Published on

Careers

Cara mengerjakan tes Wartegg agar lolos dalam proses perekrutan

Nur Lella Junaedi

cara-mengerjakan-tes-wartegg-EKRUT.jpg

Tes Wartegg adalah salah satu tes psikologi yang kerap dilakukan untuk mendapatkan kandidat yang sesuai dengan perusahaan. Tes ini bertujuan untuk menggali kepribadian individu melalui tes gambar. 

Agar kamu tidak bingung saat berhadapan dengan tes ini, kamu perlu tahu lebih lengkap apa itu tes Wartegg dan bagaimana cara mengerjakannya. 

Cara mengerjakan tes Wartegg 

Cara mengerjakan tes Wartegg - EKRUT
 Untuk mengerjakan tes Wartegg ini kamu akan diberikan 8 kotak berukuran 4cm x 4 cm  - EKRUT

Untuk mengerjakan tes Wartegg ini, kamu nantinya akan diberikan sebuah kertas. Di dalam kertas tersebut terdapat 8 kotak berukuran sekitar 4 cm x 4 cm berwarna hitam seperti gambar di atas. 

Setiap kotak memiliki tanda cetak yang berbeda bentuknya seperti titik, garis, kotak kecil, dan melengkung. 

Kamu harus melanjutkan bentuk tanda cetak yang belum sempurna ini menjadi sebuah gambar sesuai yang diinterpretasi oleh kamu saat pertama kali. 

Saat kamu mencoba menggambar, konsep gambar sebaiknya sudah matang dan tahu akan menggambar apa. Karena, tes ini tidak memperbolehkan peserta untuk menghapus atau menggambar ulang. 

Selain itu, kamu juga sebaiknya menggambar dengan menggunakan pensil HB yang tidak terlalu tajam atau tumpul dan dibawahnya terdapat alas. Adapun petunjuk lainnya yang mungkin akan ditemukan adalah: 

  • Menuliskan secara urut gambar mana yang paling cepat selesai.
  • Kamu diharapkan menuliskan nomor urut yang sesuai dengan gambar yang bisa diselesaikan dengan cepat di luar kotak hitam. 
  • Kamu juga diharapkan menuliskan gambar mana yang paling mudah dan paling sulit. 
  • Kamu juga diharapkan menuliskan gambar yang paling disukai dan tidak disukai disertai dengan penjelasan atau alasannya. 

Tidak ada catatan benar atau salah saat kamu mengerjakan tes Wartegg ini serta tidak ada batasan waktu yang ditentukan. 

Akan tetapi, dalam cara mengerjakan tes Wartegg ini sebaiknya kamu memiliki konsep gambar yang jelas sebelum memulai menggambar, supaya nantinya gambar yang dihasilkan bisa maksimal. 

Kamu juga bisa melatih untuk menggambar di rumah sebelum hari tes tiba, agar sudah bisa memikirkan akan menggambar apa dan mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menggambar objek tersebut. 

Salah satu contoh gambar objek hasil tes Wartegg ini mungkin bisa menjadi inspirasimu, tetapi sebaiknya jangan menduplikasi gambar ini supaya kreativitasmu tidak terbatas. 

Contoh tes Wartegg - EKRUT 
Contoh gambar dalam pengerjaan tes Wartegg - EKRUT

Baca juga: Kenali Tes Potensi Akademik (TPA) dan tips menghadapinya

Mengenal apa itu tes Wartegg 

Mengenal apa itu tes Wartegg - EKRUT 
Tes Wartegg diperkenalkan oleh Ehrig Wartegg pada tahun 1920 an - EKRUT

Setelah kamu mengetahui cara mengerjakan tes Wartegg, tidak lengkap rasanya bila belum memahami maksud dan tujuan dari tes Wartegg itu sendiri. Lantas apa itu tes Wartegg?

Tes Wartegg adalah tes menggambar proyektif, proyektif disini maksudnya adalah teknik yang diberikan melalui stimulus-stimulus ambigu dan tidak terstruktur. 

