Published on

Expert's Corner

Baru Belajar C++? Berikut 5 Konsep Dasar dan Panduan Menguasainya

Algonz D.B. Raharja

tips-belajar-c__-EKRUT.jpg

Sebagai salah satu bahasa pemrograman yang dapat membantu dalam membuat game video, C++ termasuk populer di dunia. Tertarik menggunakannya? Berikut adalah tips belajar C++ yang perlu kamu ketahui. C++ merupakan salah satu pemrograman tertua yang masih digunakan hingga saat ini. C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang dibuat oleh Bjarne Stroustrup.

C++ merupakan perkembangan dari bahasa C yang dikembangkan di Bell Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an. bahasa tersebut diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B. 

Mengapa harus mempelajari C++?

tips belajar c++ - EKRUT
C++ dapat membantu dalam membuat video game - EKRUT

Tentu ada banyak alasan untuk mempelajari C++, baik untuk menjadi seorang system engineer, seorang Game Developer, atau hanya sekedar mempelajarinya karena kepraktisannya. C++ merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer di dunia. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk segala hal, mulai dari membangun sistem operasi hingga membuat video game dan membuat film 3D. Meskipun mungkin memiliki kurva belajar yang lebih curam daripada yang lain, C ++ memiliki potensi yang luar biasa.

C ++ dikenal sebagai bahasa yang lebih sulit dipelajari daripada bahasa lain seperti Java dan Python. Sebagian besar karena C ++ memiliki sintaks yang lebih kompleks. Ini bisa menjadi tantangan bagi mereka yang memulai dengan pemrograman. Oleh karena itu, menginvestasikan waktu untuk memahami tips belajar C ++ dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kamu dan karier kamu.

Baca juga: Mengenal sejarah bahasa pemrograman Python lebih dalam

5 Konsep dasar bahasa pemrograman C++

5 Konsep dasar bahasa pemrograman C++
C++ memiliki beberapa konsep dasar yang harus dipelajari sebelum melakukan pemrograman (Sumber: Pexels)

Dalam C++ terdapat beberapa konsep dasar yang mencakup beberapa hal termasuk variabel dan syntax. Untuk memahami tentang C++, terlebih dahulu kita harus mengenal apa saja konsep-konsep dasar ini untuk mempermudah proses pembelajaran C++. Adapun 5 konsep dasar bahasa pemrograman C++ antara lain adalah sebagai berikut:

1. Variabel

Dalam C++, variabel adalah nama yang diberikan pada lokasi memori di mana terdapat unit dasar penyimpanan dalam sebuah program. Nilai yang disimpan dalam variabel ini dapat diubah selama eksekusi program. Variabel hanyalah nama yang diberikan ke lokasi memori dan dilakukan pada variabel dapat memengaruhi lokasi memori tersebut secara umum. Dalam C++, semua variabel harus dideklarasikan atau dibuka dan dijelaskan sebelum digunakan. 

Adapun format deklarasi variabel yang umum ditemukan adalah,

// Declaring a single variable
type variable_name;

// Declaring multiple variables:
type variable1_name, variable2_name, variable3_name;

Nama variabel ini dapat terdiri dari abjad, baik huruf besar maupun kecil, angka, dan karakter “_” (underscore). Namun ada catatan bahwa nama variabel tidak boleh diawali dengan angka.

2. Control structure

Struktur kontrol dalam C++ disediakan untuk menentukan apa yang harus dilakukan oleh suatu program, sesuai kapan dan di mana keadaan itu terjadi. Hal ini terjadi demikian karena umumnya suatu program tidak terbatas pada barisan linier dari suatu instruksi. Selama prosesnya, suatu program mungkin bercabang dan terjadi pengulangan kode saat mengambil keputusan. 

