Technology

Uji Coba Fitur Twitter Update “Notes” dan “CoTweet”

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Anisa Sekarningrum

Content writer experiences in digital marketing, startup, and writing feature article. 

H1_1._Uji_Coba_Fitur_Twitter_Update__Notes__dan__CoTweet_.jpg

Populernya media sosial membuat pengembang aplikasi terus melakukan inovasi. Setelah Instagram meluncurkan fitur “Collab”, kini giliran Twitter yang sedang melakukan uji coba fitur baru mereka yaitu “Notes” dan “CoTweet”.

Twitter update saat ini

ikon twitter di hp
Tahun 2022 menjadi momentum untuk Twitter memunculkan update terbaru mereka - Pexels

Pada awal tahun 2022 ini, juru bicara Twitter, Joseph J. Nuñez, mengungkapkan kepada The Verge bahwa mereka terus melakukan eksplorasi dan eksperimen untuk menghadirkan Twitter update agar pengguna dapat berkolaborasi di Twitter. Salah satu fitur baru pada Twitter update tersebut adalah “Notes” dan “CoTweet” yang saat ini hanya tersedia untuk beberapa pengguna dalam waktu terbatas. Fitur yang masih berupa eksperimen ini pun dapat tiba-tiba hilang dan dimatikan oleh Twitter. Twitter mengungkapkan bahwa hanya beberapa pengguna di wilayah Amerika Serikat, Kanada, dan Korea Selatan yang bisa mencoba fitur  “CoTweet”.

Baca juga: Cara Menggunakan Twitter Circle, Fitur “Close Friend” di Twitter

Fitur-fitur terbaru dari “Notes

ilustrasi fitur notes twitter di hp
Twitter update dari fitur “CoTweet” - Twitter

Twitter update yang pertama adalah “Notes” yang merupakan fitur micro blogging. Fitur yang sudah dicoba oleh beberapa pengguna di Amerika Serikat, Inggris, Kanada dan Ghana menghasilkan sebuah posting panjang yang dapat berisi tweet, video dan gambar.

Fitur baru ini tentunya mengubah format Twitter yang dikenal dengan teks singkat. Saat pertama kali dirilis, satu tweet hanya terdiri dari 140 karakter, kemudian meningkat menjadi 280 karakter di tahun 2017 dan kini kamu dapat menulis 2.500 kata di fitur “Notes”. Sebelum dirilisnya pernyataan Twitter update mengenai fitur “Notes” ini, banyak pengguna yang menggunakan screen capture catatan yang mereka tulis di aplikasi catatan ponsel mereka untuk kemudian di-posting dalam bentuk gambar di Twitter.

Namun, hadirnya fitur ini dapat mengubah kebiasaan pengguna Twitter untuk langsung posting catatan panjang mereka via Twitter. Fitur ini bahkan dapat berguna bagi mereka yang ingin menulis konten sepanjang artikel namun tidak ingin repot mengatur dan memelihara blog atau situs web mereka sendiri. Fitur ini juga mungkin akan mengubah cara orang menulis thread Twitter.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna dapat memilih tabWrite” untuk menulis sebuah catatan. Catatan ini kemudian dapat disematkan ke tweet mereka. Judul dari catatan ini hanya berupa 100 karakter namun kamu dapat menulis hingga 2.500 kata di dalam satu “Notes”.

Beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai fitur “Notes” ini, yaitu:

  • Pengguna dapat memilih opsi untuk menyematkan foto, video, GIF dan tweet ke dalam “Notes” mereka.
  • Notes” akan memiliki tautan sendiri dan dapat di-tweet, di-retweet, disukai dikirim via Direct Message (DM) dan di-bookmark.
  • Nantinya setiap pengguna yang menggunakan fitur ini akan memiliki tab ​​”Notes” di profil mereka yang berisi karya yang mereka terbitkan. Fungsinya untuk memudahkan follower mereka menemukan konten berbentuk panjang tersebut.

