Technology

Ubersuggest: Cara Menggunakan Ubersuggest Untuk Keperluan Riset Keyword

Published on
Min read
6 min read
time-icon
H1_ubersuggest.jpg

Search engine optimization atau SEO adalah salah satu cabang marketing yang sedang banyak digunakan karena cukup efektif dalam mendatangkan trafik. Diantara banyaknya tool SEO untuk pemula yang ada di internet, Ubersuggest menjadi salah satu yang paling sering direkomendasikan. Ubersuggest adalah sebuah SEO tool yang bisa digunakan secara gratis untuk mencari keyword hingga analisis website.

Tidak hanya itu, ada beberapa fitur lain yang bisa dimanfaatkan dari tool SEO satu ini. Jika kamu baru mengenal apa itu Ubersuggest, pastikan kamu membaca artikel ini hingga selesai, ya. Karena pada artikel berikut akan dijelaskan mengenai manfaat, fitur, hingga berapa biaya yang dikeluarkan untuk berlangganan Ubersuggest.

Apa itu Ubersuggest?


Ubersuggest adalah tool SEO untuk keyword research yang simple dan mudah (sumber: freepik)

Ubersuggest adalah tool SEO untuk melakukan riset keyword sederhana secara mudah. Tool ini diciptakan oleh developer asal Italia yang kemudian diakuisisi oleh Neil Patel dan hingga kini berhasil mengembangkan berbagai fitur baru yang tentu bermanfaat untuk perihal marketing.

Tool untuk mencari keyword di Ubersuggest ini dapat diakses secara gratis. Namun, hanya terbatas untuk beberapa kali pencarian saja dalam satu hari. Untuk mengakses secara penuh, pengguna harus berlangganan setiap bulannya.

Keunggulan dari Ubersuggest yang sangat disukai para digital marketer, khususnya SEO specialist adalah tampilannya yang cukup simple dan cara pakainya yang cukup mudah. Namun meskipun begitu, data yang ditampilkan tidak kalah komplit jika dibandingkan dengan tool keyword research lainnya.

Baca juga: 6 Kesalahan SEO yang harus kamu hindari

Fitur dan panduan menggunakan Ubersuggest


Fitur Ubersuggest cukup beragam untuk tool SEO yang mudah digunakan pemula(sumber: freepik)

Dalam tool Ubersuggest terdapat beberapa fitur yang bisa digunakan. Simak daftar fitur hingga panduannya berikut ini.

1. Keyword ideas

Fitur yang paling terkenal dari Ubersuggest adalah keyword ideas. Pada fitur ini, kamu akan mendapatkan data mengenai pilihan keyword, search volume, CPC, hingga kompetisi PPC di kata kunci tersebut. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu mengetikkan sebuah kata yang ingin kamu kembangkan, kemudian akan muncul rekomendasi keyword yang berkesinambungan dengan kata yang kamu masukkan tadi. Selain itu, ada juga pilihan questions dimana berisikan keyword berupa pertanyaan yang ternyata juga banyak dicari pengguna.

2. Keyword overview

Dari kumpulan kata kunci yang ada pada keyword ideas, kamu bisa meneliti secara detail di keyword overview. Di sini, informasi yang ditampilkan lebih komplit, ditampilkan grafik tren perkembangan search volume kata kunci tersebut dalam 12 bulan terakhir. Ada juga penjelasan mengenai berapa rata-rata backlink dan domain score dari website yang telah berada di top 10 untuk keyword tersebut.

3. Content ideas

Pada content ideas kamu akan menemukan informasi mengenai tampilan top 10 SERP dari sebuah keyword. Matriks yang ditampilkan di antaranya judul halaman, nama domain, daftar keyword yang berhasil dicapai, hingga banyaknya jumlah backlink dari halaman tersebut.

4. Traffic analyzer

Jika di fitur-fitur sebelumnya mengarah ke analisis per kata kunci, untuk fitur satu ini digunakan untuk menganalisis sebuah situs. Misalnya, kamu ingin menganalisis website yang kamu punya. Ketikkan nama domain dan target negara, kemudian tekan search. Ubersuggest akan menampilkan informasi situs seperti total organic keywords yang berhasil tercapture, organic monthly traffic, skor domain, dan jumlah backlinks yang kamu dapatkan. 

