Published on

Technology

12 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik

Arin Khurota

aplikasi-belajar-bahasa-inggris-EKRUT.jpg

Aplikasi belajar bahasa Inggris menjadi semakin populer dengan banyaknya orang yang mau belajar bahasa tersebut. Apalagi di kalangan profesional bahasa ini menjadi sebuah skill yang dibutuhkan. Namun, seiring berkembangnya teknologi kini belajar bahasa Inggris menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan melalui gadget. Bila kamu juga demikian, berikut beberapa rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris yang patut kamu pertimbangkan.

Baca juga: 10+ Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik dan Praktis Digunakan di Tahun 2022

1. Duolingo (Tersedia di Android, iOS)

aplikasi belajar bahasa inggris EKRUT
Duolingo jadi aplikasi belajar bahasa Inggris populer yang telah diunduh oleh 200 juta pengguna - Duolingo

Duolingo menjadi salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris terpopuler bagi pemula saat ini. Pasalnya Duolingo telah diunduh oleh lebih dari 200 juta pengguna dan memiliki sekitar 30 bahasa penerjemah. Uniknya kamu tidak akan merasa bosan belajar bahasa asing lewat aplikasi ini, sebab Duolingo didesain menyerupai tampilan game yang bisa disesuaikan dengan aktivitas dan gaya belajarmu.

Dengan belajar melalui Duolingo, kamu akan belajar tentang kosa kata, frasa, tata bahasa, ejaan sampai percakapan dalam bentuk bahasa Inggris. Kelebihan lain Duolingo, yaitu memberikan laporan harian tentang peningkatan belajarmu serta materi yang dapat disimpan secara offline.

2. LingoDeer (Tersedia di Android dan iOS)

aplikasi belajar bahasa inggris EKRUT
Lingodeer menjadi aplikasi bahasa Inggris yang interaktif untuk belajar - LingoDeer

LingoDeer menjadi aplikasi pembelajaran bahasa asing yang interaktif dan memungkinkan kamu untuk berinteraksi secara kontekstual dan terstruktur. Dengan begitu, pengguna bisa mengikuti pembelajaran sesuai kecepatan dan kemampuannya. Hal yang ditekankan dalam aplikasi LingoDeer adalah pembelajaran tentang membaca, mendengar dan menulis kosa kata yang ditanyakan.

Desain intuitif dalam aplikasi ini menawarkan banyak tema pilihan sehari-hari mulai dari tema hewan peliharaan, traveling, keluarga, kalimat tanya umum, kalimat tanya khusus dan sebagainya. Semua tema ini disajikan tidak lain agar pengguna terbiasa dulu dengan percakapan sehari-hari ketimbang mempelajari kosakata yang sulit terlebih dahulu. 

3. Speak English Conversation (Tersedia di Android dan iPad)

aplikasi belajar bahasa inggris EKRUT
Dengan belajar melalui Speak English Conversation kamu bisa lebih banyak belajar berbicara bahasa Inggris - Speak English Conversation

Apa kamu sedang mencari aplikasi untuk membantu meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris? Jika begitu, maka aplikasi Speak English Conversation ini patut dicoba. Melalui aplikasi ini nantinya kamu bisa mendengarkan percakapan bahasa Inggris, menjawab pertanyaan yang berasal dari percakapan dan merekam suaramu untuk melakukan percakapan bersama yang disediakan aplikasi.

4. LingQ (Tersedia di Android)

aplikasi belajar bahasa inggris EKRUT
Selain bisa belajar bahasa Inggris, di LingQ kamu juga bisa belajar 27 bahasa lainnya - LingQ

Aplikasi belajar bahasa Inggris lainnya yang bisa kamu coba adalah LingQ. Saat belajar melalui aplikasi ini, kamu bisa memilih tingkatan kemampuan bahasa Inggrismu, apakah berada di level basic, intermediate, atau advance. Nantinya setelah memilih level tersebut, kamu akan diarahkan untuk memilih beberapa tema. Uniknya, LingQ ini adalah aplikasi yang menitik beratkan pada pelajaran listening.

Kamu akan belajar percakapan baru berdasarkan pada rekaman cerita yang disediakan lalu menjawab beberapa pertanyaan yang ada dalam rekaman tersebut. Kelebihan lainnya dari LingQ, yakni tidak terpatok untuk belajar bahasa Inggris saja, melainkan juga bisa belajar 27 bahasa lainnya seperti bahasa Mandarin, Jepang, Perancis, Arab, dan lain-lain.

Baca juga: 5 Contoh pertanyaan interview bahasa Inggris yang harus kamu ketahui

5. Busuu (Tersedia di Android dan iOS)

aplikasi belajar bahasa inggris EKRUT
Busuu dirancang oleh para ahli bahasa dengan menggunakan kecanggihan AI - Busuu

Selain empat aplikasi di atas, Bussu juga menjadi pilihan rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris lainnya. Dirancang oleh ahli bahasa, Busuu menggabungkan antara interaksi manusia dan pengajar yang didukung dengan menggunakan kecanggihan AI. Aplikasi ini telah dipakai oleh 90 juta pengguna dengan pengalihan bahasa ke dalam 12 bahasa. Adapun pelajaran Bussu mencakup kepada pembelajaran berbicara, menulis, membaca, dan mengeja. Pembelajaran itu akan dimasukkan untuk menambah pengetahuan tentang tata bahasa, frasa, dan percakapan dalam bahasa Inggris.

