan pada objek-objek yang akrab dengan konsepsi umum. Penalaran objek dan logika dari visualisasi bentuk objek tersebut masuk dalam konteks psikotes. Kesadaran spasial dalam setiap individu diperlukan dalam beberapa jenis pekerjaan seperti produksi atau desain yang terkait hal-hal teknis. Beberapa contoh pekerjaan yang mengharuskan kesadaran spasial tinggi adalah arsitek, survei, dan desain grafis.

Dalam ilmu pengetahuan pun tes spasial amat penting karena penalaran spasial ini akan melihat bagaimana seseorang dapat memahami petunjuk arah, rute, peta, dan mengikuti petunjuk arah itu di dunia nyata. Tes spasial tidak melibatkan analisis secara mendalam, sehingga hanya melihat bagaimana interaksi dari berbagai komponen objek yang ada dalam soal.

Baca juga: 10 Tes kepribadian online untuk rekrut professional talent

7 Jenis soal tes spasial 


Tes spasial memiliki tujuan untuk mengetahui imajinasi dan persepsi peserta terhadap gambar atau bentuk (Sumber: Pexels)

Untuk dapat lebih memahami dan mengenal bagaimana itu tes spasial, berikut ini adalah beberapa jenis tes spasial yang dilansir dari modul Spatial Ability dari STELAR-STEM Learning and Research Center dan perlu kamu ketahui.

1. Memilih gambar yang sama

Salah satu jenis utama dari tes spasial adalah penalaran gambar dengan menentukan gambar mana yang memiliki kesamaan dengan objek gambar lainnya. Soal dari jenis tes spasial jenis ini berupa satu gambar dengan beberapa objek di dalamnya dan kemudian pilihan jawabannya dilakukan dengan memutar gambar dengan objek di dalamnya yang juga berubah arah atau bentuk. Contoh dari jenis tes spasial ini adalah sebagai berikut.


Contoh soal tes spasial gambar identik (Sumber: researchgate.com)

2. Bongkar pasang bentuk

Jenis tes spasial yang satu ini cukup unik karena umumnya akan terdapat satu gambar berisi gambar dua dimensi berupa bangun datar. Dari bangun datar ini kemudian nantinya kamu disuruh untuk memilih jawaban dari potongan-potongan bangun datar lagi jika disatukan kembali. Hal ini sama seperti sebuah kertas dipotong-potong lalu kamu disuruh mencari dan menyusun potongan-potongan mana yang relevan dengan bentuk kertas mula-mula. Adapun contoh soal dari tes spasial jenis ini adalah sebagai berikut.


Contoh soal bongkar pasang bentuk dalam tes spasial (Sumber: wikijob.co.uk)

Baca juga: Tes Wartegg: Teori dasar, teknis pengerjaan, dan 7 tipsnya

3. Mengubah bentuk 2 dimensi menjadi 3 dimensi

Tes spasial jenis ini dilakukan dengan soal berupa bentuk dua dimensi seperti lembaran kertas dengan bentuk tertentu dan jawabannya adalah bagaimana jika lembaran itu dibentuk menjadi bangun ruang tiga dimensi. Tujuan dari tes ini adalah mengetahui imajinasi peserta tes dalam membayangkan bentuk tanpa menyentuh atau mencoba menyusun suatu benda ke bentuk lain. Berikut ini adalah contoh dari tes spasial jenis ini.


Contoh soal tes spasial jenis menyusun gambar (Sumber: wikijob.co.uk)

4. Pencerminan (Mirroring)

Tes spasial jenis mirroring ini dilakukan dengan soal sebuah gambar dengan objek dua dimensi dan jawabannya adalah gambar dengan objek yang sama tetapi dalam perspektif berbeda. Peserta tes akan diminta untuk mengidentifikasi bayangan atau cerminan gambar mana yang paling sesuai. Adapun contoh dari soal tes spasial jenis ini adalah sebagai berikut.


