Technology

15 Rekomendasi Tool Riset Keyword Terbaik Tahun 2022

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Tsalis Annisa

Content Editor who eager to learn more about Marketing

Untitled_design-121.jpg

Saat menyusun rencana strategi SEO, riset kata kunci adalah hal yang penting. Pasalnya, baik saat kamu mengembangkan strategi konten halaman website maupun baru membuat blog, menggunakan kata kunci yang berkualitas adalah salah satu cara yang paling efisien untuk menarik traffic. Untuk melakukan riset keyword atau kata kunci ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan beberapa tool riset keyword yang ada di internet. Sebagai pertimbangan, berikut adalah beberapa tool riset keyword yang bisa kamu gunakan.

Baca juga: Manfaat dan Cara Penerapan SEO Bagi Pemula

1. Keywordtool.io

Ingin mendapatkan hasil search volume yang sangat mendekati dengan hasil yang ada pada Google Keyword Planner? Keywordtool.io bisa menjadi pertimbangan. Tool riset keyword yang satu ini bahkan bisa memberikan sangat banyak ide kata kunci. Misalnya saja kamu mencari kata kunci SEO, kamu akan mendapatkan ribuan kata kunci yang relevan dan bisa menjadi ide untuk mengembangkan konten. Bahkan, kamu juga dapat dengan mudah menyaring atau bahkan memperluas hasil untuk mendapatkan kata kunci yang tepat untukmu. Kamu juga bisa melakukan analisis kompetitor dengan menggunakan tool riset keyword yang satu ini.

2. Semrush

Cara kerja Semrush bisa dikatakan cukup berbeda. Semrush tidak memberikan hanya memberikan begitu banyak daftar ide keyword, tapi juga keyword atau kata kunci apa yang kompetitormu sudah mendapatkan ranking. Pertama, masukkan domain kompetitor pada bagian atas halaman, pilih negara. Selanjutnya, lihat pada bagian “Organic Research”. Di sini pada bagian keywords, kamu akan melihat search volume berapa banyak pencarian untuk keyword tersebut dan traffic untuk mengetahui berapa perkiraan jumlah pengunjung bulanan jika kamu menggunakan keyword tersebut.

3. Google Search Console

Jika menggunakan SEO di dalam strategi content marketing, kamu pasti tidak asing lagi dengan tool yang disediakan oleh Google ini. Google Search Console dapat membantumu dalam menemukan ratusan kata kunci yang berpotensi membawakan traffic yang menarik untuk halaman website-mu dengan menggunakan “opportunity keywords”.

4. Soovle

Tool riset keyword yang selanjutnya adalah Soovle. Soovle bisa memberikanmu ide kata kunci yang disarankan oleh Yahoo, Bing, Google, YouTube, Amazon, dan lain-lain. Dengan begitu, kamu bisa menemukan kata kunci yang belum dimanfaatkan yang tidak diketahui oleh pesaingmu.

5. KWFinder

Tool riset keyword yang satu ini didesain oleh Mangools yang merupakan developer yang sudah dikenal karena mampu menyediakan tool riset keyword terbaik antarkategori. Menariknya, tool ini memudahkanmu untuk menemukan kata kunci dengan tingkat kesulitan bersaing yang rendah.

Baca juga: Keyword: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Tips Riset Keyword

6. Ahrefs Keyword Explorer

Sebagai salah tool SEO yang cukup lengkap, melakukan riset keyword juga bisa dilakukan di sini dengan menggunakan fitur “Keyword Explorer”. Dengan menggunakannya, kamu akan mendapatkan skor kesulitan keyword yang akurat, ribuan ide keyword, dan metrik Clicks yang dapat membantumu dalam meningkatkan CTR.

7. Google Keyword Planner

Tool yang satu ini bisa dikatakan cukup sederhana karena hanya memiliki beberapa fitur dasar. Meski cukup sederhana, Google Keyword Planner merupakan salah satu sumber data keyword yang paling akurat. Bagaimana tidak? Data tersebut datang langsung dari Google yang merupakan mesin pencarian terbesar dan banyak digunakan oleh pengguna.

