Media

Trik poles profil di LinkedIn dengan cepat
By Maria Yuniar - 23 July 2018
4 min read 1342 Views

Kini, tak sedikit perusahaan yang mempelajari latar belakang kandidat karyawan melalui LinkedIn. Di Amerika Serikat, bahkan ada 20 ribu perusahaan yang menggunakan LinkedIn untuk mencari karyawan. Mereka menawarkan lebih dari tiga juta pekerjaan yang bisa didapatkan setiap bulannya.

Namun, pada akhirnya, hanya akan ada beberapa orang saja yang dapat lolos ke tahap wawancara. Penasihat karier, Blair Decembrele mengungkapkan, profil LinkedIn menggambarkan riwayat pekerjaan profesional penggunanya. Oleh karena itu, pengguna perlu memoles profil di LinkedIn untuk menarik perhatian perekrut. Berikut ini tujuh triknya.

 

Lengkapi informasi kontak

Dengan mengisi kontak pribadi pada LinkedIn, perekrut akan mudah menghubungi kamu. Pembuat situs LinkedIn-Makeover.com, Donna Serdula mengatakan, jika perekrut tak memiliki akses InMail, ia bisa tetap menghubungimu melalui telepon atau e-mail pribadi.

 

Tambahkan grafis latar belakang

Jika kamu tak menambahkan grafis latar belakang, gambar yang terlihat di belakang foto profil kamu hanyalah grafis berwarna biru yang sudah umum terlihat. Namun, bila kamu mencoba untuk menambahkan grafis latar belakang, profil kamu menjadi lebih mudah untuk diingat.

Carilah gambar yang dapat mengungkapkan keahlianmu. Misalnya, foto saat menjadi pembicara dalam sebuah acara. Jika tak punya stok foto yang bagus, kamu bisa menggunakan layanan seperti Pixabay atau Unrestricted Stock.

 

Unggah foto profil

Profil LinkedIn dengan foto pribadi dapat membuat profilmu dilihat 21 kali lebih banyak. Untuk membuat foto profil LinkedIn yang baik, kamu tak perlu menggunakan latar belakang yang terlalu mencolok. Selain itu, kamu harus memastikan bahwa wajahmu setidaknya memiliki porsi 60 persen dari foto. Pastikan foto yang kamu pilih merupakan representasi profesionalitasmu.

 

Cantumkan latar belakang pekerjaan

Profil LinkedIn yang memberikan informasi mengenai pekerjaan pemilik akun, akan dilihat delapan kali lebih banyak daripada yang tidak. Hal ini juga akan sangat berguna bagi para perekrut yang ingin mengetahui rekam jejakmu.

 

Tulis summary

Gunakan summary untuk menunjukkan dirimu sebenarnya. Mengapa summary sangat diperlukan untuk menjadikan profil LinkedIn kamu sempurna? Letaknya yang berada di atas tentu akan menjadi sorotan utama bagi perekrut.

Untuk itu, tulislah summary semenarik mungkin. Kamu bisa mendeskripsikan tentang diri dengan unik dan berani, agar menarik perhatian perekrut.

 

Kemampuan

Selain mencantumkan latar belakang pendidikan, kursus, pengalaman kerja, atau penghargaan yang kamu dapatkan. Cantumkan juga kemampuan-kemampuan lain yang kamu miliki di bidang tertentu. Sebab biasanya, dalam mencari kandidat terbaik, setiap perusahaan akan melihat kemampuan yang dimiliki calon karyawannya terlebih dahulu.

Kemampuan seperti mudah berkomunikasi, dapat berpikir kritis, dan dapat bekerja secara individu maupun teamwork dengan baik juga bisa jadi nilai plus di profil LinkedIn.

 

Tambahkan relasi

Dengan membangun relasi di LinkedIn, kamu bisa meningkatkan kepercayaan perekrut bahwa kamu memang seseorang yang profesional dan sudah berpengalaman. Selain itu, relasimu juga bisa memberikan rekomendasi. Hal ini sangat menguntungkan, jika profilmu sedang dilirik oleh perekrut. 

Managing Director APAC, Olivier Legrand menuturkan, akan jauh lebih bagus kalau kalangan muda hanya membangun relasi bersama orang yang mereka perlukan saja. Sebab, orang-orang yang berada di LinkedIn hanya membangun relasi secara profesional dengan orang yang mereka kenal.

“Kalaupun mau mengincar satu perusahaan tertentu dan ingin membangun relasi bersamanya, coba untuk memulai pendekatan secara halus dan profesional di LinkedIn. Jangan semua ingin dijadikan teman,” kata Olivier.

Tidak sulit kan, memoles profil LinkedIn biar menarik? Jika sudah, kamu bisa mendaftarkan diri ke talent marketplace EKRUT dengan akun LinkedIn. Di sana, kamu tidak perlu apply pekerjaan satu per satu. Sebab, ratusan perusahaan lah yang akan mendekati kamu dan menawarkan posisi sesuai minat kamu.

 

Rekomendasi bacaan:
Remote working bisa bikin kesepian
Tips sukses kuliah sambil kerja
4 perusahaan ini merintis kesuksesan dari garasi

 

Sumber:
fastcompany.com
liputan6.com
kumparan.com

Tags:

  • EKRUT
  • pekerjaan
  • LinkedIn
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang