Published on

Careers

4 Tips agar dibajak perusahaan lain

Tsalis Annisa

tips-agar-dibajak-perusahaan-lain-EKRUT.jpg

Dibajak atau hijack mungkin adalah sesuatu yang kamu harapkan dalam dunia kariermu. Pasalnya, jika dibajak oleh perusahaan lain umumnya seseorang akan mendapatkan tawaran kenaikan gaji sangat tinggi. 

Tak hanya itu, dibajak oleh perusahaan lain juga bisa menjadi kebanggan tersendiri untukmu. Tapi, bagaimana caranya agar menjadi karyawan idaman yang dibajak oleh perusahaan lain?

Berikut ini adalah beberapa tipsnya yang menarik untuk kamu ketahui. 

1. Terus meningkatkan kemampuan

Saat satu perusahaan menargetkan seorang kandidat, kandidat tersebut pastilah seseorang yang dianggap memiliki kemampuan dan pengalaman yang mumpuni untuk mengisi posisi yang dibutuhkan. 

Nah, agar dibajak oleh perusahaan lain penting bagimu untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuanmu. Tentu tidak ada salahnya belajar hal baru dan mulai beradaptasi dengan kemampuan yang dibutuhkan di era saat ini. 

Misalnya saja, jika kamu adalah seorang Digital Marketer, cobalah untuk belajar mengenai growth hacking dan mulai menerapkannya dalam pekerjaanmu. Keberhasilan dari pekerjaanmu ini tentu akan menjadi nilai tambah dimata perusahaan yang mencari kandidat sepertimu. 

2. Bergabunglah di media sosial profesional seperti Linkedin

Tidak sama seperti media sosial lainnya, Linkedin merupakan salah satu media sosial profesional. 

Jika kamu ingin menjadi seseorang yang dibajak perusahaan lain, maka Linkedin menarik untuk kamu ikuti. Pasalnya, di Linkedin kamu tidak hanya dapat mencantumkan data diri serta pengalaman kerja, tapi juga kamu dapat meningkatkan koneksimu. 

Bukan tidak mungkin salah satu dari koneksimu tersebut ternyata sedang mencari kandidat sepertimu. Tapi ingat ya, jangan perlakukan Linkedin seperti media sosial pada umumnya. Karena seperti yang disebutkan di atas, Linkedin adalah media sosial profesional. 

tips agar dibajak perusahaan lain - EKRUT
Agar dibajak oleh perusahaan lain, kamu perlu membangun personal branding yang baik - EKRUT

3. Bangun personal branding dan rapikan media sosial yang lainnya

Personal branding adalah caramu membentuk citra diri, baik dalam hal keterampilan yang kamu miliki hingga karaktermu. 

Guna membentuk personal branding, selain menunjukkan kemampuan dan karaktermu di media sosial profesional, kamu juga perlu memerhatikan media sosial lainnya. 

Pasalnya, bukan tidak mungkin koneksimu di Linkedin juga mengecek media sosialmu lainnya. Pengecekan ini umumnya dimaksudkan untuk melihat bagaimana karaktermu melalui sosial media. 

Jadi, cobalah untuk mulai merapikan feed media sosialmu, ya!

4. Terus buka peluang kerjamu dengan cara ini

Selain dengan melakukan beberapa langkah di atas, agar peluang kamu dilirik perusahaan lain lebih luas, cobalah untuk bergabung di talent marketplace. 

Karena beberapa perusahaan besar umumnya bergabung dengan talent marketplace untuk mendapatkan kandidat terbaik. Kamu juga tidak perlu repot untuk melamar ke sana-kemari karena hanya dengan sekali mendaftar menggunakan Linkedin, beberapa tawaran pun akan menghampirimu. 

Menjadi karyawan suatu perusahaan karena dibajak oleh perusahaan tersebut dapat membawa keuntungan mulai dari gaji yang naik drastis, hingga kebanggaan untuk diri sendiri. 

Jika kamu ingin dibajak oleh perusahaan lain, mulailah untuk melakukan beberapa cara di atas. Sekarang dapat kerja tidak perlu lagi repot melamar.

Rekomendasi bacaan:

Tags

Share