Careers

Intip kata-kata semangat kerja ini untuk memotivasi harimu

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Tsalis Annisa

Content Editor who eager to learn more about Marketing

kata-kata-semangat-kerja-EKRUT.jpg

Akuilah, semenarik apapun sebuah pekerjaan atau profesimu, pasti kamu pernah mengalami hari-hari kehilangan motivasi untuk melakukannya. Pasti akan ada hari di mana rasanya lebih menyenangkan duduk bersantai sambil bermain game dibanding menyelesaikan pekerjaan untuk mencapai goals-mu.

Namun, sebenarnya kamu bisa dengan cepat keluar dari fase itu dengan sebuah cara, yaitu memotivasi diri dengan kata-kata semangat kerja. Kapanpun kamu merasa kehilangan arah dan motivasi, cobalah ingat beberapa kutipan-kutipan penyemangat berikut ini.

Kata-kata semangat kerja untuk menguatkan tekad dan motivasi

Setiap pekerjaan ataupun bisnis yang kamu jalani suatu saat mungkin akan menemui banyak kesulitan. Rasanya mungkin ketika hal ini terjadi kamu ingin menyerah saja pada keadaan. Namun, cobalah resapi dan ingat beberapa kutipan berikut yang menekankan bahwa tekad dan kesabaran seseorang akan membawa kesuksesan.

1. “Tekad yang tak terkalahkan akan mampu mencapai hampir semua hal...” – Thomas Fuller. 

Ketika memimpikan atau mendambakan sesuatu, memiliki tekad yang kuat dan tidak terkalahkan adalah salah satu kunci untuk mewujudkannya. Hampir semua hal akan mampu kamu capai jika kamu memiliki tekad yang kuat. Jadi, selalu kuatkan tekadmu, ya!

2. “Kesuksesan yang sejati terjadi karena seseorang membuatnya demikian dengan berjuang dan bekerja keras agar kesuksesan tersebut tumbuh.” – Julie Hebert.

Kutipan satu ini mengajarkan kita untuk memiliki tekad dan kegigihan dalam berjuang dan bekerja keras. Jangan mudah menyerah karena sukses tidak terlihat akan datang. Namun, bekerjalah lebih keras dan usahakan hal tersebut dengan tekad dan kegigihanmu hingga terwujud.

3. “Jika seseorang secara percaya diri mengikuti mimpinya dan berusaha keras mewujudkan hidup pada kehidupan yang diimpikannya, kelak dia akan menemukan kesuksesan tidak terduga.” ¬– Henry David Thoreau

Lagi-lagi kutipan ini mengajarkan kita untuk terus mengikuti mimpi dengan gigih dan penuh tekad yang kuat. Ingat, kamu juga perlu bekerja keras untuk mewujudkannya, ya! 

Baca juga: 7 Cara efektif mengatasi demotivasi kerja

kata-kata semangat kerja - EKRUT
Kata-kata semangat kerja juga bisa diikuti dengan pujian - EKRUT

Kata-kata semangat kerja untuk kolega atau karyawan 

Kehilangan semangat kerja mungkin tidak melandamu, namun siapa tahu salah satu kolega atau karyawanmu ada yang sedang merasakannya. Nah, ada juga, lho, kata-kata semangat kerja untuk mereka yang dapat kamu utarakan agar membantu motivasi mereka naik lagi!

1. Pujilah performa kerja mereka

Ketika seseorang merasa motivasi kerjanya menurun, kamu dapat membantunya dengan memuji performa kerja mereka sebelumnya. Hal ini tentunya dapat membantu membangkitkan lagi rasa percaya diri dan juga motivasi kerja mereka, lho!

2. Pujilah karakter atau kemampuan kepemimpinan mereka

Terkadang, ada beberapa orang yang merasa tidak nyaman jika dipuji mengenai hasil pekerjaan ataupun performa kerjanya. Sebagian orang justru cenderung merasa kontribusi mereka di dalam bisnis jauh lebih penting dibandingkan hal tersebut.

Misalnya, pujilah kolega atau karyawanmu atas kemampuan komunikasinya yang berhasil menangani tantangan yang dihadapi tim, kemampuannya bertahan dengan target meski dalam masa yang berat, dan nilai-nilai personal seperti kemampuan organisasi dalam menangani pekerjaan.

Dengan memuji orang melalui karakter yang dimilikinya, kamu akan membentuk kultur dan kebiasaan yang membuat lingkungan kerja di sekitarmu menjadi tempat yang menyenangkan untuk bekerja.

3. Pujilan mereka dan minta untuk diajari cara mereka bekerja

Cara satu ini dapat memberikan afirmasi pada kolega ataupun karyawan bahwa metode dan cara kerja yang mereka kerjakan cukup bagus untuk dipertahankan. 

Cara ini juga mampu memberikan ulasan dan masukan kritis dari karyawan atau kolega untukmu. Dengan menerapkan cara ini kamu akan menunjukkan respek pada kemampuan dan nilai-nilai yang mereka miliki. 

Nah, itu dia beberapa kata-kata semangat kerja yang dapat kamu utarakan ketika kolega ataupun karyawanmu sedang kehilangan motivasi. Selain itu, jangan lupakan juga kata motivasi penyemangat kerja untuk dirimu sendiri. Semoga kutipan dan cara di atas bermanfaat, ya!

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

  • inc.com
  • lifehack.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    01 December 2022
    6 min read
    business-model-canvas-EKRUT.jpg

    startup

    Segmen Business Model Canvas untuk Merancang Bisnis di Awal

    Nur Lella Junaedi

    29 November 2022
    8 min read
    H1_1._5_Cara_Menjawab_Pertanyaan_“Kenapa_Kami_Harus_Menerima_Anda_”.jpg

    Careers

    Panduan Menjawab “Kenapa Kami Harus Menerima Anda?” Beserta Contohnya

    Anisa Sekarningrum

    29 November 2022
    7 min read

    Video