Dengan adanya struktur kontrol dalam C++, pengguna dapat mengenal konsep baru yang berupa pernyataan majemuk atau block. Sebuah block adalah sekelompok pernyataan yang dipisahkan oleh titik koma (;) tetapi dikelompokkan bersama dalam satu blok dengan diapit dalam kurung kurawal ; {}; seperti berikut,

{ statement1; statement2; statement3; }

Dalam struktur kontrol C++ juga mengenal flow control yang berfungsi untuk mengimplementasikan tiga tipe dasar struktur kontrol. Adapun tiga tipe dasar struktur kontrol ini terdiri dari,

  • Sequential (Berurutan), sebuah mode default dengan eksekusi pernyataan kode secara satu baris demi satu 
  • Selection, dipakai untuk membuat keputusan, percabangan, dan memiliki antara 2 atau lebih jalur alternatif. Dalam C++ ada beberapa jenis pernyataan seleksi yaitu if, if/else, dan switch
  • Repetition, digunakan untuk perulangan atau mengulangi sepotong kode dalam beberapa kali secara berturut-turut. Dalam C++ hal ini disebut loop dan terdiri dari tiga jenis yang meliputi while, do/while, dan for

3. Data structure

Data structure
Data structure merupakan sekelompok elemen data dalam C++ (Sumber: Pexels)

Struktur data atau data structure dalam C++ adalah sekelompok elemen data yang dikelompokkan bersama dalam satu nama. Elemen data ini dikenal sebagai anggota (member) dan dapat memiliki tipe serta panjang yang berbeda. Struktur data dapat dideklarasikan dalam C++ menggunakan syntax sebagai berikut:

struct type_name {
member_type1 member_name1;
member_type2 member_name2;
member_type3 member_name3;
.
.
} object_names;

Fungsi type_name dalam data struktur C++ adalah penamaan tipe struktur yang dipakai, sedangkan object_name merupakan set identifikasi yang valid untuk objek dengan tipe struktur terkait. Kurung kurawal “{}” merupakan pembatas dari daftar anggota data yang masing-masing ditetapkan dengan tipe dan pengenal yang valid sebagai namanya.

Secara umum, data structure dalam C++ merupakan tipe data bentukan yang terdiri dari kumpulan data lain. Salah satu contoh data structure adalah sebagai berikut,

string nama_siswa01 = "Pratama Putra Ragil";
string nama_sekolah_siswa01 = "SMA 1 Pekalongan";
unsigned int uang_spp_siswa01 = 10000;

Pengelompokkan untuk siswa kedua dan selanjutnya tinggal dilakukan dengan cara menulis nama_siswa02, nama_sekolah_siswa02, dan uang_spp_siswa02.

4. Syntax

Dalam pemrograman C++, istilah syntax menandakan seperangkat aturan, proses, dan protokol yang telah ditentukan sebelumnya dan harus diikuti setiap orang. Hal ini harus dilakukan jika pengguna menginginkan kode yang bebas dari kesalahan. Secara umum, syntax merupakan basis aturan, prinsip, dan proses yang mengelola struktur dari C++ atau bahasa pemrograman. Berikut adalah contoh Syntax dalam C++,

#include <iostream>
using namespace std;

int main() {
  cout << "Indonesia Raya!";
  return 0;
}

Contoh di atas berarti adalah,

  • Baris 1, #include <iostream> merupakan pustaka atau header dokumen yang memungkinkan kita bekerja dengan objek input dan output
  • Baris 2, using namespace std berarti kita dapat menggunakan nama untuk objek dan variabel dari sebuah pustaka standar
  • Baris 3, merupakan baris kosong di mana C++ mengabaikan ruang putih atau kosong (ENTER)
  • Baris 4, int main () merupakan fungsi, hal ini membuat kode apa pun di dalam tanda kurung kurawal akan dieksekusi
  • Baris 5, cout atau “see out” merupakan objek yang digunakan bersama dengan operator penyisipan (<<) untuk menghasilkan atau mencetak teks. Dalam contoh, teks yang hendak ditampilkan adalah “Indonesia Raya”

5. Tools

Secara umum terdapat dua tools utama dalam mempelajari C++, pertama adalah mempersiapkan compiler dan kedua adalah text editor. Compiler merupakan sebuah program yang digunakan untuk menjadi penerjemah penulisan kode dalam C++ ke dalam bahasa assembly. Sedangkan, text editor merupakan aplikasi yang digunakan untuk menulis kode-kode tadi.

