Technology

Pengertian Visual Branding beserta Manfaat dan Strateginya yang Menarik

Published on
Min read
6 min read
time-icon
H1_visual_branding.jpg

Visual branding adalah tampilan dari sebuah brand yang memiliki makna visual tertentu serta menjadi pembeda dengan brand lain. Dalam hal ini, visual branding sangat bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness. Untuk lebih lengkapnya, ketahui pengertian visual branding beserta manfaat dan strateginya yang menarik di artikel ini.

Apa itu visual branding?


Visual branding adalah tampilan dari sebuah brand. (sumber: pexels)

Visual branding merupakan tampilan dari sebuah brand yang memiliki makna visual tertentu serta menjadi pembeda dengan brand lain. Tampilan visual tersebut mencakup identitas brand, logo, kemasan, dan lain-lain. Setiap bisnis wajib memiliki visual branding yang berguna untuk mempermudah konsumen dalam mengenali sebuah produk. Dalam hal ini, visual branding sangat bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness.

Penyusunan visual branding yang tepat akan membantu meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas sebuah brand. Ketika kepercayaan konsumen meningkat, maka penjualan juga akan meningkat. Namun, pengaruh dari visual branding tidak bisa dilihat dalam jangka waktu pendek karena diperlukan berbagai penyesuaian terhadap kondisi yang terjadi di lapangan.

Baca juga: Brand personality: Pengertian, Peran, 3 Cara Menentukan, dan Contohnya

Manfaat visual branding


Visual branding bermanfaat untuk dikenali konsumen. (sumber: pexels)

Brand yang memiliki visual branding akan mudah dikenal oleh konsumen. Hal ini tentunya akan membawa dampak besar dalam meningkatkan penjualan. Adapun manfaat visual branding seperti di bawah ini.

1. Meningkatkan brand awareness

Bila kamu ingin brand-mu dikenal, salah satu caranya adalah dengan membuat visual branding. Ketika visual branding telah dikenali banyak orang, tentu akan memudahkanmu dalam melakukan promosi dan memperluas jangkauan konsumen. Buatlah visual branding yang unik untuk meningkatkan brand awareness agar brand-mu diingat konsumen.

2. Meningkatkan omset

Visual branding akan terasa manfaatnya dalam jangka waktu yang panjang, terutama dalam meningkatkan omset. Bahkan sangat mungkin apabila kedepannya brand milikmu menjadi salah satu yang paling dicari di kalangan konsumen tertentu.

3. Menambah value

Sebuah brand dengan ide yang unik, kualitas yang baik, pelayanan memuaskan, dan visual branding yang tepat akan memberikan nilai tambah pada brand-mu. Dari sisi visual branding, kamu dapat mendesain sebuah kemasan yang menarik dengan tambahan kartu ucapan terima kasih karena telah membeli produkmu. Hal ini akan membuat konsumen makin merasa bahwa brand-mu sangat memperhatikan kepuasan konsumen.

4. Meningkatkan kepercayaan

Visual branding dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen karena produkmu mampu menjawab kebutuhan mereka. Dalam hal ini, konsumen akan menilai bahwa brand-mu berkualitas. Mengoptimalkan visual branding dalam jangka waktu yang panjang akan membuka peluang besar, salah satunya brand-mu akan naik level menjadi brand unggulan.

5. Mampu bertahan dalam persaingan

Saat menjalankan sebuah bisnis, tentunya bisnis tersebut ingin bertahan dalam waktu yang sangat lama. Selain memperhatikan strategi bisnis, visual branding menjadi aspek penting yang tak luput untuk diperhatikan. Pasalnya, makin lama akan makin banyak pesaing baru yang berada di industri serupa. Oleh sebab itu, kamu perlu memperhatikan visual branding secara matang.

Baca juga: Panduan Membuat Brand Persona Beserta 3 Contoh Sebagai Referensinya

Strategi visual branding yang menarik


Penting untuk menyusun strategi dalam visual branding. (sumber: pexels)

Visual branding adalah tampilan utama brand-mu. Karena itu, buatlah sebaik mungkin. Membuat brand yang unik, kreatif, dan menarik memang bukan hal yang mudah, namun bukan berarti tidak mungkin. Untuk itu, berikut ini adalah penjelasan strategi visual branding yang menarik.

1. Unik

Sebuah brand harus memiliki sesuatu yang berbeda dengan kompetitor pada industri yang serupa. Artinya, brand-mu wajib memiliki keunikan, ciri khas, dan keistimewaan. Ketiga hal itulah yang akan menjadi daya tarik dan keunggulan brand-mu.

2. Inovasi

Apabila idemu memiliki kesamaan dengan kompetitor, setidaknya visual branding yang ditampilkan berbeda. Kamu perlu mengeksplorasi berbagai komponen visual branding untuk menemukan titik autentik dari brand-mu. Selalu berinovasi merupakan hal yang perlu dimiliki oleh setiap orang yang ingin memulai sebuah brand. Kemudian, pengelolaan brand yang tepat diperlukan untuk mengatur dan mengontrol setiap perubahan yang terjadi, salah satunya pada visual branding. Sebuah brand harus mengikuti perubahan dan perkembangan zaman agar relevan dengan setiap kebutuhan konsumen. Nah, di situlah pentingnya untuk selalu inovatif.

3. Konsisten

Sangat penting bagi brand untuk selalu konsisten dengan identitas brand tersebut untuk membangun citra dan awareness. Hal ini untuk menjaga agar segala hal yang berkaitan dengan brand-mu selalu diingat oleh konsumen sehingga konsumen percaya dan melihat nilai-nilai yang brand-mu berikan.

4. Evaluasi

Setelah melalui tahapan pembuatan visual branding, lakukan evaluasi pada keseluruhan aspek brand-mu. Evaluasi ini meliputi pencapaian dari keuntungan brand yang dihasilkan, target pasar, dan survei konsumen mengenai brand milikmu. Melakukan evaluasi akan membantu pemilik melakukan berbagai penyesuaian terhadap kondisi terkini.

5. Kolaborasi

Di era kolaboratif ini, melakukan kolaborasi dalam membuat visual branding merupakan hal yang sangat berguna. Kamu dapat berkolaborasi dengan konsumen untuk menentukan tampilan logo yang mereka sukai. Caranya dengan melakukan mini riset untuk mengambil beberapa sampel. Hal ini dilakukan agar keseluruhan brand-mu mudah diterima karena sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Baca juga: Brand guideline: Pengertian, manfaat, elemen, dan 4 cara membuatnya

Itulah pengertian visual branding beserta manfaat dan strateginya yang menarik. Visual branding merupakan aspek penting sebagai citra dari sebuah brand. Oleh karena itu, pembuatan visual branding harus direncanakan dengan matang agar mampu menggambarkan brand-mu dengan tepat. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untukmu, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • toffeedev.com
  • 99designs.com
  • aventivestudio.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    optimasi_instagram_ads.jpg

    Expert's Corner

    Optimasi Instagram Ads: 4 Metrik Utama untuk Mengukur Performa Campaign

    Nelson Simbolon

    07 December 2022
    5 min read
    manajemen-pemasaran-adalah---EKRUT.jpg

    Expert's Corner

    Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Tugas, dan Strateginya

    Maria Tri Handayani

    06 December 2022
    8 min read
    H1_tiktok_affiliate.jpg

    Technology

    Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

    Alvina Vivian

    05 December 2022
    6 min read

    Video