Tes ini dikembangkan oleh psikolog Austria-Jerman bernama Ehrig Wartegg pada sekitar tahun 1920 dan 1930 an.

Tes ini kerap disebut dengan The Wartegg Zeichen Test atau The Wartegg Drawing Completion Test. Adapun tujuan tes ini adalah untuk mengetahui kepribadian individu dilihat dari aspek organisasi dan struktur serta tingkat kedinamisannya.  

Sampai saat ini tes Wartegg masih sering digunakan dalam proses seleksi karyawan karena dianggap mampu mengetahui kepribadian dari kandidat tersebut.

Baca juga: Daftar pekerjaan yang cocok sesuai hasil tes kepribadian MBTI

Teori tes Wartegg

Teori tes Wartegg - EKRUT 
Teori dari tes ini menggunakan teori gestalt - EKRUT

Adapun teori yang digunakan dalam tes Wartegg ini menggunakan teori gestalt dimana manusia cenderung melihat suatu objek sebagai sekumpulan elemen yang dinilai serupa, mengenali pola-pola dan menyederhanakan imaji yang sebenarnya kompleks. 

Setidaknya ada empat fungsi dasar kepribadian yang dicerminkan melalui tes Wartegg pada diri manusia, berdasarkan hasil penelitian Adhyatman Prabowo dari UMM meliputi,  

Imagination 

Bentuk fungsi dasar imajinasi dibagi lagi dalam dua aspek kepribadian yakni 

  • Creative, individu kerap lebih menyukai hal-hal abstrak atau simbol-simbol filosofis atau emosional. Sayangnya bila berlebihan imajinasi ini bisa menjadi hambatan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. 
  • Combining, tipe combining merupakan individu yang akan mengambil materi dari sekelilingnya kemudian diorganisir dan menghasilkan materi atau bentuk yang sesuai dengan dunia luar. 

Intellect   

Bentuk dari fungsi dasar intellect dicerminkan dalam dua aspek juga yaitu, 

  • Speculative, artinya individu yang dimana teori lebih ditekankan daripada fakta.  
  • Practical, sebaliknya individu tipe ini orientasinya lebih ditekankan pada fakta, penalaran induktif dan hal-hal yang konkrit. 

Emotion 

Fungsi dasar emotion ditekankan pada dua hal di antaranya, 

  • Open atau outgoing adalah individu yang mudah berhubungan dengan orang lain. 
  • Seclusive, ini adalah individu yang lebih fokus terhadap dirinya sendiri ketimbang terhadap dunia di luar dirinya. 

Activity 

Sementara activity terdiri dari dua sifat yaitu, 

  • Controlled artinya individu tersebut lebih suka mengambil keputusan secara tegas untuk bertindak. Selain itu, mereka menyukai ketenangan dan keteraturan. 
  • Dinamic, individu dengan sifat ini senang dengan hal-hal baru bersikap antusias dan berani. Bahkan mereka bisa melakukan banyak pekerjaan dalam waktu yang sama. 

Meskipun melalui tes Wartegg penguji dapat melihat profil kepribadian individu. Akan tetapi, tes ini tidak memiliki penilaian yang terstandarisasi serta interpretasi yang terkesan subjektif. 

Oleh karena itu, untuk membuat hasil tesnya lebih akurat, akan lebih baik bila perekrut menggunakan kombinasi tes yang lain juga seperti Kraepelin, Papi Kostick, DISC dan sebagainya.  

Kini dengan mengetahui cara mengerjakan tes Wartegg kamu menjadi siap untuk menyelesaikannya, bukan? 

Baca juga: 

Kenali tes DiSC untuk pahami karakteristik kepribadian

Induk perusahaan TikTok raup laba bersih USD 3 miliar

Tips alokasi bonus akhir tahun dengan bijak

EKRUTConnect5: Tips menerapkan work life integration

Intip 6 manfaat sarapan pagi sebelum kerja

cara mengerjakan tes wartegg - EKRUT

Sumber: 

  • semanticscholar
  • psychology.binus
  • karyawanesia
  • umm.ac.id
 

Tags

Share