Published on

Careers

7 Unsur Iklan yang Fundamental beserta Beberapa Contoh Terbaiknya

Lita Lia

H1-7_Unsur_Iklan_yang_Fundamental_Beserta_Beberapa_Contoh_Terbaiknya.jpg

Kamu tentu tak asing dengan istilah iklan. Iklan berisi sebuah pesan yang berguna untuk mempengaruhi khalayak umum agar membeli atau menggunakan jasa tertentu. Karena punya peran mempengaruhi, maka iklan tidak dibuat tanpa pertimbangan. Ada sejumlah unsur iklan di dalamnya. Apa saja itu?

Baca juga: Iklan Display Adalah: Pengertian, Keuntungan, dan 5 Contoh Iklannya

Mengenal iklan beserta fungsinya


Fungsi utama iklan adalah mempromosikan sebuah ide, gagasan, atau produk (Sumber: Pexels)

Ide atau pesan yang berisikan sesuatu bisa disebut kampanye iklan. Wikipedia mendefinisikan iklan sebagai komunikasi pemasaran untuk mempromosikan atau menjual produk, layanan atau ide. Untuk mempromosikan sebuah produk, banyak kombinasi media yang dipakai. Bisa melalui cara konvensional seperti ‘mulut ke mulut’ atau bisa dengan media cetak maupun elektronik. Iklan dirancang agar bisa mencapai serangkaian tujuan atau sasaran tertentu.

Tujuan dari iklan sangat tergantung dengan siapa yang membuat. Antara lain bisa untuk:

  • Peningkatan kesadaran merek
  • Membangun brand
  • Meningkatkan rasio konversi penjualan
  • Mendorong dan meyakinkan calon pembeli untuk membeli produk atau menggunakan jasa
  • Agar orang terus mengingat produk, dan lain sebagainya

Demi memastikan tujuan membuat iklan tercapai, kampanye iklan perlu perencanaan matang. Ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan, termasuk juga unsur iklan agar bisa menciptakan iklan yang menarik. Selain itu, unsur-unsur ini berguna agar kampanye lebih efektif.

Baca juga: 6 Media promosi yang efektif untuk mengembangkan bisnis saat ini

7 Unsur iklan yang fundamental


Salah satu unsur iklan adalah berkesan (Sumber: Pexels)

Unsur iklan membuat pesan ke audiens bisa tersampaikan dan tepat sasaran. Berikut beberapa unsur iklan yang sangat fundamental.

1. Berharga

Seperti yang ditulis oleh vye.agency, iklan yang hebat adalah yang bernilai bagi penontonnya. Tidak harus menampilkan produk di sepanjang durasi. Ada beberapa taktik periklanan yang berisi story telling, tanpa menyisipkan produk atau layanan di dalamnya. Gunakan unsur iklan ini jika ingin beriklan. Persaingan pemasaran yang ketat, menuntutmu untuk jauh lebih kreatif dalam beriklan. Selain itu, pesan yang sampai ke audiens akan membuat biaya pemasaran yang dikeluarkan lebih efektif.

2. Terpercaya

Iklan yang bagus adalah yang unsur iklan jujur apa adanya. Tidak ada orang yang sukarela mau ditipu. Maka, menjual produk secara jujur adalah harga mati. Berbisnis tidak hanya sebatas menjual barang kemudian melupakannya. Jual produk secara jujur merupakan cara tercepat untuk menaikkan citra bisnis. Tentu kamu tidak ingin menjadi pengiklan yang pada akhirnya dikeluhkan konsumen. Bidik testimoni konsumen sehingga beriklan menjadi lebih efektif.

3. Mengesankan

Apa gunanya beriklan jika pada akhirnya tidak berkesan. Karena itulah, unsur iklan yang satu ini sangat penting. Menanamkan ide atau perasaan baru audiens sangat penting dan menjadi tolak ukur bahwa iklan sukses. Kehalusan merek sangat penting. Agar iklan lebih berkesan, gunakan pendekatan sesuai target market.

Misalnya, jika ingin memasarkan produk ke kalangan ekonomi menengah ke bawah, kamu perlu melakukan pendekatan yang berhubungan dengan kehidupan kalangan tersebut. Gunakan keresahan target market sebagai jalan cerita dan cari penyelesaian dari keresahan tersebut.

4. Berkaitan

Segala jenis iklan harus memiliki unsur iklan yang menurut audiens bisa diterima. Kebiasaan menggunakan model iklan yang tampilannya sempurna memang masih sering dilakukan. Akan tetapi, model iklan yang tidak sempurna justru yang menarik perhatian.

