Published on

Lainya

12 Rekomendasi aplikasi saham online terbaik dan terdaftar OJK

Sylvia Rheny

12_Rekomendasi_aplikasi_saham_online_terbaik_dan_terdaftar_OJK.jpg

Peningkatan penggunaan smartphone selama dekade terakhir telah menyebabkan ledakan dalam perdagangan saham online. Aplikasi saham telah menjadi pendorong utama perubahan ini. Tren ini tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti, bahkan dengan prospek investasi yang ada dan kemudahan dengan adanya aplikasi saham, tampaknya akan terus menarik lebih banyak investor. 

Tetapi jika kamu baru memulai, mungkin sulit untuk mengetahui aplikasi perdagangan saham terbaik untuk kamu. Berikut ini penjelasan tentang pentingnya memilih aplikasi saham terbaik dan beberapa rekomendasi aplikasi saham online terbaik dan terdaftar OJK.

Baca juga: 10 Sekuritas terbaik Indonesia yang aman digunakan untuk investasi saham

Pentingnya memilih aplikasi saham terbaik

Pentingnya memilih aplikasi saham terbaik
Pastikan memilih aplikasi saham yang terdaftar di OJK. (Sumber: Pexels)

Saat ini, banyak orang menganggap pasar saham sebagai investasi yang layak. Hal ini semakin didukung dengan kemudahan membuka akun untuk memulai investasi saham melalui aplikasi saham. Seseorang hanya perlu mengunduh aplikasi, melakukan registrasi, dan mulai memasukkan uang mereka untuk memulai investasi atau trading

Namun, memilih aplikasi saham juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing individu. Meskipun sama-sama merupakan aplikasi saham, namun antara satu dengan lainnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, penting untuk memilih aplikasi saham terbaik untuk diri sendiri. Beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan yaitu antara lain biaya transaksi, fitur yang ditawarkan, hingga keamanan dari aplikasi saham tersebut, apakah sudah terdaftar dan dilindungi oleh OJK. 

Baca juga: IPO adalah: Pengertian, Cara kerja dan Kelebihanya

12 Rekomendasi aplikasi saham online terbaik dan terdaftar OJK

12 Rekomendasi aplikasi saham online terbaik dan terdaftar OJK
Terdapat beragam aplikasi saham yang ada di Indonesia. (Sumber: Pexels)

Untuk membantu kamu mengetahui perbedaan masing-masing aplikasi saham, berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi saham terbaik yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Stockbit

Stockbit
Aplikasi saham yang direkomendasikan adalah Stockbit. (Sumber: Stockbit)

Stockbit adalah salah satu rekomendasi utama aplikasi saham untuk pemula. Aplikasi saham ini dimiliki oleh PT. Sinarmas Sekuritas. Aplikasi saham Stockbit bisa diunduh baik melalui Playstore atau App Store. Kelebihan utama aplikasi saham ini adalah adanya fitur Komunitas Online yang bisa dijadikan tempat diskusi tentang investasi bersama trader lainnya. Beberapa trader yang lebih profesional pun tak jarang membahas rekomendasi saham beserta analisis teknikal atau fundamentalnya.

Selain fitur di atas, kamu juga bisa memantau pergerakan real-time bursa saham melalui aplikasi saham ini. Sedangkan untuk menjamin keamanan transaksi yang dilakukan investor, aplikasi saham Stockbit juga menyediakan fitur Touch ID.

2. IPOT

IPOT
Aplikasi saham yang direkomendasikan adalah IPOT. (Sumber: Twitter Indo Premier)

Rekomendasi aplikasi saham selanjutnya adalah IPOT. IPOT ini merupakan aplikasi saham dari Indo Premier Sekuritas. Keunggulan dari aplikasi saham ini adalah tidak ada minimal deposit yang diperlukan sehingga sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin memulai investasi atau trading saham dengan modal yang kecil. Untuk biaya yang dikenakan per transaksi, fee jual saham adalah sebesar 0,29% dan fee beli saham sebesar 0,19%.

Kelebihan lainnya dari aplikasi saham ini adalah proses pendaftaran yang bisa dilakukan sendiri secara online melalui aplikasi tanpa perlu tatap muka atau datang ke kantor cabang. Selain itu, aplikasi saham IPOT juga menawarkan fitur Robo Trading yang secara otomatis akan menjalankan seluruh instruksi order jual dan beli pada saham dan harga yang telah ditentukan sebelumnya sehingga tidak akan kehilangan momen.

