Published on

Careers

5 Tips memulai pekerjaan baru secara remote di masa pandemi

Nur Lella Junaedi

tips-memulai-pekerjaan-baru-secara-remote-di-masa-pandemi-EKRUT.jpg

Pandemi memaksa banyak perusahaan untuk melakukan kerja jarak jauh atau work from home dalam rangka menghindari penyebaran virus Corona. 

Dalam kondisi ini banyak karyawan baru merasa bingung bagaimana mereka harus beradaptasi membangun hubungan baik dengan lingkungan kerja dan teman yang baru. 

Bila kamu salah satunya, tidak usah khawatir berikut lima tips memulai pekerjaan baru secara remote di masa pandemi.

1. Minta manajer memperkenalkan kamu sebagai karyawan baru

tips memulai pekerjaan baru secara remote di masa pandemi EKRUT 
Minta tolong kepada manajermu untuk mengirimkan pengumuman bahwa kamu telah bergabung dengan perusahaan-EKRUT

Tips pertama memulai pekerjaan baru secara remote di masa pandemi adalah dengan meminta tolong kepada manajer untuk mengirimkan pengumuman bahwa kamu telah bergabung dengan perusahaan sambil memperkenalkanmu lewat telepon atau video call. 

Dalam percakapan video conference itu kamu bisa menanyakan peran, tugas,  proyek yang sedang dijalankan tim selama WFH berlangsung dan pendapat mereka tentang hal-hal yang harus diketahui olehmu dalam perusahaan. 

Dari obrolan virtual itu, pasti ada rekan kerja yang dengan senang hati memberikan informasi lebih banyak tentang perusahaan. Tak ada salahnya kamu mengajaknya untuk melakukan video conference secara pribadi bila itu memungkinkan.  

Baca juga: Kerja remote dan manfaatnya bagi karyawan

2. Kirimkan pesan singkat kepada rekan kantor melalui email atau dalam platform komunikasi WFH lainnya 

tips memulai pekerjaan baru secara remote di masa pandemi EKRUT 
Kamu juga bisa mengirimkan juga pesan singkat melalui Slack dan Gmail kepada rekan kerja-EKRUT

Selain melakukan obrolan virtual, tips memulai pekerjaan baru secara remote di masa pandemi yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengirimkan pesan singkat kepada rekan kantor. 

Kirimkan  pesan melalui aplikasi laman Slack atau Gmail terutama kepada unit tugasmu. Saat membuat pesan itu, hindari menggunakan banyak jargon, singkatan, kata-kata gaul dan emoji. 

Buat sejelas dan senetral mungkin pesan itu dengan memperkenalkan diri terlebih dahulu, dan diakhiri dengan ucapkan terima kasih serta keinginan yang besar untuk dapat bekerja sama dengan penerima pesan. 

3. Minta informasi lebih lanjut 

tips memulai pekerjaan baru secara remote di masa pandemi EKRUT 
Bila ada rekan kerja yang membalas, tak ada salahnya kamu mengajukan beberapa pertanyaan kepadanya-EKRUT

Bila setelah kamu mengirimkan pesan itu kemudian ada rekan kerja yang membalas, tak ada salahnya kamu membalas juga pesan tersebut sambil mengajukan beberapa pertanyaan guna mengetahui peran mereka, dan bantuan apa yang mereka butuhkan darimu. 

Baru setelah itu, ajukan permintaan untuk melakukan video conference atau meeting online bersama. 

Adapun contoh bentuk dari balasan email itu seperti, ”Terima kasih telah membalas pesan ini dan mengirimkan tugas ini. Tapi bisakah kita melakukan panggilan telepon atau video secara singkat agar saya memahami konteks tugas ini dan bagaimana menyelesaikan ini dengan efektif?”

7 Tips menciptakan rapat online yang sukses

4. Memilih mentor sementara saat pandemi

tips memulai pekerjaan baru secara remote di masa pandemi EKRUT 
Selama pandemi ini nampaknya kamu juga memerlukan mentor sementara untuk menjawab pertanyaan tentang kantor baru-EKRUT

Memasuki lingkungan dengan orang-orang yang baru dikenal secara jarak jauh tentu tidak mudah. Oleh karena itu, kamu memerlukan mentor sementara yang dapat memberikan saran dan menjawab pertanyaanmu tentang kantor baru. 

Setidaknya ada dua jenis mentor yang perlu kamu ketahui. Pertama, adalah orang yang bisa mengarahkan kamu pada prosedur yang harus dilalui dalam sebuah kantor, contoh dalam mengklaim reimburse. 

Kedua, adalah orang yang terhubung baik dengan seluruh anggota tim di perusahaan  dan mampu mengenalkan kamu kepada mereka. Melalui dua mentor ini perlahan-lahan kamu akan mengenal perusahaan dan orang-orang di dalamnya. 

Baca juga: Memahami proses reimbursement di tempat kerja

5. Buat catatan harian

tips memulai pekerjaan baru secara remote di masa pandemi EKRUT 
Catatan hadir akan membantumu mencatat pekerjaan yang belum beres agar tidak mudah lupa-EKRUT

Catatan harian terkait pekerjaanmu yang sudah beres dan belum beres akan sangat berguna manakala kamu bekerja di rumah. Ini dilakukan untuk menghindari sifat lupa dalam melakukan tugas. 

Ditambah sebagai karyawan baru, notabenenya kamu harus lebih teliti untuk memperlihatkan kinerjamu kepada perusahaan. 

Di luar itu, meskipun jadwal dan catatan pekerjaan sering kali disimpan dalam platform Slack atau mungkin Google Doc, tapi bila ada banyak jenis platform yang dipakai biasanya ini akan tertinggal dan terlupakan. Karena itu, menyiapkan catatan harian jadi solusi yang lebih baik.

Itu dia lima tips memulai pekerjaan baru secara remote di masa pandemi. Kunci agar kamu bisa sukses melewati masa probation disituasi ini adalah, dengan tidak sungkan meminta bantuan terhadap orang lain. 

Selain itu, menjaga komunikasi yang baik dan berkelanjutan juga penting untuk dilakukan. 

tips memulai pekerjaan baru secara remote di masa pandemi EKRUT

Sumber: 

Tags

Share