Published on

jobs

9 Tren digital marketing 2021 yang perlu kamu siapkan

Nur Lella Junaedi

tren-digital-marketing-2021.jpg

Bagi seorang Digital Marketers, penting bagi kamu untuk mengetahui seperti apa tren digital marketing setiap tahunnya. Kenapa begitu? Karena umumnya setiap tahun akan memiliki trennya sendiri seiringan dengan terus berkembangnya zaman. 

Agar caramu memasarkan produk terus dapat relevan setiap tahunnya, berikut adalah prediksi tren digital marketing 2021 serta perbedaannya dengan tren digital marketing 2020.

1. Featured snippet

tren digital marketing 2021 featured snippets - EKRUT 
Tampaknya featured snippet akan terus ada dalam tren digital marketing 2021 - EKRUT

Featured snippet adalah kolom cuplikan pada bagian atas halaman hasil penelusuran di mesin pencari yang menampilkan ringkasan jawaban dari pertanyaan pengguna. 

Diperkirakan featured snippet ini akan terus dikembangkan oleh mesin pencari pada 2021, karena dinilai mampu memberikan jawaban terbaik bagi pengguna. 

Oleh karena itu, umumnya konten yang masuk ke dalam fitur ini akan menerima klik yang lebih banyak karena direkomendasikan oleh mesin pencari.

Jika kamu ingin menargetkan konten yang muncul di cuplikan unggulan, pastikan konten atau artikel yang kamu tayang memberikan informasi yang lengkap dan menyertakan long tail keyword.

Fungsinya agar pengguna yang mencari informasi dengan keyword yang spesifik dapat masuk ke websitemu. Contohnya seperti “cara membuat artikel online”.   

Baca juga: 7 Cara menulis artikel SEO friendly dengan tepat

2. Personalisasi konten 

tren digital marketing 2021 personalisasi konten - EKRUT 
80 persen pengguna mengungkapkan cenderung memilih konten yang dipersonalisasikan - EKRUT

Tren digital marketing 2021 lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah personalisasi konten. Dengan banyaknya pengguna yang merasa tertarik dengan konten yang dipersonalisasikan, baik itu konten email, maupun produk, personalisasi menjadi hal yang semakin dipertimbangkan. 

80 persen pengguna cenderung memilih perusahaan yang menawarkan pengalaman di personalisasikan. Semisal seperti Netflix yang memberikan kemudahan bagi pengguna dalam memilih genre film yang diinginkan. 

3. Programmatic advertising 

tren digital marketing 2021 programmatic advertising - EKRUT 
Programmatic advertising menggunakan kecanggihan AI untuk menargetkan audiens - EKRUT

Programmatic advertising adalah iklan terprogram yang menggunakan kecanggihan artificial intelligence (AI) dalam menargetkan audiens yang lebih spesifik. 

Dengan menggunakan programmatic ads ini, kamu tidak perlu menelpon publisher untuk menegosiasikan harga iklan, sebab di dalam aplikasi programmatic ads sudah terhubung langsung. 

Hal inilah yang membuat proses pembuatan iklan jadi lebih cepat, efisien, mampu meningkatkan konversi dengan biaya akuisisi yang lebih rendah. 

4. Pemblokiran iklan 

tren digital marketing 2021 pemblokiran iklan - EKRUT
 
Tahun depan sekitar 27 persen user akan lebih sering menggunakan adblock - EKRUT

Ini merupakan lawan dari tren digital marketing 2021 yang ketiga, dimana diperkirakan tahun depan sekitar 27 persen user akan lebih sering menggunakan adblock. Akibatnya bila ini dilakukan akan merugikan brand yang telah memasang iklan PPC. 

Jika iklan mu menjadi korban dari penggunaan adblock, maka strategi terbaiknya adalah dengan beradaptasi mencoba meyakinkan pelanggan dengan mengubah preferensi mereka sendiri. 

Atau kamu juga bisa menggunakan strategi lain dengan memakai jasa influencer, pasalnya para konsumen yang lebih muda biasanya akan lebih tertarik dengan pola pemasaran ini. 

5. Pemakaian chatbots

tren digital marketing 2021 pemakaian chatbots - EKRUT 
Chatbots masih akan terus digunakan pada tren digital marketing 2021 - EKRUT

Sama seperti pada tren digital marketing 2020, tampaknya kebutuhan akan chatbots ini masih terus akan digunakan. Teknologi berbasis AI ini menggunakan pesan instan untuk mengobrol secara real time dengan pelanggan atau pengunjung situs. 

