Media

Tips menghindari kegagalan produk dari Seno Adhi Nugroho
By Tsalis Annisa - 2 May 2019
4 min read 165 Views

Saat mengembangkan suatu produk, memastikan produk terhindar dari kegagalan merupakan hal yang penting. Lalu, bagaimana cara tepat untuk menghindarinya?

Agar memudahkanmu, berikut ini adalah beberapa tips menghindari kegagalan produk yang diberikan langsung oleh pakarnya yaitu, Senoo Adhi Nugroho.

Seno Adhi Nugroho merupakan Senior Principal Product Manager EKRUT. Sebelum bergabung dengan EKRUT, ia merupakan Principal Product Manager Kaskus Networks. Nah, dengan pengalaman dan kemampuan yang dimilikinya, berikut ini adalah tips menghindari kegagalan produk yang menarik untuk kamu praktikan.

Tips menghindari kegagalan produk

Ada beberapa proses yang perlu dilakukan untuk menghindari kegagalan, yaitu:

1. Customer discovery

Customer discovery merupakan proses awal pembentukan suatu produk yang sebaiknya tidak dilewatkan. Pasalnya, proses ini bertujuan untuk menemukan kecocokan produk dan pasar.

Pada proses ini, kamu akan mencari konsumen yang cocok dengan produk, atau mencari masalah yang dialami konsumen dan memberikan solusi melalui produk.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan survei langsung.

2. Design thinking

Design thinking merupakan proses menciptakan ide atau inovasi yang dapat menjadi satu produk atau layanan yang dapat berguna untuk konsumen. Dengan melakukan proses ini juga dapat membantu meningkatkan produktivitas dalam operasi internal.

3. Product Validitation

Guna memastikan bahwa produk atau layanan yang diciptakan dapat menyelesaikan masalah, proses yang satu ini juga tidak boleh terlewatkan. Proses ini dapat dilakukan dengan mempelajari perilakuk pengguna atau user behavior, dan mengumpulkan feedback.

Itulah beberapa tips menghindari kegagalan produk dari Seno Adhi Nugroho yang sebaiknya tidak kamu lewatkan demi keberhasilan produk.

Semoga berhasil!

Rekomendasi bacaan:

Tags:

  • product management
  • tips
  • expert's corner
  • tips menghindari kegagalan product
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang