Published on

Careers

6 Tips mengelola THR dengan bijak

Nur Lella Junaedi

tips-mengelola-thr-EKRUT.jpg

Menjelang hari raya keagamaan pastinya banyak karyawan yang menunggu datangnya tunjangan hari raya (THR). Sebagaimana kita tahu bahwa, besaran THR setiap karyawan akan berbeda-beda tergantung pada gaji dan periode kerja di perusahaan.

Namun, berapapun besaran THR yang kamu terima yang terpenting adalah bagaimana caramu mengelolanya dengan tepat. Agar THR tidak mudah berlalu begitu saja, coba terapkan beberapa tips mengelola THR ini agar kondisi finansialmu tetap membaik

1. Sisihkan belanja keperluan hari raya seperlunya 

tips mengelola thr EKRUT 
Atur seefisien mungkin biaya pembelanjaan keperluan hari raya-EKRUT

Tips mengelola THR pertama yang harus kamu persiapkan adalah mengatur seefisien mungkin biaya pembelanjaan keperluan hari raya. Apakah itu untuk membeli baju, perlengkapan ibadah atau mungkin makanan. 

Jangan lantas karena merayakan hari raya, kamu menjadi kebablasan untuk berbelanja banyak hal yang sebenarnya tidak perlu.

Bahkan kamu pun bisa menimbang untuk tidak membeli pakaian baru bila pakaianmu masih bagus. Berbelanjalah dengan cerdas, mampu membedakan mana kebutuhan dan keinginan.

Baca juga: Seperti apa cara menghitung THR? Cari tahu di sini!

2. Sisihkan sebagian untuk ditabung 

tips mengelola thr EKRUT 
Sisihkan juga THR tersebut untuk keperluan menabung terutama menabung dana darurat-EKRUT

Nominal dari tunjangan THR itu biasanya akan setara dengan gaji 1 bulan atau mungkin setengah dari gaji bila kamu bekerja di bawah 1 tahun. 

Maka dengan nominal yang cukup besar itu, tips mengelola THR yang patut kamu pikirkan adalah dengan menyisihkan sebagiannya untuk ditabung seperti ke dalam tabungan dana darurat

Dengan nominal yang cukup besar itu, jumlah ini bisa mampu mendongkrak jumlah tabungan di rekeningmu.

3. Membayar zakat atau berbagi 

tips mengelola thr EKRUT 
Dari THR mu tersebut kamu juga berkewajiban mengeluarkan zakat 2.5 persen untuk zakat fitrah-EKRUT

Hari raya menjadi saat yang tepat untuk berbagi kepada sesama. Kamu pun bisa berbagi dengan membayar zakat atau berbagi THR kepada sanak saudara di kampung halaman. 

Jangan lupa juga untuk menyisihkan THR itu bagi orang tua. Lantaran mereka juga memiliki keperluan yang sama besarnya seperti dirimu. Adapun untuk pembayaran zakat ada berbagai macam jenis, salah satunya adalah zakat fitrah. 

Zakat ini hukumnya wajib, biasanya setiap orang harus mengeluarkan sebanyak 2.5 kg atau 3.5 liter. Katakanlah bila hari ini harga beras 1 kg adalah Rp 10.000, maka zakat yang harus dikeluarkan setiap orang yakni 2.5 kg x Rp 10 ribu = Rp 25 ribu. 

Selain zakat fitrah, bagi mereka yang mampu dalam taraf pendapatan juga dianjurkan untuk mengeluarkan zakat penghasilan. Besarannya dilihat dari apakah sudah mencapai nisab atau belum.

Baca juga: Yuk, hitung dan bayar zakat Anda secara online!

 4. Membayar utang 

tips mengelola thr EKRUT 
Jangan lupa bayar juga utangmu-EKRUT

Apakah kamu memiliki utang? Bila benar, maka kamu bisa menggunakan sebagian dari THR yang kamu miliki untuk membayar utang dan tagihan yang telah menumpuk. 

Bayarlah setiap  tagihan dari kartu kredit, pinjaman online dan jenis pinjaman lainnya yang memiliki bunga tidak tetap dengan lunas. Dengan begitu akan meringankan beban keuanganmu di tahun depan. 

Selain itu, dengan melunasinya citramu di perusahaan perbankan juga akan menjadi baik lantaran kamu termasuk debitur yang memiliki prospek yang bagus. 

5. Sisihkan untuk investasi 

tips mengelola thr EKRUT 
Menabung emas bisa jadi salah satu investasi yang bisa kamu coba-EKRUT

Bila uang THR kamu cukup besar dan tanpa uang tersebut kamu tetap mampu menutupi kebutuhan hidupmu dan keluarga, ada baiknya kamu mencoba tips mengelola THR selanjutnya yakni dengan menaruh tunjangan THR tersebut ke dalam investasi. 

Kamu bisa mempersiapkan dana tersebut untuk jangka panjang bagi  masa depan si buah hati. Tak perlu bingung akan dibawah berinvestasi ke mana, kamu bisa mencoba jenis investasi peer to peer lending, menabung emas, reksadana, deposito, saham dan sebagainya. 

Tak hanya itu, kemudahan lainnya dari jenis investasi ini juga bisa dilakukan secara online. Sehingga kamu bisa memantau terus pergerakan keuntungan dari investasi yang kamu miliki. 

6. Persiapkan dana mudik

tips mengelola thr EKRUT 
Persiapankan mobilmu dengan layak sehingga mudikmu tidak terganggu-EKRUT

Ada satu tradisi yang selalu terjadi dihari raya yakni mudik. Jangan lupakan tentang persiapan mudik ini karena pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Contohnya harus membeli tiket perjalanan mudik melalui kereta, pesawat atau kapal. 

Selain itu, bagi kamu yang mudik menggunakan kendaraan pribadi juga harus memeriksakan kelayakan kendaraan agar tidak mengganggu perjalanan mudik. 

Kamu juga tentunya tidak mungkin datang tanpa membawa tangan kosong ke kampung halaman. Setidaknya kamu perlu belanja oleh-oleh atau cinderamata bagi keluarga di kampung. 

Baca juga: Ini cara menabung emas di Pegadaian yang bisa kamu simak

Itulah dia 6 tips mengelola THR yang bijak agar kamu tetap bisa mengontrol keuanganmu tetap sehat. Dengan menerapkannya maka setelah selesai hari raya nanti, kamu tetap bisa melanjutkan hidup dengan baik tanpa rasa takut kekurangan uang.

Tips mengelola THR EKRUT

Sumber: 

  • Cermati.com
  • Liputan6

Tags

Share