Published on

Technology

Cara Menggunakan Twitter Circle, Fitur “Close Friend” di Twitter

Fakhrizal Muttaqien

alexander-shatov-k1xf2D7jWUs-unsplash.jpg

Menjalani momen yang berharga dalam keseharian, membuat kamu merasa ingin membagikannya di media sosial. Namun, terkadang kamu hanya ingin membagikannya dengan orang-orang terdekat saja. Adanya fitur close friend di Instagram tentunya sangat membantu untuk itu. Fitur serupa kini dapat dinikmati juga di Twitter.

Pada bulan Mei 2022, Twitter resmi merilis sebuah fitur bernama Twitter Circle. Fitur tersebut memiliki fungsi yang mirip dengan fitur close friend di Instagram, yaitu untuk menyeleksi siapa saja yang dapat melihat tweet yang kamu buat. Lalu, bagaimana cara menggunakan Twitter Circle? Pada artikel kali ini akan dibahas mulai dari apa itu Twitter Circle hingga cara menggunakannya. Jadi, langsung saja simak pembahasannya berikut ini!

Baca juga: Ingin hapus history di akun Twitter? Begini caranya

Apa itu Twitter Circle?

Twitter Circle digunakan di laptop
Twitter Circle adalah fitur yang mirip fitur “close friend” di Instagram (sumber: pexels)

Twitter Circle merupakan fitur terbaru dari Twitter yang bertujuan agar tweet yang kamu buat hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang kamu pilih. Dengan Twitter Circle, kamu mempunyai fleksibilitas untuk memilih siapa saja yang bisa melihat dan engage denganmu berdasarkan tweet-by-tweet. Hal tersebut membuatmu mudah untuk membuat percakapan yang lebih intim dan membangun koneksi lebih dekat dengan followers pilihanmu.

Twitter Circle memungkinkan kamu memilih followers dalam grup sebanyak lebih dari 150 orang, baik yang kamu follow ataupun tidak. Kamu juga dapat menyesuaikan siapa yang masuk dan siapa yang keluar kapan saja. Perubahan pada circle-mu tetap privat dari pengikutmu, sehingga tidak perlu khawatir mereka mengetahuinya.

Twitter Circle memberi opsi kepada penggunanya untuk membagikan pikiran kepada orang-orang yang ia pilih dengan lebih nyaman dan lebih personal. Hal itu membuat para pengguna yang sudah menggunakan Twitter Circle merasakan keuntungannya. Di antara keuntungan menggunakan Twitter Circle adalah:

  • Merasa lebih nyaman ketika membuat tweet dan mengekspresikan diri.
  • Menghilangkan kebutuhan untuk memiliki alternate accounts atau second accounts.
  • Berbagi konten dengan grup teman pilihan.
  • Tidak perlu bergonta-ganti pengaturan antara di-protected atau publik.

Baca juga: 6 Cara download video di Twitter dengan mudah via HP maupun laptop

Cara menggunakan Twitter Circle

twitter circle digunakan di hp
Twitter Circle dapat diatur melalui desktop maupun mobile apps (sumber: pexels)

Fitur Twitter Circle dapat digunakan di desktop maupun di aplikasi seluler. Jika kamu menggunakan desktop, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Klik pada boxWhat’s happening?” di skrin bagian atas.
  • Klik box Everyone”, lalu kamu dapat melihat dialogue box bertuliskan Everyone dan Twitter Circle. Jika kamu memilih “Everyone”, tweet-mu akan dibagikan ke semua orang seperti biasanya, sedangkan jika kamu memilih “Twitter Circle”, tweet akan dibagikan kepada followers yang kamu pilih saja.
  • Sebelum kamu pilih “Twitter Circle”, kamu dapat mengatur siapa saja circle-mu dengan cara klik “Edit”.
  • Jika kamu belum pernah menggunakan fitur ini sebelumnya, maka akan muncul tulisan “There isn’t anyone in your Circle - yet”. Untuk menambahkannya, klik tab Recommended”.
  • Pada tab Recommended”, kamu akan mendapat suggestion untuk circle-mu, yaitu orang-orang yang sering berinteraksi denganmu sebelumnya, atau kamu juga bisa mencari akun yang ingin kamu pilih melalui boxSearch people”.
  • Setelah kamu menemukan akun yang kamu maksud, lalu klik “Add”.
  • Jika sudah menambahkan circle, kamu dapat membuat tweet dan tweet akan dibagikan kepada orang-orang yang sudah kamu pilih.