Beberapa model iklan yang paling sukses justru yang memiliki ketidaksempurnaan. Misalnya, memiliki tahi lalat yang mencolok, gigi depan berlubang, dan sejenisnya. Gagasan menggunakan model yang dianggap tidak sempurna ini berkaitan dengan gagasan punctum, yaitu pemikiran dimana model-model tersebut lebih diterima dan berkaitan dengan publik.

5. To the point

Iklan harus berisikan unsur yang tegas, lugas, tanpa bertele-tele. Mengingat durasi sangat singkat, isi pesannya harus efektif. Sesuatu pesan yang cepat dan langsung akan memancing kejutan di antara penonton. Kamu harus berusaha menarik perhatian audiens di awal durasi, sehingga penonton akan tertarik menyimak sampai akhir iklan. Isi iklan yang lugas ini bisa berupa beberapa kata khas. Baik itu slogan, kalimat persuasif, dan sejenisnya.

6. Fotografi

Selain dalam bentuk verbal, elemen iklan lainnya harus mencakup gambar, foto, dan sejenisnya. Situs Ethiovisit menyebut pesan visual mendukung daya tarik iklan dan menarik banyak perhatian konsumen potensial. Bentuk kampanye ini bisa menggunakan foto menarik dari brand ambassador. Unsur iklan ini memang memerlukan biaya cukup besar. Selain itu, juga harus menemukan sosok yang cocok dijadikan brand ambassador. Tetapi semua itu sangat mendukung citra suatu produk atau layanan jika pilihannya sesuai.

7. Logo

Jangan lupakan unsur iklan berupa logo. Logo sebuah merek harus jelas, menjadi perwakilan sebuah merek yang khas. Fungsi dari logo ini agar audiens mengenali produk atau jasa secara cepat. Tidak jarang beberapa brand besar dikenal hanya lewat logonya.

Selain itu, logo akan membuat isi iklan menjadi lebih jelas. Apalagi jika memakai metode story telling, tanpa menampilkan produk. Logo perusahaan dapat disematkan sebagai penanda pengiklan. Logo yang bagus adalah yang merepresentasikan suatu merek. Selain itu, bentuknya harus orisinil, tanpa efek plagiat dengan brand lain. Warna dan jenis font juga berpengaruh terhadap tampilan suatu logo.

Baca juga: Bagaimana cara gunakan Facebook Ads untuk promosikan konten?

Iklan terbaik


Google bisa menjadi contoh iklan terbaik (Sumber: Pexels)

Salah satu contoh iklan terbaik datang dari Google. Raksasa teknologi ini meluncurkan iklan dengan tampilan superhero di mesin pencariannya pada 2019. Ada Iron Man, Avengers Endgame, dan berbagai superhero lain. Iklan berisi berbagai pahlawan ini direfleksikan ke dalam pahlawan sesungguhnya di dunia nyata, seperti pemadam kebakaran dan pekerja lainnya. Pahlawan super di iklan tersebut juga digambarkan berkunjung ke rumah sakit anak di Los Angeles.

Karakter dunia film yang direfleksikan ke kehidupan nyata dalam berbagai profesi ini memiliki tujuan khusus. Tujuannya agar mengarahkan orang-orang mencari pahlawan super baik itu informasi dan sejenisnya di mesin pencari Google.

Contoh lain iklan terbaik dilansir dari marketing91 adalah:

  • Iklan Burger King’s tahun 2019. Selain membawa beragam unsur iklan, Burger King's juga sukses membuat penonton terhibur.
  • Iklan Carlsberg yang menempatkan produk mereka sebagai pilihan teratas.
  • Ada juga iklan The Handmaid’s Tale Season 3 yang menampilkan tokoh politik.

Baca juga: 7 Medsos Pilihan Digital Marketer Untuk Memasarkan Produk Jualan

Ternyata iklan-iklan yang sering kita lihat, tidak lepas dari beberapa unsur iklan di atas. Selain tentang unsur iklan, temukan juga beragam informasi teknologi dan lainya di EKRUT Media. Informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • vye.agency.com
  • marketing91.com
  • wikipedia.org
  • ethiovisit.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    0-kata-kata-motivasi.jpg

    Lainnya

    25+ Kata-kata Motivasi untuk Penyemangat Diri Sendiri!

    Arin Khurota

    01 July 2022
    7 min read
    H1_10__Rekomendasi_Peralatan_Kantor_Beserta_Fungsinya_yang_Wajib_Kamu_Miliki.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Peralatan Kantor beserta Fungsinya yang Wajib Kamu Miliki

    Farah Reginda

    01 July 2022
    6 min read
    H1_user_experience_adalah.jpg

    Technology

    User Experience: Pengertian, Tujuan, dan 7 Aspek yang Penting dalam Membangunnya

    Alvina Vivian

    01 July 2022
    6 min read

    Video