Register

startup

Tokopedia rencanakan IPO 3 tahun ke depan

Nur Lella Junaedi

21 January 2020

Tokopedia-rencanakan-IPO-EKRUT.jpg

Kabar yang menyebutkan bahwa Tokopedia akan segera meluncur di bursa saham melalui initial public offering atau IPO nampaknya akan segera terwujud tiga tahun dari sekarang. 

Pasalnya, President Tokopedia Patrick Cao, telah mengonfirmasi hal ini dalam suatu acara beberapa waktu lalu. 

Patrick mengatakan bahwaTokopedia pasti akan melantai di Bursa Efek Indonesia, dan tempat kedua kemungkinan besar akan ada di bursa saham Amerika. 

Baca juga: Layanan Tempo untuk pemilik warung dari Tokopedia x Modalku

Kedua bursa ini, menurut Patrick adalah yang paling cocok untuk Tokopedia saat ini. Ditambah lagi saat ini bursa saham di Amerika dapat menjadi pasar yang tepat, mengingat ada  perusahaan besar sejenis seperti Amazon dan Alibaba. 

Hingga saat ini William Tanuwijaya selaku CEO Tokopedia belum memberikan komentar secara langsung terkait kabar ini.

Meski begitu, William pernah mengatakan bahwa Tokopedia memang ingin melakukan dual listing. Ia ingin agar saham Tokopedia dapat dimiliki oleh publik, baik oleh penjual dan pembeli marketplace tersebut. 

Didirikan sejak tahun 2009, Tokopedia menjadi salah satu pemain marketplace terbesar di Indonesia.

Investasi terakhir yang didapatkan oleh Tokopedia berhasil mengumpulkan dana sebanyak USD 1.1 milyar dengan investasi yang dipimpin oleh Softbank dan diikuti  pula oleh Alibaba Group.

Baca juga: Sebelum IPO, Tokopedia akan raup pendanaan USD 1.5 milyar

Kabarnya pada kuartal pertama 2020 ini marketplace tersebut juga akan mendapatkan pendanaan dengan nilai USD 1.5 milyar. 
Pendanaan tersebut kabarnya akan ditopang oleh perusahaan internet dari Amerika dan beberapa investor lain yang sudah ada. 

Tokopedia rencanakan IPO EKRUT

Rekomendasi Bacaan: 

Sumber: 

Tags

Share