Published on

Careers

7 Tips training karyawan baru yang harus diperhatikan

Maria Yuniar

training-karyawan-EKRUT

Pelatihan dan pengembangan karier karyawan adalah salah satu agenda penting dalam perusahaan. Sebanyak 46 persen karyawan mengatakan, pelatihan (training) dari perusahaan telah membantu mereka berkembang. Sebab, traning terbukti efektif mencetak karyawaan dengan keterampilan yang diperlukan perusahaan. 

Oleh karena itu, pertahankan para karyawan berdedikasi di perusahaanmu. Investasikan waktu dan tenaga untuk mengasah keterampilan mereka. Salah satunya melalui traning karyawan baru. Buat kamu yang bingung cara membuat program training karyawan, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. 

1. Dengarkan pendapat karyawan

training karyawan baru - EKRUT
Dengarkan ide karyawan untuk mendorong inovasi - EKRUT

Ketika kamu mengadakan training  karyawan baru tentang bagaimana hal-hal harus dilakukan, jangan lupa untuk mendengarkan ide segar mereka dan melihat dari sudut pandang baru. Ini akan mendorong kreativitas serta inovasi.

Para karyawan baru pun akan merasa dihargai sebagai individu yang akan berkontribusi bagi perusahaan. Kamu sebenarnya tidak harus menerima semua ide mereka. Namun kamu tetap herus mendengarkannya.

Baca juga:  Perbedaan antara menjadi kreatif dan inovatif

2. Beri tugas sesuai deskripsi kerja

training karyawan baru - EKRUT
Dorong karyawan untuk tidak sungkan bertanya - EKRUT

Sebelum training karyawan baru dimulai, sampaikan kepada para karyawan baru bahwa mereka boleh bertanya kepadamu maupun rekan kerja lain. Selanjutnya, berikan tugas yang menjadi tanggung jawabnya kelak dalam pekerjaan. Doronglah mereka untuk tidak sungkan bertanya jika ada sesuatu yang kurang jelas.

Sebab, banyak orang yang akan lebih mudah mempelajari hal baru dengan praktik langsung, dibandingkan sekedar mendengarkan penjelasan satu arah. Hindari memberikan tugas yang berdampak strategis dari perusahaan.

Namun, jangan juga memintanya melakukan tugas yang melebar dari tanggung jawabnya. Tunjukkan bahwa kamu percaya ia mampu bekerja dengan baik.

3. Ciptakan suasana training yang positif

training karyawan baru - EKRUT
Puji keberhasilan dan usaha karyawan - EKRUT

Jadilah pribadi yang murah hati untuk memberikan pujian kepada orang lain. Jika kamu ingin mendukung karyawan baru agar ia merasa percaya diri, berikan pujian di saat yang tepat.

Jangan memberikan pujian sekadar untuk menyenangkan orang lain, tetapi pujilah usaha yang ia lakukan dan keberhasilannya. Buatlah suasana training karyawan baru menjadi positif dan karyawan semangat kerja sehingga materi yang diajarkan akan lebih mudah mereka pahami.

4. Pertahankan karyawan senior

training karyawan baru - EKRUT
Pekalah terhadap kebutuhan yang sudah mengabdi lama di perusahaan - EKRUT

Karyawan yang telah bersama organisasi untuk jangka waktu yang lama adalah sumber daya yang berharga. Kamu harus peka terhadap kebutuhan anggota tim kamu yang berpengalaman.

Sementara karyawan baru akan mengambil sebagian besar waktumu, pastikan kamu tidak mengabaikan anggota tim lainnya maupun para karyawan senior.

5. Libatkan karyawan senior sebagai mentor

training karyawan baru - EKRUT
Mentor merupakan cara lain mengurangi waktu untuk training karyawan baru - EKRUT

Cara lain untuk memastikan bahwa karyawan senior dari tim kamu tetap mendapat apresiasi adalah untuk mendatangkan mereka sebagai mentor bagi karyawan baru.

Ini juga merupakan cara yang baik untuk mengurangi jumlah waktu yang harus kamu alokasikan untuk melatih karyawan baru. Terlebih, pilihan ini juga menumbuhkan rasa persaudaraan dan semangat tim.

6. Tentukan target yang realistis

training karyawan baru - EKRUT
Tetapkan target yang realitis - EKRUT

Kamu perlu menetapkan tujuan spesifik untuk karyawan baru dan menyampaikannya dengan jelas. Pastikan saja bahwa sasaran yang kamu tetapkan adalah realistis. Ingat, hasil dari training karyawan baruyang diberikan belum tentu terlihat dalam waktu singkat.

Jadi, jika training karyawan baru tidak direncanakan dan dilakukan secara efektif, karyawan baru akan kehilangan kesempatan untuk belajar dan bertanya padamu dan karyawan senior. Pastikan target yang kamu tetapkan itu realistis dan sesuai dengan pengalaman maupun keterampilan para karyawan baru.

Baca juga: Simak perbedaan OKR dan KPI, serta cara tepat menyusunnya

7. Fokus untuk membangun tim 

training karyawan baru - EKRUT
Training karyawan baru bisa menjadi cara untuk memperkuat - EKRUT

Ketika melakukan training karyawan baru, bantulah mereka menjadi bagian dari tim yang sudah ada. Berikan pendampingan dan peluang bagi karyawan baru dan senior untuk bekerja sama. 

Hal ini dilakukan juga agar karyawan baru dan lama nantinya dapat bekerja sama dengan baik dalam pekerjaannya. 

Training untuk mendukung keseimbangan pekerjaan dan kehidupan pribadi, mereka akan membuat para karyawan betah. Tidak hanya akan bertahan lama di perusahaan, mereka juga akan semakin berkontribusi terhadap pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan.

Jadi, pastikan kamu memberikan training karyawan baru dengan positif dan edukatif yang membantu karyawan baru untuk bisa berkembang di perusahaan.

training karyawan baru - EKRUT
Last updated: 1 February 2020

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags

Share