Published on

startup

Tokopedia dan Bridgetown di kabarkan akan lakukan merger

Nur Lella Junaedi

Tokopedia-dan-Bridgetown-di-kabarkan-akan-lakukan-merger-EKRUT.jpg

Tidak hanya isu merger antara Grab dan Gojek yang dikabarkan sedang hangat dibicarakan. 

Perusahaan unicorn Tokopedia pun kabarnya akan melakukan merger dengan perusahaan investor dari Paman Sam Bridgetown Holding Ltd yang didukung oleh miliarder  Peter Thiel dan Richard Li. 

Salah satu narasumber yang tidak disebutkan namanya mengungkapkan bahwa Bridgetown sedang menimbang kelayakan kesepakatan dan struktur dari Tokopedia.

Apabila merger ini terjadi maka diperkirakan nilai valuasi perusahaan milik William Tanuwijaya itu akan mencapai 8 miliar hingga 10 miliar AS Dollar. Sayangnya sampai saat ini perusahaan belum membenarkan kabar baik tersebut. 

“Kami tidak berkomentar terkait spekulasi atau rumor pasar,” ucap VP Corporate Communication Tokopedia. 

Sebagai informasi bahwa Bridgetown Holding sendiri merupakan perusahaan yang dimiliki oleh Peter Thiel melalui perusahaan investasinya Thiel Capital. 

Bridgetown Holding ini pada bulan Oktober lalu telah melakukan IPO di bursa Amerika dan berhasil mengumpulkan dana sebanyak 550 juta dollar AS. 

Baca juga: Begini perbedaan konsolidasi, merger dan akuisisi

Di dalam prospektus perusahaan tertulis bahwa fokus perusahaan pada sektor di bidang layanan keuangan atau media dan teknologi di Asia Tenggara. 

Tentunya prospektus ini sudah sesuai dengan profil Tokopedia bila terjadi merger. Hal ini juga akan diperkirakan akan memuluskan jalan Tokopedia untuk bisa melakukan IPO di dua bursa sekaligus yakni Indonesia dan Amerika. 

Namun, sumber tadi juga menyebutkan bila Bridgetown juga sedang melakukan pembicaraan dengan perusahaan di Asia Tenggara lainnya.

Sementara itu Richard Li, ia merupakan taipan Hongkong yang memiliki perusahaan investasi Pacific Century Group termasuk perusahaan asuransi FWD Group Ltd. Ia juga saat ini menjadi investor minoritas di Tokopedia. 

Dengan banyaknya perusahaan yang diisukan melakukan merger ini telah menjadi metode yang populer dilakukan oleh bisnis untuk meningkatkan modal dan pertumbuhan. Lalu apakah ini akan terjadi? Kita tunggu saja nanti. 

Tokopedia dan Bridgetown di kabarkan akan lakukan merger EKRUT

Sumber: 

 

Tags

Share