Published on

Lainnya

Menentukan Ukuran ID Card Sesuai Kebutuhan yang Bisa Kamu Pilih

Detty Risetya

cover.jpg

Di sejumlah perusahaan ternama, seringkali kita menjumpai para pegawainya memakai ukuran ID card tertentu. Umumnya, ada beberapa jenis ukuran ID card yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Pelajari secara lengkap apa pengertian ID card dan apa saja ukuran ID card yang ada di pasaran untuk kamu pilih berikut ini.

Apa itu ID card?


Pengertian ID card  (Sumber: Freepik)

ID card diambil dari kata “Identitas” yang disingkat menjadi ID. Sedangkan, card dalam istilah bahasa Inggris berarti kartu. Jadi, ID card dapat diartikan sebagai kartu identitas atau kartu pengenal. ID card biasanya dilengkapi dengan foto pemiliknya. Sehingga, memudahkan untuk identifikasi dan verifikasi ketika akan memeriksa tanda pengenal seseorang.

Baca juga: 4 tren perekrutan bidang teknologi tahun ini

Fungsi ID card


Fungsi ID card  (Sumber: Freepik)

Setelah memahami apa itu ID card, sekarang kita perlu memahami apa fungsi ID card. Secara umum, ID card memang untuk tanda pengenal atau kartu identitas yang dipakai di beberapa tempat tertentu. Seperti perusahaan, event, pesta, dan lokasi lainnya yang membutuhkan akses keamanan.

Sesuai ukuran ID card, berikut adalah beberapa fungsinya:

1. Memudahkan identifikasi

Fungsi umum dari pembuatan ukuran ID card tertentu adalah memverifikasi bahwa orang yang memegang kartu adalah benar orang tersebut, dan bukan orang lain.

2. Permintaan akses

Ukuran ID card yang dibuat perusahaan terkadang berbeda-beda. Namun, fungsinya tetap sama. Yaitu, memberikan akses kepada pegawai tertentu untuk masuk ke area atau kawasan khusus.

3. Pelacakan

Saat ini banyak perusahaan yang memakai ukuran ID card tertentu dengan di-scan pada alat pemindai atau scanner. Contohnya, ketika ada tamu bisnis yang datang, atau karyawan yang akan masuk ke ruangan tertentu, dia cukup memindai sesuai ukuran ID card. Selanjutnya, data dari ID card akan tersimpan ke database. Sehingga, apabila terjadi pelanggaran keamanan akan mudah dilacak.

4. Verifikasi pembayaran

Ukuran ID card tertentu juga difungsikan sebagai kartu pembayaran. Di dalam ID card terdapat chip yang menyimpan informasi mengenai data pelanggan, termasuk tanda tangan atau data biometris yang memudahkan sinkronisasi dengan data keamanan perbankan. 

Ukuran ID card standar nasional


Ukuran ID card standar nasional  (Sumber: Freepik)

Berikut adalah beberapa standar ukuran ID card di Indonesia atau secara nasional:

1. 8.56 cm x 5.4 cm

Pertama, standar ukuran ID card nasional di Indonesia adalah 8.56 cm x 5.4 cm atau 85.6 mm x 53.98 mm. Contohnya, dipakai untuk e-KTP, e-money, e-toll, dll.

2. 9.7cm x 13.7cm

Selanjutnya, ukuran ID card nasional adalah 9.7cm x 13.7cm untuk kebutuhan kantor, event, dan lainnya.

3. 9.5cm x 11.9cm

Ukuran ID card nasional berikutnya adalah 9.5cm x 11.9cm. Mudah dijumpai di kantor atau perusahaan untuk tanda pengenal karyawan.

4. 8.1cm x 11.2cm

Ukuran ID card 8.1cm x 11.2cm juga difungsikan untuk tanda pengenal dalam berbagai acara seperti tanda pengenal tamu, event organizer, dll.

5. 5.8cm x 8.6cm

Ukuran ID card 5.8cm x 8.6cm dipakai dalam acara yang membutuhkan verifikasi keamanan. Termasuk instansi, perusahaan, acara, event, dll. 

Ukuran ID card standar internasional


Ukuran ID card standar Internasional  (Sumber: Freepik)

Lalu, berapa ukuran ID card standar yang ada di luar negeri? Menurut standar Internasional IEC 7810 yang dirilis oleh ISO (International Organization for Standards), ada beberapa ukuran ID card yang bisa dipakai sesuai kebutuhan. Di antaranya sebagai berikut:

1. ID card 000

Ciri khas utama dari ukuran ID card 000 adalah bentuknya yang mini sekitar 25 x 15 mm dan terpotong pada satu sudutnya. Kebanyakan difungsikan untuk chip kartu perangkat seluler atau SIM card. Selain itu, ukuran ID card yang kecil memungkinkan untuk dimasukkan ke dalam slot ponsel atau perangkat digital.

2. ID card 1

Kalau ukuran ID card 1 memiliki standar 85.60 × 53.98 mm. Contoh pemakaian ukuran ID card 1 adalah kartu ATM, kartu kredit, atau kartu debit. Tak hanya itu, ukuran ID card 1 juga diaplikasikan untuk kartu BPJS, kartu asuransi, kartu KTP, hingga kartu Surat Izin Mengemudi.

3. ID card 2

Selanjutnya, ukuran ID card 2 yang menjadi standar Internasional, tepatnya di Negara Prancis. Ukurannya ukuran ID card 2 adalah adalah 105 × 74 mm. Dianggap kurang praktis karena ukurannya besar dan tidak bisa dimasukkan saku.

4. ID card 3

Standar ukuran ID card 3 dalam ISO adalah 125 × 88 mm. Contoh pemakaiannya untuk kartu paspor, kartu visa, dan lainnya. 

Baca juga: Cara-cara jitu tingkatkan rekrutmen perusahaan

Perusahaanmu butuh desainer handal untuk merancang ukuran ID card dan mencetaknya? Serahkan urusan rekrutmen tenaga profesional pada ahlinya di EKRUT. Di EKRUT, employer dapat memilih ribuan desainer berpengalaman dan kandidat profesional hanya dalam satu platform! Daftarkan perusahaanmu di EKRUT sebagai employer sekarang dan nikmati kemudahan rekrutmen cukup sekali klik. Salam sukses!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan terkemuka!

sign up EKRUT

Sumber:

  • solusiprinting 
  • selembar
  • toracinno

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Motif_Ekonomi.jpg

    Lainnya

    Sebutkan 4 Macam Motif Ekonomi? Berikut Informasi Selengkapnya!

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read
    H1_1._Pilihan_Pekerjaan_yang_Sesuai_untuk_Seorang_INTJ.jpg

    Careers

    10 Pilihan Pekerjaan yang Sesuai untuk Seorang INTJ

    Anisa Sekarningrum

    30 June 2022
    5 min read
    H1_infp_adalah.jpg

    Careers

    INFP Adalah: Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan, beserta Rekomendasi Pekerjaannya

    Alvina Vivian

    30 June 2022
    5 min read

    Video