Published on

Careers

8 Contoh Iklan Kolom di Media Cetak yang Cocok untuk Berbagai Iklan

Alvina Vivian

H1_contoh_iklan_kolom.jpg

Iklan tidak hanya bisa ditempatkan di website atau media sosial saja. Kamu juga bisa menggunakan iklan pada media cetak yang beragam, mulai billboard hingga surat kabar cetak atau koran. Beberapa bisnis akan cocok menggunakan iklan kolom pada koran untuk mengiklankan produknya. Jangan salah, ternyata masih banyak orang yang memperhatikan iklan kolom pada koran dan bisa mendatangkan konversi, lho! Iklan kolom ini berbeda dengan iklan baris yang juga tersedia di koran. Mau tahu apa bedanya? Yuk, simak penjelasan lengkap mengenai apa itu iklan kolom di media hingga contohnya berikut ini!

Apa itu iklan kolom ?


Iklan kolom adalah jenis iklan berbentuk kolom di koran (sumber: pexels)

Iklan kolom adalah jenis iklan yang tampil di surat kabar koran berbentuk seperti kolom. Setiap kolom berisikan iklan sebuah perusahaan dengan informasi terkait. Umumnya, iklan kolom ini dipilih sesuai dengan target pasar yang mana konsumen bisnis tersebut masih mencari informasi pada koran cetak. Tidak hanya koran, iklan kolom juga tersedia di berbagai media cetak lain seperti majalah, katalog, buletin, dan tabloid. 

Ukuran iklan kolom pada koran ini bisa beragam. Ada iklan kolom yang berukuran kecil berisikan teks informasi penting saja, ada juga yang berukuran besar yang biasanya dilengkapi dengan aset visual seperti gambar dan terkadang berwarna. Informasi yang disampaikan pada iklan kolom bisa sangat beragam, mulai campaign atau promo yang sedang berlaku, penawaran jasa, kabar lowongan pekerjaan, himbauan dari pemerintah, pengumuman kompetisi tulisan ucapan belasungkawa, atau pengumuman lain seperti ucapan selamat serta ucapan memperingati suatu hari besar. 

Baca juga: Iklan Display Adalah: Pengertian, Keuntungan, dan 5 Contoh Iklannya

Perbedaan iklan kolom dengan iklan baris 


Iklan kolom dan iklan baris merupakan dua hal berbeda (sumber: pexels)

Selain iklan kolom, ada pula iklan baris yang ditampilkan di surat kabar atau koran. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang perlu kamu ketahui sebelum menerbitkan iklan di koran.

Iklan baris Iklan kolom
Iklan baris hanya berupa rangkaian kata Iklan kolom berbentuk kolom dan dapat berisikan aset visual
Ukuran lebih kecil Memiliki ukuran lebih besar
Kebanyakan iklan baris hanya menggunakan warna hitam putih Iklan kolom bisa menampilkan aset berwarna
Biaya placement lebih murah Biaya placement dihitung dari ukuran kolom dan lebih mahal
Informasi yang disampaikan singkat dan jelas Informasi yang disampaikan bisa lebih detail dan menarik

Jika ditanya manakah yang paling bagus dan tepat? Jawabannya akan tergantung kepada perencanaan keuangan dan target pelangganmu. Jika kamu ingin menampilkan produk yang kamu jual, tentunya iklan kolom lebih direkomendasikan untukmu. Tetapi kalau kamu ingin mengiklankan sebuah jasa yang bisa dijelaskan dalam tulisan singkat saja, iklan baris bisa kamu pilih.

Baca juga: 10 Contoh Iklan TV Terbaik dari Indonesia dan Luar Negeri

8 Contoh iklan kolom di media cetak


Contoh iklan kolom sangat beragam (sumber: pexels)

Kini kamu sudah memahami pengertian hingga perbedaan iklan kolom dengan iklan baris yang ada di media cetak. Agar lebih memahaminya, cek contoh iklan kolom berbagai situasi berikut ini.