Karena bisa digunakan sepanjang waktu selama 24 jam, akhirnya banyak pelanggan yang lebih suka menggunakan chatbots sebab bisa memberikan jawaban dengan akurat dan cepat. 

Beberapa merek terkenal yang sukses menggunakan fitur chatbots di antaranya seperti Pizza Hut, Whole Food Market, The Wall Street Journal dan lainnya. 

Baca juga: Pelajari 3 hal ini sebelum menggunakan Chatbot

6. Video marketing 

tren digital marketing 2021 video marketing - EKRUT 
Video marketing diperikirakan akan terus ada hingga 5 - 10 tahun ke depan - EKRUT

Video marketing atau pemasaran video juga masih menjadi tren yang menarik selama 2021. Di prediksi tren ini akan terus ada dalam waktu 5 hingga 10 tahun ke depan. 

Data menyebutkan bahwa hampir 52% konsumen lebih percaya setelah mereka menonton video marketing, dan itu artinya lewat video marketing pula mampu menaikkan konversi sebanyak 72%. 

Taruhlah video marketing tidak hanya di YouTube saja, tetapi di platform lain seperti Instagram, Facebook dengan membuat konten live streaming. 

Selain itu, kamu juga bisa menaruh video marketing di konten situs yang akan mampu mendorong penelusuran organik sebanyak 50 kali. Menarik, bukan?

7. Local SEO 

tren digital marketing 2021 local SEO - EKRUT 
Local SEO membantu bisnis mengoptimalkan mesin pencari - EKRUT

Google selalu memperbarui algoritmanya termasuk di dalamnya local SEO. Local SEO adalah strategi pengoptimalan mesin pencari yang mampu membantu bisnis lebih terlihat di hasil penelusuran lokal di Google. 

Dengan pengoptimalan local SEO ini, nantinya pengguna yang mencari produk di sekitar mereka, akan ditunjukkan oleh Google bisnis atau brand terdekat yang memiliki produk tersebut. Tentunya ini baik dalam membantu bisnis lokal lebih berkembang.

Cara mengembangkannya cukup dengan mendaftarkan bisnis mu di laman Google Bisnisku, lalu buat keyword lokal yang menjelaskan tentang nama kota, bangunan, keunikan produk, informasi bisnis yang nantinya informasi ini akan muncul di SERP Google. 

8. Segmentasi pelanggan

tren digital marketing 2021 segmentasi pelanggan - EKRUT
 Segmentasi pelanggan artinya mengelompokkan audien berdasarkan kebiasaan berbelanja - EKRUT

Segmentasi pelanggan artinya mengelompokkan audiens target berdasarkan pada perilaku, sifat, demografi dan kebiasaan berbelanja. 

Dengan menggunakan strategi segmentasi pelanggan ini, membuatmu lebih akurat dalam menyesuaikan konten sesuai preferensi pengguna baik itu untuk iklan atau pun email. 

Untuk mengaplikasikannya kamu bisa membuat dua email terpisah antara pembeli kecil dan pembeli besar. 

Lalu kirim buletin berbeda berisi produk kepada mereka, dan jangan lupa buat pesan itu dipersonalisasi dengan baik supaya pengguna merasa pesan itu untuk mereka. 

9. Ramah lingkungan, ramah pengguna

tren digital marketing 2021 ramah lingkungan - EKRUT 
Kini mulai banyak konsumen yang menyukai brand yang peduli terhadap lingkungan - EKRUT

Di tengah perubahan cuaca yang tidak menentu, hampir 81% konsumen mengatakan bila perusahaan seharusnya lebih peduli terhadap lingkungan. Karena itulah kini merek-merek yang mengkampanyekan peduli lingkungan lebih populer dari biasanya. 

Bila bisnismu juga ingin melakukannya, kamu bisa mengkomunikasikan campaign tentang sustainable di dalam konten.  

Contoh, dengan menyampaikan bahwa tas jinjing yang kamu keluarkan bisa digunakan secara berulang atau mengangkat diskusi terkait isu lingkungan.   

Tren digital marketing tahun 2021 lainnya bisa kamu lihat pada video di bawah ini. 

Baca juga: 8 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif

Dengan mengetahui tren digital marketing 2021 yang kemungkinan akan banyak digunakan di tahun depan, kini kamu sebagai marketers bisa mulai menyiapkan hal apa saja yang diperlukan. Atau mengevaluasi dan memperbaiki strategi marketing mu.

Diharapkan dengan persiapan tersebut strategi pemasaran kamu akan berhasil dan meningkatkan nilai konversi.

tren digital marketing 2021 EKRUT

Rekomendasi video:

Sumber:

  • singlegrain
  • 99designs
 

Tags

Share