Di bagian bawahnya juga dilengkapi informasi grafik perkembangan organic monthly traffic dari website tersebut. Namun, jika kamu menggunakan tool Google Search Console, tidak jarang angka yang ditampilkan akan cukup berbeda. Yang menarik lagi, menu ini juga menampilkan grafik persebaran ranking untuk menunjukkan berapa banyak kata kunci yang berhasil kamu menangkan di posisi 1-3, 4-10, 11-50, dan 51-100.

5. Site audit

Jika di traffic analyzer menampilkan informasi website dari sisi SEO onpage dan offpage, tool site audit ini akan menganalisis sisi teknikal SEO di website kamu. Laman ini berisi tentang SEO score, health check, eror yang harus segera diperbaiki, hal yang berbahaya untuk website, dan rekomendasi terkait.

6. Backlink

Menu backlink merupakan salah satu bagian dari fitur SEO analyzer yang dimiliki Ubersuggest. Di bagian atas terdapat section overview yang berisikan informasi domain score, total backlinks, referring domains, dan trafik organik bulanan. Kemudian, ada tabel backlink list yang berisikan daftar URL hingga page score pengirim backlink.

7. Dashboard

Seperti namanya, dashboard di Ubersuggest ini memungkinkan kamu dalam melihat perkembangan trafik, rank position, hingga backlink dari website yang kamu kelola. Tidak hanya satu, kamu bisa menambahkan hingga 5 project untuk ditampilkan di dashboard.

Baca juga: 10 Tools SEO YouTube terlengkap 2022 untuk video content marketing

Harga Ubersuggest


Harga berlangganan Ubersuggest tergolong murah jika dibanding tool lain (sumber: pexels)

Seperti yang sudah disebutkan di awal, bahwa Ubersuggest adalah tool SEO yang bisa diakses secara gratis namun hanya terbatas pada beberapa fitur saja dan terdapat limitasi dari pencarian keyword yang bisa digunakan. Sedangkan jika kamu ingin menikmati fitur-fitur lain secara full, maka akan dikenai biaya berlangganan.

Jika dibandingkan dengan tool SEO lainnya, Ubersuggest memang cukup murah dengan fitur yang lengkap. Bahkan jika kamu masuk ke halaman pricing di situs resminya, mereka bahkan menyebutkan rentang harga berlangganan di tool lain. Ada dua jenis durasi berlangganan yang bisa kamu pilih, monthly atau lifetime. Kemudian di setiap jenis durasi terbagi lagi dalam tiga pilihan pengguna, yaitu individual, business, dan enterprise/agency.

Paket langganan monthly dipatok mulai harga $12 USD untuk individual hingga $40 USD untuk enterprise/agency. Jika dikonversi ke rupiah, maka rentang harganya mulai 170 ribu hingga 591 ribu per bulan. Sedangkan untuk paket lifetime, biaya yang dikeluarkan, yaitu mulai $120 USD hingga $400 USD atau setara dengan 1,7 juta hingga 5,9 juta per bulan. Konversi tersebut sesuai dengan nilai dollar di bulan Juni 2022.

Baca juga: 10 Strategi SEO praktis untuk para pemula

Nah, itu tadi penjelasan mengenai apa itu Ubersuggest, fitur, hingga berapa harga berlangganan tool satu ini. Jika kamu tertarik mendalami karier sebagai seorang digital marketer atau SEO specialist, Ubersuggest tentu bisa menjadi pilihan yang tepat, khususnya bagi kamu seorang pemula. Tidak ada salahnya untuk mencoba berlangganan sehingga kamu bisa menggunakan Ubersuggest secara penuh.

Kalau kamu sedang mencari lowongan pekerjaan SEO atau lowongan kerja lainnya, klik sign up di EKRUT sekarang juga dan dapatkan informasi loker dari perusahaan dan startup ternama di Indonesia. Baca juga tips dan artikel menarik lainnya di EKRUT Media, ya. Atau kamu juga bisa tonton video bermanfaat di YouTube official EKRUT.

Sumber:

  • neilpatel.com
  • backlinko.com
  • searchenginejournal.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video