Published on

jobs

5 Ide virtual event ini bisa kamu coba di masa pandemi

Nur Lella Junaedi

virtual-event-adalah-EKRUT.jpg

Apakah kamu sedang bingung menyelenggarakan virtual event di saat pandemi? Tak usah khawatir karena banyak perusahaan mulai beradaptasi dengan keadaan dan mereka sukses mengadakan acara secara online. 

Berikut ini akan dipaparkan 5 ide inspirasi virtual event yang bisa kamu coba. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini. 

Pengertian virtual event

virtual event adalah EKRUT 
Virtual event adalah acara yang dilaksanakan secara onlin - EKRUT

Virtual event adalah acara atau event yang yang dilaksanakan secara online. Bentuk dari virtual event ini bisa berupa ruang diskusi tanya jawab yang kecil hingga konferensi berskala besar dengan peserta ribuan orang.  

Dalam penyelenggaraannya virtual event ini tidak terbatas pada sekelumit perusahaan saja, melainkan juga bisa diadakan oleh perusahaan besar dan kecil, universitas hingga sektor publik. 

Baca juga: 6 Rekomendasi kursus online digital marketing yang bisa kamu ikuti

Keuntungan dan kerugian mengadakan virtual event

virtual event adalah EKRUT 
Keberadaan jaringan internet masih menjadi kendala saat menyelenggarakan virtual event - EKRUT

Namun, sebelum memutuskan untuk membuat virtual event, ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa dampak bila mengadakan acara ini secara online. Adapun keuntungan dan kerugian virtual event adalah

Keuntungan virtual event   

Berikut keuntungan mengadakan virtual event di antaranya: 

  • Menghilangkan resiko pembatalan menjadi peserta karena pandemi atau jarak yang jauh.
  • Menurunkan biaya acara karena penyelenggara tidak perlu menyewa tempat, menyediakan makanan, minuman, akomodasi dan sebagainya.
  • Menjangkau audiens yang lebih besar bahkan bisa lintas negara. 
  • Menyesuaikan pengalaman peserta dengan tujuan merek bisnismu. 
  • Dapat mengumpulkan data peserta yang memiliki prospek yang tinggi sesuai minat dan interaksi mereka. 
  • Perencanaan dan penyiapan virtual event lebih cepat untuk dilakukan.

Kerugian mengadakan virtual event 

Selain itu, virtual event juga memberi beberapa dampak yang harus diantisipasi mulai dari:

  • Terbatasnya jaringan internet dan interaksi antar peserta. Oleh karena itu, solusinya yaitu menjadwalkan pertemuan peserta satu persatu dengan pembicara yang tidak bisa mereka jangkau.
  • Rentang perhatian peserta virtual event itu sangat pendek karena mereka mudah bosan. Solusinya menyediakan sesi konten yang pendek sekitar 20 menit untuk tiap sesi. 
  • Tidak menciptakan aliran pendapatan yang signifikan bagi bisnis. Solusinya yakni menawarkan paket kepada sponsor untuk mengisi bagian pada virtual event tersebut.
  • Memiliki tingkat ketidakhadiran tinggi bila minat peserta akan acara itu hanya sedikit.

Ide virtual event di masa pandemi 

virtual event adalah EKRUT 
Toyota jadi salah satu perusahaan yang pernah melakukan virtual launch untuk produk mobil Agya terbaru - EKRUT

Sama halnya seperti acara offline pada umumnya, virtual event juga bisa berbentuk macam-macam. Berikut ini adalah 5 inspirasi ide virtual event yang bisa perusahaanmu aplikasikan. 

1. Virtual trade show 

Ide pertama virtual event adalah dengan mencoba membuat pameran dagang (virtual trade show atau virtual expos). 

Terdengar tidak mungkin, tapi apakah ini bisa dilakukan? Jawabannya adalah bisa.

Kamu bisa menggunakan dukungan 3D animasi yang dinamis untuk membuat situasi menyerupai pameran fisik dengan menambahkan fitur-fitur seperti chat langsung, webinar dan penyediaan belanja di tempat melalui platform e-commerce

2. Virtual launch 

Bila perusahaan kamu bingung menentukan waktu yang tepat untuk meluncurkan produk, mungkin ide virtual launch ini bisa dicoba. 

Beberapa perusahaan yang pernah mencoba virtual launch dan berhasil adalah BMW Indonesia yang meluncurkan produk The New 6 Gran Turismo melalui YouTube dan ditonton oleh lebih dari 1.3 juta penonton. 

Brand Toyota juga pernah membuat digital press conference melalui peluncuran Agya baru yang ditonton oleh lebih dari 14 ribu penonton di YouTube. 

3. Konser virtual

Tahukah kamu bahwa hampir 10 juta orang menyaksikan konser virtual yang diselenggarakan oleh Marshmello di dalam games Fortnite pada Februari 2019 lalu. Acara ini diprediksi menjadi acara dalam games terbesar yang pernah ada di dunia. 

Bahkan bila jumlah penonton dari platform lain digabungkan, seperti Twitch dan YouTube jumlahnya akan menjadi lebih besar lagi. Berbicara tentang konser, Narasi Tv juga pernah mengadakan konser amal virtual #dirumahaja saat pandemi melanda Maret lalu. 

Konsep dari konser ini memanfaatkan layanan streaming dimana acara dipandu langsung oleh Co- Founder Narasi Najwa Shihab. Atas inisiasi tersebut, konser ini mampu meraup donasi sebanyak Rp 10 miliar. 

4. Virtual tour 

Ide keempat yang bisa diwujudkan melalui virtual event adalah virtual tour. Salah satu contohnya pernah dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menggelar acara virtual tour bertajuk Ngabuburit Wisata Kopi pada bulan Mei lalu. 

Selain itu, tempat rekreasi lainnya seperti Taman Impian Jaya Ancol dan Museum Indonesia juga sempat membuka kesempatan virtual tour ini. 

Bahkan Museum Indonesia membuka kesempatan virtual tour hingga sekarang yang bisa diakses melalui situs resminya. 

Untuk merasakan pengalaman nyata mengelilingi museum, kamu hanya perlu menggunakan kacamata virtual reality dan gambar di dalamnya juga sudah mendukung tampilan 360 derajat. 

5. Webinar 

Tentunya yang tidak boleh dihilangkan dalam ide virtual event selanjutnya adalah acara webinar. Webinar merupakan sejenis acara seperti presentasi, ceramah atau workshop yang berlangsung secara online

Biasanya acara ini disiarkan secara langsung atau direkam. Untuk mengikuti acara ini, peserta hanya perlu mendaftar saja ke event tersebut untuk mendapatkan akses berdasarkan jadwal yang disepakati. 

Bila kamu penasaran bagaimana cara membuat Webinar yang sukses ikuti pembahasannya di sini. 

Baca juga: Tips ide marketing efektif agar tetap kreatif di tengah Covid-19

Bagaimana apakah kamu sudah mendapat gambar untuk mengadakan event virtual serupa? Acara-acara tersebut tentunya bisa menjadi alternatif yang layak untuk dicoba dan diaplikasikan sebagai bentuk adaptasi kita terhadap keadaan saat ini.

Namun, agar tetap menarik perlu dikemas secara kreatif juga.  

virtual event adalah EKRUT

Sumber: 

  • shiloh-events.com
  • vfairs.com 
  • theverge.com

Tags

Share