Published on

Expert's Corner

Vlogger Adalah: Tujuan, Jenis, Tips Memulainya, dan 5 Referensi Vlogger yang Inspiratif

Chrissila Jessica

pexels-fox-1615824.jpg

Profesi vlogger bukan lagi menjadi hal asing di era digital ini. Sejak era kejayaan YouTube beberapa tahun ke belakang, sudah banyak orang yang banting setir untuk menjadi seorang vlogger. Seiring berjalannya waktu, profesi sebagai vlogger pun makin banyak diminati di berbagai platform. Sebenarnya, apa saja yang perlu dimiliki oleh seorang vlogger? Simak pembahasannya berikut ini!

Apa itu vlogger?


Vlogger adalah seseorang yang berprofesi sebagai pembuat video blog. (sumber: pexels)

Vlogger adalah sebuah singkatan dari video dan blog, imbuhan -er disematkan untuk menandakan adanya pelaku yang melakukan kegiatan tersebut. Sama halnya dengan seorang blogger yang meng-update tulisan di platform mereka, seorang vlogger juga melakukan hal yang sama, akan tetapi konten yang mereka buat adalah video.

Fenomena vlogger dimulai di tahun 2005-2006 saat YouTube mulai menjadi salah satu platform video yang mudah diakses dan gratis. Pada tahun 2006-2008, seorang pengguna YouTube bernama LonelyGirl15 rajin membagikan cerita hidupnya setiap hari melalui vlog. Video-video yang terlihat “no effort” ini menginspirasi banyak orang untuk membuat vlog juga yang berisi kehidupan sehari-hari. Sejak saat itu, vlogging menjadi sebuah kegiatan yang digandrungi bahkan dijadikan sebuah profesi yang disebut sebagai vlogger.

Seiring berjalannya waktu, vlogger memiliki pasar di seluruh dunia. Isi dari video yang dibuat oleh vlogger juga semakin beragam dan kreatif. Persaingan antara vlogger juga semakin ketat sehingga kegiatan vlogging bukan lagi sekadar hobi, melainkan pekerjaan utama. Penyebutan vlogger juga semakin lama semakin bergeser karena semakin banyak genre video yang beredar. Saat ini, lebih dikenal dengan sebutan creator.

Baca juga: Apa itu rate card dalam dunia influencer? Kenali penjelasan lengkapnya di sini!

Tujuan vlogger


Salah satu tujuan dalam membuat vlog adalah mendapatkan adsense. (sumber: pexels)

Selain untuk mengisi waktu luang, ada beberapa tujuan lain yang ingin didapatkan oleh seorang vlogger sebagai berikut.

1. Adsense

Tidak bisa dipungkiri bahwa adsense dari YouTube masih diincar oleh para vlogger. Maka dari itu, setiap vlogger ingin memberikan kualitas terbaik dari video yang dibuatnya. Semakin besar views yang dimiliki sebuah akun, maka semakin tinggi juga adsense yang didapatkan. Bisa dikatakan adsense merupakan sumber penghasilan dari seorang vlogger.

2. Popularitas

Jumlah penonton dan followers yang semakin banyak akan berbanding lurus dengan popularitas seseorang. Semakin terkenal seorang vlogger, semakin banyak keuntungan yang bisa mereka dapatkan, salah satunya adalah bekerja sama dengan sederet brand ternama.

3. Membuka kesempatan karier lebih luas

Dengan membangun karier di dunia internet, kesempatan karier dalam dunia pekerjaan akan semakin luas, khususnya bagi para vlogger. Lizzie Parra yang pernah menjadi seorang beauty vlogger, kini beralih profesi menjadi seorang entrepreneur dan fokus dalam perkembangan brand kosmetik yang ia bangun, yaitu BLP.

Baca juga: 14 Cara menambah viewer YouTube dengan mudah 2022

Jenis vlogger


Mayoritas vlog yang diupload di YouTube berisi kegiatan sehari-hari. (sumber: pexels)

Vlogger adalah seseorang yang dituntut untuk selalu kreatif. Seorang vlogger juga tidak dibatasi dalam membuat genre video. Namun, biasanya seorang vlogger akan konsisten dalam memilih genre atau jenis video yang mereka buat. Di antaranya adalah:

  • Animasi
  • Konspirasi
  • ASMR
  • DIY
  • Fashion
  • Make up
  • Travel
  • Komedi
  • Kesehatan
  • Masak
  • Gaming
  • Teknologi

Baca juga: Mengenal apa itu Instagram Reels dan tips optimasi yang efektif 2022

Tips menjadi vlogger


Konsisten adalah salah satu kunci menjadi seorang vlogger. (sumber: pexels)

Apakah kamu ingin memulai menjadi seorang vlogger? Dilansir dari Vlogging Pro, ada beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan antara lain:

1. Pasang target

Salah satu untuk memulai menjadi seorang vlogger adalah memasang target. Kamu harus tahu apa tujuan kamu dalam membuat video agar video yang kamu buat lebih terarah. Kamu bisa memasang target kecil terlebih dahulu dan pelan-pelan membuat target yang jauh lebih besar. Misalnya, kamu ingin mendapatkan 10.000 views dalam 2 bulan, mendapatkan sponsorship dari brand tertentu, sampai diundang ke sebuah acara besar.