Contoh tes spasial jenis mirroring dua dimensi (Sumber: wikijob.co.uk)

Baca juga: 12 Jenis contoh soal psikotes beserta tips pengerjaannya

5. Peta dua dimensi

Salah satu tujuan tes spasial adalah agar seseorang dapat membaca atau menggunakan penunjuk atau peta dengan mudah. Hal ini merupakan bagian dari kecerdasan kognitif yang ternyata amat penting bagi kehidupan. Oleh karena itu terdapat pula satu jenis tes spasial yang berupa peta dua dimensi yang umumnya dibentuk dengan kotak-kotak beserta huruf sebagai penjelas. Adapun contoh tes spasial jenis soal peta dua dimensi adalah sebagai berikut.

Mr. Wilkinson berada di Depp St. dan sedang melihat bahwa Town Hall ada di sebelah kanannya. Lantas, arah mana yang sedang dilihat Mr. Wilkinson?

Contoh soal tes spasial jenis peta dua dimensi (Sumber: wikijob.co.uk)

6. Menghitung jumlah blok kubus dalam bangun tiga dimensi

Tes spasial jenis ini mengharuskan peserta tes untuk dapat mengimajinasikan bentuk benda dan sekaligus melakukan perhitungan aritmatika sederhana untuk menghitung berapa jumlah balok dalam sebuah bangunan yang menjadi soal. Adapun contoh soal tes spasial jenis ini adalah sebagai berikut.


Contoh tes spasial dengan jenis menghitung jumlah blok kubus (Sumber: wikijob.co.uk)

Baca juga: 7 Tips tes psikologi kerja ini bantu kamu lolos seleksi

7. Mengombinasikan bangun dua dimensi

Soal tes spasial jenis ini dilakukan dengan memberi soal berupa tiga atau lebih bangun dua dimensi yang akan digabungkan. Tugas peserta adalah menentukan gambar mana yang relevan sebagai bentuk gabungan dari seluruh bangun datar tadi. Berikut adalah contoh tes spasial jenis ini.


Contoh soal tes spasial jenis kombinasi dua dimensi (Sumber: wikijob.co.uk)

Contoh tes spasial dan jawabannya

Berikut ini adalah beberapa contoh tes spasial beserta jawabannya yang dapat kamu simak.


Contoh soal tes spasial kombinasi gambar (Sumber: jobstprep.co.uk)

Jawaban dari soal ini adalah A.




Contoh soal tes spasial bongkar pasang bentuk serupa (Sumber: awambicara)

Jawaban dari soal ini adalah: B


Contoh soal tes spasial mencari gambar identik tanpa mengubah ukuran (Sumber: assessmentday.com)

Jawaban dari soal ini adalah: A

Baca Juga: 10 Jenis Psikotes Kerja yang Sering Digunakan dalam Proses Rekrutmen

Itulah tadi semua penjelasan singkat tentang apa itu tes spasial dan beberapa jenis, contoh beserta jawabannya. Tentunya kamu sudah sedikit lebih paham mengenal apa itu tes spasial bukan?

Nah, jika kamu sudah siap untuk mengerjakan ragam soal psikotes seperti tes spasial ini berarti ini adalah waktumu untuk melamar pekerjaan. Kini, mencari pekerjaan tak perlu susah lagi, sebab sudah ada EKRUT yang siap membantumu untuk menemukan lowongan pekerjaan terbaik di Indonesia. Kamu bisa mendaftar lewat EKRUT untuk nantinya ditemukan oleh berbagai perusahaan yang sedang mencari kandidat baru bagi posisi tertentu. Tunggu apa lagi, silakan klik tautan di bawah ini untuk langsung mendaftar lewat EKRUT.

sign up EKRUT

Sumber:

  • https://www.assessmentday.com/spatial-reasoning.htm
  • http://stelar.edc.org/sites/stelar.edc.org/files/Spatial%20Ability%20Practice%20Test%201.pdf
  • https://www.jobtestprep.co.uk/free-spatial-reasoning-test
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    29 November 2022
    6 min read
    business-model-canvas-EKRUT.jpg

    startup

    Segmen Business Model Canvas untuk Merancang Bisnis di Awal

    Nur Lella Junaedi

    29 November 2022
    8 min read
    H1_1._5_Cara_Menjawab_Pertanyaan_“Kenapa_Kami_Harus_Menerima_Anda_”.jpg

    Careers

    Panduan Menjawab “Kenapa Kami Harus Menerima Anda?” Beserta Contohnya

    Anisa Sekarningrum

    29 November 2022
    7 min read

    Video