Baca juga: 6 Cara menabung saham bagi pekerja kantoran

3. Bibit

Bibit
Aplikasi saham yang direkomendasikan adalah Bibit. (Sumber: Bibit.id)

Rekomendasi aplikasi saham selanjutnya adalah Bibit. Bibit merupakan aplikasi saham dari PT. Bibit Tumbuh Bersama. Melalui aplikasi Bibit ini, kamu bisa membeli saham dalam bentuk reksadana. Selain reksadana saham, aplikasi ini juga menawarkan berbagai pilihan reksadana lainnya mulai dari obligasi hingga pasar uang.

Kelebihan aplikasi saham Bibit adalah registrasi bisa dilakukan secara online, pembelian reksadana gratis biaya komisi, investasi bisa dicairkan kapan saja tanpa penalti, dan dengan Robo Advisor, kamu bisa memilih jalur investasi berdasarkan penghasilan dan dana yang ingin dialokasikan serta menyesuaikan alokasi investasi berdasar profil risiko. Untuk keamanannya, Bibit ini juga sudah termasuk ke dalam aplikasi saham yang terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK.

4. Bareksa

Bareksa
Aplikasi saham yang direkomendasikan adalah Bareksa. (Sumber: Bareksa)

Rekomendasi aplikasi saham yang keempat adalah Bareksa. Bareksa merupakan marketplace finansial dan investasi terintegrasi pertama di Indonesia, selain itu aplikasi saham Bareksa juga telah terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK. Melalui Bareksa, kamu bisa membeli saham dalam bentuk reksadana. Bareksa termasuk salah satu mitra distribusi yang dipercaya oleh Kementerian Keuangan RI untuk menjual Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online.

Kelebihan Bareksa adalah registrasi bisa dilakukan secara online, terdapat lebih dari 150 produk reksadana, lebih dari 50 manajer investasi, dan terdapat berbagai metode pembayaran sehingga kamu bisa melakukan transaksi dengan lebih cepat dan mudah.

5. Mirae HOTS

Mirae HOTS
Aplikasi saham yang direkomendasikan adalah Mirae Asset. (Sumber: Mirae Asset)

Rekomendasi aplikasi saham yang selanjutnya adalah Mirae HOTS. Mirae HOTS atau yang sering disebut Mirae Asset ini didirikan oleh PT. Mirae Asset Sekuritas Indonesia.  Aplikasi saham ini cukup populer, hal tersebut bisa dilihat dari nilai dan frekuensi transaksinya yang cukup tinggi di BEI. Aplikasi saham pada Mirae ini terbagi menjadi dua, yaitu HOTS (Home Online Trading System) untuk diakses melalui PC dan NEO HOTS (Mobile Trading System) yang dapat diakses melalui smartphone.

Kelebihan menggunakan aplikasi saham Mirae ini adalah fee jual dan beli saham yang bersaing, yaitu 0,25% untuk fee jual per transaksi dan 0,15% untuk fee beli per transaksi. Perlu diketahui bahwa untuk menggunakan aplikasi saham Mirae ini, kamu perlu menyiapkan uang minimum deposit sebesar 10 juta rupiah.

6. RTI Business

RTI Business
Aplikasi saham yang direkomendasikan adalah RTI Business. (Sumber: Google Play)

Rekomendasi aplikasi saham selanjutnya adalah RTI Business. Aplikasi saham ini sangat terkenal di kalangan investor. Terlepas dari apapun aplikasi saham yang digunakan investor untuk transaksi, biasanya mereka juga mengunduh RTI Business sebagai pelengkap.

RTI Business menyediakan berbagai informasi penting terkait pasar modal mulai dari charts, data finansial, analisis, price quotes, berita terkini tentang keputusan perusahaan, berita pasar modal dan saham, dan lainnya. Selain itu, juga terdapat informasi mengenai gambaran kinerja perusahaan dalam kurun waktu lima tahun melalui income statement, cash flow, profitability, balance sheet, growth hingga earnings.

Baca juga: Memahami pasar modal dan perbedaannya dengan pasar uang

7. MOST Mandiri

Rekomendasi aplikasi saham yang selanjutnya adalah MOST atau Mandiri Online Stock Trading. Aplikasi saham MOST ini dikembangkan oleh Mandiri Sekuritas, sehingga apabila kamu memiliki akun di Bank Mandiri, mungkin aplikasi saham ini bisa kamu pertimbangkan. Bedanya dengan aplikasi saham lainnya, untuk menggunakan aplikasi MOST ini, kamu harus menjadi nasabah dari Mandiri Sekuritas terlebih dahulu.

Terdapat minimal setoran awal untuk membuka rekening saham yang terbagi menjadi mahasiswa, umum, dan full service. Untuk mahasiswa yaitu minimal 2 juta rupiah, umum 5 juta rupiah, dan full service 100 juta rupiah. Sedangkan untuk fee per transaksinya yaitu 0,28% untuk jual saham dan 0,18% untuk beli saham (minimal Rp5.000).