Baca juga: Ingin hapus history di akun Twitter? Begini caranya

Fitur-fitur terbaru dari “CoTweet

ilustrasi fitur cotweet di hp
Twitter update dari fitur “CoTweet” - Twitter

Fitur “CoTweet” memungkinkan pengguna untuk menulis Tweet bersama kolaborator. Tweet tersebut akan di-posting secara bersamaan ke profil kedua pemilik akun dan timeline follower mereka. Singkatnya “CoTweet” ini adalah sebuah Tweet yang di Tweet oleh dua akun. Twitter menguji “CoTweet” dalam waktu terbatas untuk mempelajari bagaimana pengguna dan brand dapat menggunakan fitur ini untuk tumbuh dan menjangkau audiens baru serta memperkuat kolaborasi antara kedua pihak tersebut.

Cara mengenali fitur “CoTweet” ini adalah ketika kamu melihat dua gambar profil pemilik akun dan nama mereka pada header tweet. “CoTweet” juga membantu pemilik akun berbagi spotlight serta membuka peluang untuk munculnya audience baru bagi masing-masing kolaborator. Jika diperhatikan, sebetulnya Instagram telah menggunakan cara ini untuk fitur “Collab” yang mereka miliki. Instagram Collab” memungkinkan dua akun untuk posting satu konten yang sama, yang kemudian konten tersebut akan muncul di masing-masing beranda akun. Namun balasan dari “CoTweet” tersebut tampaknya hanya ditujukan kepada pembuat pertama “CoTweet”.

Lalu bagaimana cara kerja “CoTweet”? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan oleh pemilik akun memastikan konten yang akan mereka posting bersama.
  • Setelah konten siap, salah satu kolaborator akan membuat “CoTweet” dengan membuka pilihan pembuatan Tweet.
  • Pemilik akun kemudian menuliskan konten kolaborasi dan memilih ikon “CoTweet”.
  • Selanjutnya pilih kolaborator dari daftar follower dan kirimkan undangan kepada pemilik akun untuk bergabung di-posting tersebut.
  • Undangan untuk kolaborasi “CoTweet” akan dikirimkan via Direct Messages (DM), sehingga kedua akun harus saling mengikuti satu sama lain.
  • Setelah undangan diterima oleh rekan, “CoTweet” akan segera posting ke masing-masing profil kedua pemilik akun tersebut juga timeline follower mereka. Namun, jika kolaborator menolak undangan tersebut maka tidak akan ada posting yang muncul.

Baca juga: Cara menggunakan Twitter Fleets dan manfaatnya bagi brand

Beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai fitur “CoTweet” ini, yaitu:

  • CoTweet” hanya bisa dilakukan oleh dua akun Twitter dan tidak dapat di-promote.
  • Kamu dapat menambahkan gif, polling, foto, tautan ke Komunitas Twitter dan Twitter Spaces juga video ke dalam “CoTweet”.
  • Hanya pembuat utama “CoTweet” yang dapat menyematkan pinCoTweet” tetapi kolaborator yang diundang tidak dapat melakukannya.
  • CoTweet” bisa di-pin di Twitter Space jika host adalah pembuat utama “CoTweet”.
  • Pengguna Twitter lainnya secara umum dapat melakukan retweet dan quote-tweet kepada “CoTweet”. Semua pengguna dapat melihat hasil jawaban dan jumlah like dari “CoTweet” tersebut.
  • Undangan kolaborasi “CoTweet” hanya dapat dikirimkan kepada follower dengan akun publik yang tidak terkunci.
  • Kolaborator dapat menghapus akunnya dari “CoTweet” yang telah di-posting, namun “CoTweet” tetap akan tersedia di profil dan timeline akun pembuat utama. Sementara jika pembuat utama “CoTweet” yang melakukan penghapusan, maka konten akan terhapus di kedua profil kolaborator.
  • CoTweet” tidak dapat diedit setelah undangan dikirimkan. Jika kolaborator ingin mengubah isi konten, maka mereka harus menghapus “CoTweet” dan membuat posting baru.
  • CoTweet” tidak dapat di-share ke dalam limited groups seperti Komunitas Twitter, Twitter Circle, atau Super Follows.

Baca juga: Twitter luncurkan fitur untuk melaporkan daftar akun-akun bermasalah

Itu tadi informasi Twitter update yang sedang dilakukan uji coba di beberapa pengguna. Apakah kamu tertarik dengan fitur “Notes” dan “CoTweet”? Kita tunggu berita selanjutnya dari Twitter, ya! Jika kamu saat ini masih belum memiliki pekerjaan, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Sumber:

  • twitter.com
  • techcrunch.com
  • digitaltrends.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video