Sedangkan jika kamu menggunakan aplikasi seluler, caranya hampir sama, yaitu sebagai berikut.

  • Ketuk tombol untuk membuat tweet di pojok kanan bawah (simbol “plus”).
  • Ketuk box Public”, kemudian pilih Twitter Circle.
  • Untuk mengedit siapa saja yang ada di circle-mu, ketuk “Edit”.
  • Pilih tab Recommended”, lalu pilih siapa saja yang akan kamu masukkan ke dalam circle-mu.

Tweet yang kamu kirim kepada Twitter Circle akan dilengkapi dengan disclaimer yang memberi tahumu dan viewers bahwa tweet tersebut tidak bisa dilihat oleh siapa saja. Siapa pun yang ada di dalam Twitter Circle dapat menanggapi tweet tersebut dengan balasan, tetepi tidak bisa me-retweet-nya.

Jika kamu ingin masuk ke daftar Twitter Circle tanpa membuat tweet, kamu bisa klik “More” di panel navigasi sebelah kiri pada desktop Twitter, lalu pilih Circle Twitter. Jika kamu menggunakan aplikasi seluler, kamu bisa ketuk gambar profilmu di sudut kanan atas, lalu pilih Circle Twitter.

Baca juga: Twitter luncurkan fitur untuk melaporkan daftar akun-akun bermasalah

Bagaimana mengetahui tweet dari Twitter Circle?

tampilan twitter circle di smartphone
Tweet yang dibagikan ke Twitter Circle dapat diketahui dari lencana pada tweet (sumber: unsplash)

Jika kamu membuat circle tweet atau orang lain membuat circle tweet yang kamu berada di circle-nya, kamu akan melihat lencana berwarna hijau di bawahnya. Lencana tersebut mirip dengan lencana yang muncul ketika seseorang membatasi balasan hanya untuk orang yang mereka mention atau follow. Pada lencana tersebut akan tertulis “Only people in ‘tweet owner’ Twitter Circle can see this Tweet. Learn More.”

Tweet yang dikirim ke Twitter Circle tidak dapat di-retweet atau dibagikan, meskipun orang dapat menyukai dan membalasnya. Selanjutnya, semua balasan untuk tweet yang dikirim pada circle-mu akan tetap privat, meskipun akunmu adalah akun publik. Namun, bukan berarti tweet yang kamu buat ke Twitter Circle tidak akan pernah terlihat jelas. Pihak Twitter pun tetap memperingatkan di help center-nya, “Harap diingat bahwa anggota Twitter Circle Anda masih dapat mengunduh, mengambil, dan/atau membagikan ulang gambar atau tangkapan layar konten Twitter Circle Anda.

Baca juga: 7 Medsos Pilihan Digital Marketer Untuk Memasarkan Produk Jualan

Itulah pembahasan tentang Twitter Circle, dari mulai pengertian dan cara menggunakannya. Adanya fitur ini tentu membuatmu lebih nyaman dan bebas untuk membuat tweet, tetapi tetapi ingat bahwa mungkin tweet yang kamu buat masih bisa tersebar meskipun dibuat ke Twitter Circle. Jadi, tetap berhati-hati dalam berkata di media sosial, ya!

Demikian artikel EKRUT Media, dapatkan juga berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • blog.twitter.com
  • nerdschalk.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-cottonbro-7595266.jpg

    Technology

    YouTube Desktop Dashboard: Cara Mengukur Performa Konten Video yang Efektif di Tahun 2022

    Chrissila Jessica

    06 October 2022
    5 min read
    H1_cara_membuat_linktree.jpg

    Technology

    Cara Membuat Linktree dengan Mudah di Bio Instagram [2022]

    Alvina Vivian

    06 October 2022
    6 min read
    H1_Google_Meet.jpg

    Technology

    Mengenal Google Meet, Mulai dari Manfaat, Fitur, hingga Cara Menggunakannya

    Algonz D.B. Raharja

    06 October 2022
    5 min read

    Video