Compiler yang umum dipakai dalam C++ adalah GCC atau Clang, Microsoft Visual C++, Intel C++ Compiler, dan lainnya. Sedangkan untuk text editor dikenal beberapa produk seperti Sublime Text, Atom, Visual Studio Code, dan lain sebagainya.

Baca juga: 9 Tips mudah belajar coding untuk pemula

Keunggulan bahasa pemrograman C++

Keunggulan bahasa pemrograman C++
Bahasa pemrograman C++ memiliki kelebihan karena dapat digunakan di berbagai sistem operasi komputer (Sumber: Pexels)

Seperti yang kita tahu, C++ merupakan bahasa pemrograman umum yang banyak digunakan saat ini. C++ digunakan dalam pemrograman kompetitif dan memiliki fitur pemrograman yang penting dan berorientasi pada objek dan generik. C++ juga dapat dijalankan di berbagai platform seperti Windows, Linux, Unix, Mac, dan lain-lain. Adapun keunggulan dari bahasa pemrograman C++ adalah sebagai berikut,

Portabel

    Jika kamu menggunakan bahasa pemrograman C++ maka kamu bisa melakukan coding dan compile pada sistem operasi komputer yang berbeda-beda. Hal ini membuat kamu lebih fleksibel karena bisa beralih dari pengodean di sistem operasi Linux dan kemudian melakukan compile lewat Windows atau.

Object Oriented

    Seperti yang telah disinggung di atas, C++ merupakan bahasa pemrograman yang berfokus pada objek. Hal ini memungkinkan adanya data dan fungsi dijadikan satu dalam sebuah kelas dan objek dalam proses pemecahan masalah. Keterkaitan antar objek dalam C++ memudahkan proses penulisan kode. Hal ini dikarenakan pengguna dapat menggunakan kelas kode untuk menghindari terjadinya pengulangan kode melalui fitur inheritance.

Mudah Mengatur Memori

    C++ memungkinkan pengguna agar lebih mudah mengelola memori secara dinamis. Hal ini dikarenakan bahasa pemrograman C++ mempunyai Dynamic memory Allocation yang dapat membuat pengguna mendapatkan tambahan memori saat menjalankan program. 

Skalabilitas yang Baik

    C++ dapat dikembangkan sesuai kebutuhan pengguna. Artinya, pengguna dapat membuat program dari tingkat sederhana atau skala kecil sebelum nantinya dikembangkan menjadi sebuah aplikasi dengan skala lebih besar. Hal ini disebut skalabilitas proses pemrograman yang fleksibel.

Waktu Eksekusi Lebih Cepat

C++ merupakan bahasa pemrograman dengan jeda waktu interpretasi kode yang singkat atau minimal. Dengan kata lain , proses eksekusi kode dalam C++ dapat berjalan lebih cepat dan memungkinkan pengguna untuk melakukan low level manipulation.

Baca juga: 12 Bahasa pemrograman yang paling relevan untuk dipelajari

Tips mempelajari C++

tips belajar c++ - EKRUT
Saat belajar c++ kamu harus terus mau untuk melatihnya terus menerrus - EKRUT

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk memulai tips belajar C++. Salah satunya adalah kompiler. Ini merupakan program yang dapat dijalankan melalui antarmuka baris perintah (CLI).

Mereka membaca keseluruhan program dan mengubahnya menjadi kode objek, yang merupakan terjemahan dari kode sumber program ke dalam bentuk yang dapat dijalankan komputer secara langsung. Untuk perangkat windows, kamu bisa memanfaatkan Visual Studio yang menyediakan compiler untuk C++.