8. Long Tail Pro

Kamu pasti tahu bahwa long-tail keyword merupakan salah satu standar baru strategi SEO, bukan? Seperti namanya, tool riset keyword yang satu ini membantu memberikanmu informasi keyword yang lebih dari dua kata atau long-tail. Jika halaman website-mu memiliki target yang cukup niche atau spesifik, penggunaan long-tail keyword bisa menjadi pertimbanganmu. Tujuannya adalah pengguna yang masuk ke dalam halamanmu adalah pengguna yang tepat, sesuai target, dan membutuhkan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

9. Jaaxy

Ingin mendapatkan ide kata kunci yang relevan dalam beberapa detik? Jaaxy bisa menjadi pilihan. Pasalnya, Jaaxy dapat memberikanmu sangat banyak ide keyword yang berbeda. Bahkan mungkin beberapa tidak bisa kamu temukan di tools lainnya. Jaaxy juga memiliki QSR atau Quoted Search Result. Skor QSR ini bisa menunjukkan berapa banyak halaman website yang sudah berhasil mendapatkan ranking dari keyword tersebut. Makin kecil skornya, makin besar potensimu untuk mendapatkan ranking 1.

10. Moz Keyword Explorer

Tool riset keyword yang satu ini menyajikan rekomendasi kata kunci yang mudah digunakan dan siap pakai. Moz Keyword Explorer dapat memberikan skor CTR organic dan priority yang membantumu dalam menyusun strategi. Selain itu, Moz juga menawarkan percobaan satu bulan untuk membantumu memastikan apakah tool ini cocok untukmu.

Baca juga: Ubersuggest: Cara Menggunakan Ubersuggest Untuk Keperluan Riset Keyword

11. SECockpit

Tool riset keyword yang satu ini mungkin akan lebih cocok digunakan untukmu yang sudah ahli dan sangat mendalami SEO. Jika kamu cukup baru di dunia SEO, data yang ditampilkan mungkin akan sangat berlebihan dan membuatmu pusing. Namun, jika kamu mencari data yang begitu banyak dan mendalam, tool riset keyword yang satu ini mungkin akan sangat layak untuk dibeli. Di sini kamu bisa melihat rekomendasi kata kunci, kata kunci yang relevan, dan sinonim dari Google Ads.

12. Keywords Everywhere

Tool riset keyword selanjutnya adalah Keywords Everywhere. Di sini kamu bisa mendapatkan data kata kunci pada 10 website terbaik termasuk Amazon, Ebay, Answer The Public, dan lain-lain. Selain itu, tool ini juga memiliki fitur “People Also Search For” yang membantumu untuk mendapatkan data kata kunci apa yang relevan dengan kata kunci yang kamu cari. Kamu juga bisa menentukan keyword turunan dari sini.

13. Keyword Snatcher

Hal yang menarik dari tool riset keyword yang satu ini adalah hanya dengan sekali pencarian, kamu bisa mendapatkan 2,000 ide keyword. Caranya, buka tool ini dan pilih sumber data (Google, Yahoo, Bing, eBay, YouTube, dan Amazon). Setelah itu, kamu juga dapat mengunduh hasil pencarian. Tak hanya itu, Keyword Snatcher juga memiliki fitur “Word Count” yang memudahkanmu untuk menyortir keyword dengan jumlah kata tertentu.

14. Google Trends

Tak hanya menyediakan data topik apa saja yang sedang tren, tool riset keyword yang satu ini juga dapat membantumu dalam melakukan riset kata kunci. Bahkan, Google Trends juga memberikanmu kata kunci atau pertanyaan terkait.

15. Question DB

Tool riset keyword yang terakhir ini bisa membantumu dalam mendapatkan banyak ide keyword yang berfokus pada pertanyaan. Hal yang lebih menariknya lagi adalah tool ini bisa kamu gunakan secara gratis.

Baca juga: 10 Strategi SEO Praktis untuk Para Pemula

Itulah beberapa tool riset keyword yang bisa menjadi pertimbanganmu, Jadi, kamu mau pakai yang mana? Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • backlinko.com
  • themeisle.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    optimasi_instagram_ads.jpg

    Expert's Corner

    Optimasi Instagram Ads: 4 Metrik Utama untuk Mengukur Performa Campaign

    Nelson Simbolon

    07 December 2022
    5 min read
    manajemen-pemasaran-adalah---EKRUT.jpg

    Expert's Corner

    Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Tugas, dan Strateginya

    Maria Tri Handayani

    06 December 2022
    8 min read
    H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

    Technology

    3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

    Lita Lia

    05 December 2022
    4 min read

    Video