2. Temukan passion

Banyak vlogger yang membuat video berdasarkan apa yang sedang tren saat ini. Walaupun itu tidak sepenuhnya salah, namun ada baiknya jika kamu menemukan terlebih dahulu apa yang kamu suka. Hal ini bertujuan agar viewers kamu terbentuk dan nantinya kamu akan lebih mudah dalam membuat video.

3. Konsisten

Salah satu kunci keberhasilan dalam menjadi seorang vlogger sukses adalah konsisten. Pasang target berapa banyak video yang ingin kamu upload setiap hari atau setiap minggunya. Usahakan jadwal posting selalu teratur agar followers dan viewers tahu kapan kamu akan upload video terbaru.

Baca juga: Influencer marketing: Pengertian, jenis, dan 6 tren sepanjang 2022

Referensi vlogger inspiratif


Selain untuk hiburan, banyak juga vlog yang digunakan untuk belajar hal baru. (sumber: pexels)

Walaupun platform video sudah bergeser ke durasi yang lebih singkat seperti TikTok dan Instagram, ternyata pengguna YouTube di Indonesia masih banyak. Di bawah ini ada beberapa vlogger inspiratif yang bisa kamu tonton, di antaranya:

1. Jerome Polin - Nihongo Mantappu

Siapa yang tidak kenal Jerome Polin? Seorang mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Jepang ini memiliki konten-konten seru di Jepang serta beberapa konten edukasi. Konten bersama teman-teman kuliahnya, Waseda Boys, masih memiliki views yang tinggi.

2. Nessie Judge

Konten Nessie Judge memiliki genre yang lebih spesifik, yaitu konspirasi dan misteri. Nessie Judge memiliki penyampaian cerita yang baik dan seru. Tak heran ia memiliki 8 juta subscribers karena kontennya yang menarik.

3. Felicia Putri Tjiasaka

Video yang dibuat oleh Felicia memiliki niche tersendiri, yaitu investasi. Dari konten-kontennya, penonton bisa belajar secara lengkap mengenai investasi dengan penjelasan yang sangat mudah dimengerti oleh para pemula.

4. Amanda Farliany

Belajar hal-hal baru bisa dari mana saja termasuk dari vlog Amanda Farliany. Konten yang dibuat Amanda merupakan konten edukasi untuk belajar bahasa isyarat.

5. Tasya Farasya

Dalam dunia beauty vlogger, nama Tasya Farasya pasti sudah tidak asing lagi. Dengan parasnya yang cantik dan skill-nya yang mumpuni dalam make up, Tasya Farasya memiliki 4 juta subscribers di channel-nya. Tak hanya video seputar make up, Tasya juga seringkali membuat vlog mengenai keseharian dirinya.

Baca juga: Ukuran story Instagram 2022 yang tepat untuk meningkatkan performa

Itulah pembahasan mengenai vlogger dan tips untuk memulainya.

Bagi kamu yang bermimpi untuk dapat berkarier di startup ternama, yuk, sign up EKRUT sekarang! Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT bisa kamu dapatkan secara gratis. Selain artikel-artikel di EKRUT Media, kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar pekerjaan, career insight, serta tips bermanfaat seputar dunia kerja melalui YouTube Official EKRUT.

Sumber: 

  • makeuseof.com
  • mediakix.com
  • monetisasivideo.blogspot.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_user_experience_adalah.jpg

    Technology

    User Experience: Pengertian, Tujuan, dan 7 Aspek yang Penting dalam Membangunnya

    Alvina Vivian

    01 July 2022
    6 min read
    H1_1._Impression_Definisi__Jenis_dan_8_Tips_Untuk_Meningkatkan_Impression.jpg

    Technology

    Impression: Definisi, Jenis, dan 8 Tips untuk Meningkatkan Impression

    Anisa Sekarningrum

    30 June 2022
    5 min read
    H1-Branch_Manager__Pengertian__Tanggung_Jawab__Skill_set_Hingga_Gaji_2022.jpg

    Careers

    Branch Manager: Pengertian, Tanggung Jawab, Skill-set, hingga Gaji 2022

    Lita Lia

    30 June 2022
    5 min read

    Video