1. Iklan kolom layanan masyarakat


Iklan kolom layanan masyarakat (sumber: google)

Pemerintah atau lembaga instansi terkait cukup sering menggunakan iklan kolom di koran sebagai media untuk mengedukasi masyarakat mengenai program pemerintah yang sedang berjalan. Iklan yang ditampilkan pun bisa beragam, mulai mengenai imunisasi hingga informasi terbaru yang perlu dipahami masyarakat.

2. Iklan kolom lowongan kerja


Iklan kolom lowongan pekerjaan (sumber: google)

Informasi mengenai lowongan kerja tidak hanya bisa didapatkan di platform pencarian kerja saja. Iklan kolom juga bisa menampilkan lowongan pekerjaan yang sedang dibuka di daerah tersebut. Kebanyakan perusahaan yang menerbitkan lowongan pekerjaan tersebut berada di dekat kawasan di mana media tersebut dibagikan. Umumnya, informasi lowongan pekerjaan tersebut berisikan kualifikasi dan job position yang dicari.

3. Iklan kolom penawaran jasa


Iklan kolom penawaran jasa (sumber: google)

Iklan kolom juga bisa digunakan untuk menawarkan jasa yang kamu miliki. Misalkan saja jasa service peralatan elektronik, jasa perbaikan toilet, atau jasa lainnya. Berikan informasi singkat mengenai apa saja jasa yang kamu miliki dan informasi nomor telepon yang bisa dihubungi.

4. Iklan kolom menjual produk 


Iklan kolom menjual produk (sumber: google)

Iklan kolom lebih direkomendasikan untuk iklan yang menjual produk. Seperti contoh di atas, kamu bisa menambahkan gambar produk yang kamu jual dengan informasi lengkap mengenai kelebihan, fasilitas, dan jangan lupa untuk sertakan kontak agar calon pelanggan yang tertarik bisa menghubungimu.

5. Iklan kolom himbauan 


Iklan kolom himbauan (sumber: google)

Selain iklan layanan masyarakat, ada juga iklan kolom himbauan yang dibuat untuk memberitahu masyarakat mengenai suatu kebijakan. Tidak hanya itu, iklan himbauan ini juga digunakan untuk mengajak masyarakat agar hidup lebih bijak.

6. Iklan kolom berita duka


Iklan kolom berita duka (sumber: google)

Iklan kolom juga bisa digunakan untuk memberikan bentuk belasungkawa terhadap seseorang yang meninggal dunia. Kebanyakan iklan kolom ini berisikan informasi mengenai beliau yang berpulang dan doa agar keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

7. Iklan kolom memberikan selamat atas pencapaian seseorang


Iklan kolom ucapan selamat atas pencapaian seseorang (sumber: google)

Iklan kolom satu ini umumnya digunakan oleh individu atau suatu kelompok sebagai salah satu bentuk atas tercapainya kesuksesan seseorang. Biasanya akan berisi ucapan dan beberapa aset visual terkait instansi tersebut.

8. Iklan kolom pengumuman


Iklan kolom pengumuman (sumber: google)

Tidak hanya untuk memberi pengumuman seputar kompetisi atau acara yang ingin diselenggarakan, iklan kolom juga bisa digunakan untuk menerbitkan pengumuman mengenai berita kehilangan barang yang diedarkan seseorang. Informasi yang ditampilkan juga bisa mengikuti seperti contoh iklan kolom di atas. Dengan memberikan detail barang yang hilang dan kontak yang bisa dihubungi, kamu bisa menerbitkan iklan kolom ini di media cetak yang terbit di kawasan kamu. 

Baca juga: 17 Contoh Iklan Produk Terbaik yang Berasal dari Indonesia dan Luar Negeri

Itu tadi penjelasan mengenai pengertian hingga contoh iklan kolom yang perlu kamu kenali. Jika bisnis kamu memerlukan iklan pada surat kabar atau koran, coba pertimbangkan jenis iklan seperti apa yang ingin kamu gunakan. Kenali juga siapa target pasar kamu sebelum menempatkan iklan di surat kabar cetak.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu. 

Sumber:

  • loop.co.id
  • iklanpro.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read

    Video