8. BCAS Best Mobile

Rekomendasi aplikasi saham selanjutnya adalah BCAS Best Mobile yang dikembangkan oleh PT. BCA Sekuritas. Fitur andalan dalam aplikasi saham ini antara lain stock game untuk analisis teknikal, smart signal untuk membaca tren naik turun saham, Quick Order agar investor bisa dengan cepat menjual atau membeli saham, dan lain-lain. Terdapat minimal setoran awal untuk membuka rekening saham yaitu sebesar 3 juta rupiah. Sedangkan untuk fee per transaksi untuk melakukan online trading yaitu fee beli sebesar 0,18% dan fee jual 0,28%. Sementara jika kamu menggunakan jasa sales broker, fee per transaksinya akan lebih tinggi, yaitu fee beli 0,25% dan fee jual 0,35%

9. MotionTrade

Rekomendasi aplikasi saham selanjutnya adalah MotionTrade. Dulunya aplikasi saham ini bernama MNC Trade New. MotionTrade adalah salah satu aplikasi saham rancangan MNC Sekuritas yang merupakan anak perusahaan dari MNC Group. Kelebihan aplikasi saham ini dibanding lainnya adalah aplikasi saham MotionTrade bisa diunduh dalam beberapa versi yaitu untuk desktop, mobile, smartwatch, hingga aplikasi khusus untuk Mac.

Setoran awal untuk membuka rekening saham di sekuritas ini yaitu mulai dari 100 ribu. Sedangkan untuk fee per transaksinya, untuk fee jual 0,28% dan fee beli 0,18%.

10. Ajaib

Rekomendasi aplikasi saham selanjutnya adalah Ajaib. Aplikasi saham Ajaib ini berada di bawah Ajaib Group yang menaungi Ajaib Sekuritas dan Ajaib Reksadana. Aplikasi saham Ajaib ini telah mendapatkan izin dan diawasi secara resmi oleh OJK. 

Kelebihan aplikasi saham Ajaib ini antara lain untuk membuka rekening saham di Ajaib, kamu tidak perlu melakukan deposit dana awal sama sekali. Selain itu, fee untuk melakukan transaksi jual beli saham di Ajaib tergolong murah yaitu 0,10% untuk transaksi harian di bawah 150 juta rupiah, dan semakin rendah jika transaksi harian semakin besar.

11. Poems ID

Rekomendasi aplikasi saham selanjutnya adalah Poems ID. Aplikasi saham Poems ID ini dikembangkan oleh PT Phillip Sekuritas Indonesia. Perusahaan sekuritas ini adalah bagian dari kelompok bisnis asal Singapura bernama Phillip Capital Group. Agar bisa menggunakan aplikasi saham ini, kamu perlu mendaftar menjadi nasabah Phillip Sekuritas. Terdapat minimal deposit untuk membuka rekening saham di sekuritas ini yaitu sebesar 500 ribu rupiah untuk umum dan 100 ribu rupiah untuk mahasiswa. Untuk fee per transaksinya yaitu adalah 0,18% untuk beli dan 0,28% untuk jual.

12. BIONS

Rekomendasi aplikasi saham selanjutnya adalah BIONS. Kepanjangan dari BIONS adalah BNI Sekuritas Innovative Online Trading Systems. Seperti namanya, aplikasi saham ini berada di bawah BNI Sekuritas. Fitur-fitur unggulan pada aplikasi saham BIONS antara lain Finger Print Login, Automatic Order yang dapat disimpan selama 30 hari (GTC), fitur research, news, chart, dan grafik harga dengan indikator analisis teknikal, serta dapat mengakses berita aktual secara real-time.

Terdapat minimal deposit jika ingin membuka rekening saham melalui BIONS yaitu sebesar 1 juta rupiah. Sedangkan untuk fee per transaksi online adalah 0,17% untuk beli dan 0,27% untuk jual.

Baca juga: Apa itu investor? Berikut 2 jenis utama beserta panduan untuk memulainya

Itulah tadi 12 rekomendasi aplikasi saham online terbaik dan terdaftar OJK. Semoga bermanfaat dan selamat menentukan aplikasi saham pilihanmu. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi atau perdagangan saham.

Selanjutnya, terlepas dari pembahasan di atas, jika kamu tertarik berpindah kerja dan mengembangkan karier, daftarkan dirimu sekarang juga melalui EKRUT karena terdapat berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu. Selain itu, kamu juga bisa mengasah wawasan dan tips seputar karier melalui Channel YouTube EKRUTtv.

sign up EKRUT

Sumber:

  • Freetrade.io
  • IDN times
  • Invest It Wisely
  • MNC Sekuritas
  • BIONS

Tags

Share