Setelah itu, kamu bisa mempelajari lebih detail melalui video-video tutorial yang ada hingga buku yang membahas mengenai C++. Pelajari dengan baik serta langsung mempraktekannya. Lakukan hal ini secara berulang-ulang agar kamu semakin terbiasa dan mengenal C++.

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mempelajari C++ adalah dengan menekuni bahasa pemrograman lainnya. Supaya kamu semakin paham dan bisa menemukan ide baru ketika kembali menggunakan bahasa pemrograman C++.

Contoh program C++ yang umum dipakai

Contoh program C++ yang umum dipakai
C++ umum digunakan dalam pembuatan video game (Sumber: Pexels)

Untuk lebih mengenal bahasa pemrograman C++, berikut ini adalah contoh beberapa hal yang umumnya memakai bahasa pemrograman C++,

1. Perangkat lunak games

Dengan kemampuan low level manipulation, bahasa pemrograman C++ dapat memproses pengembangan dan eksekusi pengodean video game dengan cepat. Umumnya, game yang dibangun dengan bahasa pemrograman C++ memiliki mesin permainan atau perangkat lunak dengan arsitektur khusus untuk membuat permainan. Hal ini memungkinkan pengembang game dapat menambahkan rendering, artificial intelligence, fisika, library, dan beberapa alat lainnya untuk pengembangan game tak terbatas.

Beberapa game yang dibuat dengan bahasa pemrograman C++ antara lain adalah Assassin’s Creed II Prince of Persia, The Forgotten Sands Assassin’s Creed, Skyrim, Far Cry Vengeance, dan lain-lain.

2. Akses basis data

C++ juga umum digunakan untuk proses pengembangan basis data dalam dunia informasi dan teknologi. Hal ini dikarenakan C++ merupakan bahasa pemrograman modern yang dapat mengakses berbagai library dengan baik. Adapun beberapa contoh basis data yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman C++ antara lain adalah MySQL,  ORACLE 9i, Blocks IDE, dan lain-lain.

Baca juga: 11 Bahasa pemrograman yang paling banyak dicari tahun 2020

Itulah beberapa tips yang perlu kamu lakukan untuk belajar C++. Perlu kamu ketahui, mempelajari pemrograman C++ merupakan usaha seumur hidup yang harus terus dilakukan.Kamu tidak boleh berhenti belajar termasuk mempelajari fitur-fitur barunya. Dengan begitu, kamu akan semakin pandai dalam menggunakannya.

Jika kamu memiliki keahlian di bidang pemrograman, maka tak ada salahnya jika kamu memulai kariermu segera. Daftarkanlah dirimu lewat EKRUT untuk memperluas peluang kariermu, karena EKRUT akan mempertemukanmu dengan berbagai perusahaan yang mencari programmer seperti dirimu. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mendaftar lewat EKRUT.

tips belajar c++ - EKRUT
Last update: 14 October 2021

Sumber: 

  • careerkarma.com
  • toptal.com
  • informit.com
  • C++ Language Basics
  • 6 Control Structures.pdf
  • Data structures - C++ Tutorials

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    0-bug-hunter.jpg

    Technology

    Bug Hunter: Cara Kerja, Bedanya dengan Hacker, dan Daftar Bug Bounty Program

    Arin Khurota

    11 August 2022
    8 min read
    pertanyaan-interview-full-stack-developer---EKRUT.jpg

    jobs

    Berikut 6 Pertanyaan Interview Kerja Full Stack Developer

    Maria Tri Handayani

    11 August 2022
    3 min read
    H1_1._Mengenal_Python_Bahasa_Pemrograman_yang_Sedang_Populer_Saat_Ini.jpg

    Technology

    Mengenal Python: Bahasa Pemrograman yang Sedang Populer Saat Ini

    Anisa Sekarningrum

    10 August 2022
    6 min read

    Video