Published on

jobs

6 Tips meningkatkan skills mobile engineering

Nur Lella Junaedi

tips-meningkatkan-skills-mobile-engineering-EKRUT.jpg

Dengan banyaknya aplikasi di smartphone, membuat kebutuhan akan profesi mobile engineering makin banyak dicari oleh perusahaan. 

Bila kamu ingin menjadi salah satunya, tidak ada salahnya untuk mengetahui dulu terkait bidang ini, skills yang dibutuhkan serta tips meningkatkan skills mobile engineering. 

Kenali dulu profesi mobile engineering

kenali profesi mobile engineering EKRUT 
Mobile engineering adalah seseorang yang mampu membangun software di dalam smartphone - EKRUT

Mobile engineer adalah seseorang yang mampu membangun dan mengembangkan software yang ada di dalam smartphone atau perangkat seluler lainnya dengan beberapa spesialisasi baik itu untuk perangkat iOS, Android atau Windows Phone.

Profesi ini bertanggung jawab untuk mencari solusi dari masalah yang muncul di aplikasi tersebut, serta memastikan bila aplikasi yang dibuatnya sesuai dengan harapan dan keinginan dari pemangku kebijakan.

Bila melihat gambaran di atas, tentu kamu sudah bisa menebak skills apa yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang ini.  
Keahlian dalam platform seluler seperti Android, iOS dan Window Phone.

  • Pemahaman dasar tentang bahasa pemrograman mulai dari SQL, Javascript, objective C, C#, Kotlin dan JAVA.
  • Pemahaman tentang pengkodean khusus berupa Android SDK, Window Phone App Studio dan XCode. 
  • Memiliki pengetahuan tentang cloud computing yang akan membantu aplikasi terhubung ke sejumlah cloud server. 
  • Mengerti tentang cybersecurity, sebab terdapat banyak data yang harus dilindungi untuk mencegah hilangnya data pengguna.  

Baca juga: 10 Skills ini bantu kamu jadi Mobile Engineer handal!

Tips meningkatkan skills mobile engineering 

tips meningkatkan skills mobile engineering EKRUT 
Salah satu tips meningkatkan skills mobile engineering adalah dengan rajin membaca kode orang lain - EKRUT

Supaya beberapa skills di atas bisa terus kamu tingkatkan agar menjadi mobile engineering yang profesional. Beberapa tips ini bisa kamu lakukan. 

1. Belajar memprioritaskan keamanan pengguna 

Saat banyak aplikasi yang diretas oleh hacker mengindikasikan bila aplikasi tersebut memiliki kelemahan atau celah dalam sistem keamanannya. 

Jika sudah begini, biasanya pengguna akan menguninstal aplikasi tersebut karena dianggap berbahaya bagi data mereka. Oleh karena itu, penting bagimu untuk menjadikan keamanan aplikasi sebagai prioritas utama. 

2. Mengikuti tren terkini

Mengikuti tren terkini tentang teknologi atau ruang lingkup mobile engineer menjadi salah satu cara untuk tetap update. Kamu bisa mengikuti tren ini dengan cara menjelajahi aplikasi yang ditampilkan di Play store atau App store. 

Lakukan riset di Play store atau App store dengan memilih beberapa aplikasi pilihan editor atau yang ada di peringkat teratas. 

Lalu instal aplikasi ini di ponselmu kemudian analisis dengan melihat dari sisi fungsionalitas, desain, dan hal yang unggul dari aplikasi tersebut. Dengan cara ini kamu bisa mendapat inspirasi untuk meningkatkan aplikasi buatanmu. 

3. Mempelajari tentang desain

Tips meningkatkan skills mobile engineering selanjutnya yang kerap tidak dianggap penting yakni memiliki pemahaman tentang desain. Padahal desain UI UX memainkan peranan penting dalam kesuksesan sebuah aplikasi.   

Tidak perlu mahir, hanya setidaknya kamu tahu bagaimana desain aplikasi yang bagus dan intuitif bagi pengguna. 

4. Banyak membaca kode 

Inspirasi untuk menghasilkan aplikasi yang baik bisa datang dari mana saja, salah satunya dengan rajin membaca kode developer yang lain. 

Platform Github bisa kamu manfaatkan untuk mencari konten baru atau membaca kode dari developer yang berpengalaman. Selain itu, kamu juga bisa menemukannya lewat media open source untuk menemukan lebih banyak teknologi pengkodean. 

5. Mempelajari banyak bahasa pemrograman

Jangan terpaku pada satu bahasa pemrograman ketika kamu ingin menguasai bidang mobile engineering. Seperti hanya menguasai bahasa pemrograman JAVA saja atau objective C saja.

Bidang ini sangat dinamis serta mengalami banyak perubahan sehingga kamu harus beradaptasi dengan perubahan yang ada. Beberapa bahasa yang sebaiknya kamu kuasai yakni Kotlin, Javascript, JAVA, Swift dan lainnya. 

Baca juga: Mengenal sejarah JavaScript dan kelebihannya

6. Mengikuti kontes mobile engineering 

Untuk mengetahui sejauh mana kemampuanmu dalam bidang mobile engineering, tidak ada salahnya untuk mengikuti kontes yang berkaitan dengan bidang ini. 

Salah satu konten mobile engineering akan diadakan oleh EKRUT dalam mobile engineering android challenge. Kontes ini diselenggarakan mulai 18 Januari hingga 22 Januari 2021.

Dengan mengikuti kontes ini kamu tidak hanya bisa mengetahui sejauh mana kemampuanmu, tetapi juga berkesempatan mendapatkan hadiah yang menarik bagi lima orang yang beruntung. 

Itulah enam tips meningkatkan skills mobile engineering yang bisa kamu praktikkan. Diharapkan dengan upaya tersebut, keahlianmu dalam aplikasi seluler menjadi semakin berkembang. 

Selamat mencoba!

tips meningkatkan skills mobile engineering EKRUT 
Last update 13 January 2021

Sumber: 

Tags

Share