Busuu juga menyertakan sedikit pelatihan aksen bahasa Inggris dan menjadi pembelajaran bahasa Inggris offline yang bagus kamu pelajari saat tidak ada jaringan internet. Lewat Busuu kamu juga bisa melihat kemajuan pembelajaran secara visual dengan persentase skor di tiap tugas yang selesai kamu kerjakan. Selain itu, Busuu juga memberikan laporan Mingguan tentang apa yang sudah kamu capai selama sepekan.

6. Hello English (Tersedia di Android dan iOS)

aplikasi belajar bahasa inggris EKRUT
Hello English menyediakan 475 pelajaran dengan 10 ribu kosa kata - Hello English

Hello English juga termasuk aplikasi populer belajar bahasa Inggris. Aplikasi ini mendukung pembelajaran offline yang menyediakan sekitar 475 pelajaran dengan 10.000 kosa kata. Melalui Hello English, belajar menjadi lebih menyenangkan karena bahan-bahan pembelajaran berasal dari artikel berita, ebook, video, dan audio. Menariknya, lewat aplikasi ini juga kamu tidak hanya belajar bahasa Inggris semata, melainkan bisa mempelajari 22 bahasa lain yang disediakan.

7. ELSA Speak (Tersedia untuk iOS dan Android)


ELSA memberikan lesson berbasis AI - ELSA Speak

ELSA Speak adalah aplikasi belajar bahasa Inggris yang cocok untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan pronunciation. Aplikasi ini tersedia secara gratis, juga beberapa fitur dapat diakses melalui akun premium. Aplikasi ELSA dikembangkan dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang akan memberikan feedback. Kamu dapat belajar mengucap pelafalan dalam bahasa Inggris, kemudian AI akan memberikan penilaian mengenai seberapa akurat pelafalanmu.

Teknologi AI dalam aplikasi ini akan menganalisis rekaman suaramu berdasarkan pronunciation, intonasi, dan juga kefasihan pengucapan. ELSA akan memberikan sesi mini-training setiap harinya untuk membantumu lebih ahli dalam berbicara bahasa Inggris.

8. FluentU (Tersedia untuk iOS dan Android)


FluentU menyajikan berbagai video menarik dalam bahasa Inggris - FluentU

Jika kamu menyukai cara belajar menggunakan video, maka aplikasi FluentU sangat cocok untukmu. FluentU menyajikan berbagai video dan lagu yang diakses secara online disertai dengan subtitle untuk lebih mudah memahaminya jika dibutuhkan. Aplikasi ini memiliki berbagai video menarik, seperti laporan berita, adegan film, dan wawancara, yang disajikan dalam bahasa Inggris. Tujuannya supaya pengguna dapat lebih mudah menyesuaikan dengan materi pembelajaran.

Setiap satu klip video memiliki subtitle interaktif. Saat kamu tidak yakin arti sebuah kata, kamu dapat mengarahkan kursor ke subtitle, kemudian kamu dapat melihat penjelasannya. Aplikasi ini juga memberikan contoh video untuk setiap kata sehingga kamu dapat mempelajari kosakata dalam konteks. Fitur menarik lainnya adalah subtitle dua bahasa dalam bahasa Inggris dan bahasa lain. Subtitle ditulis oleh pakar bahasa alih-alih dibuat secara otomatis, sehingga terjemahan tersebut benar-benar dapat dipercaya.

Baca juga: 10 Tips Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Mudah untuk Pemula

9. Memrise (Tersedia untuk iOS dan Android)


Memrise dirancang dengan pembelajaran yang dapat disesuaikan - Memrise

Memrise membuat belajar bahasa Inggris menjadi lebih mudah, terutama dalam mempelajari kosakata baru. Pembelajaran dalam aplikasi ini dirancang layaknya sebuah permainan, flashcard, dan beberapa sampel video dengan penekanan bahasa Inggris asli.

Aplikasi ini dapat diakses secara gratis melalui website, iOS, maupun Android. Fokus utama Memrise adalah kosakata bahasa Inggris sehingga aplikasi dibuat secara kreatif dan fiturnya dibuat lebih menyenangkan untuk membantumu mengingat masing-masing maksud kata.

Menariknya, kursus Memrise dirancang oleh pengguna sendiri sehingga dapat disesuaikan. Dengan demikian, kamu dapat melihat bagaimana pengguna lain mengambil kata-kata yang sama dengan yang kamu pelajari. Ada lebih dari tiga belas halaman kursus yang tersedia di aplikasi ini, dari yang mudah seperti "English Irregular Verbs" hingga yang lebih sulit seperti "A Tale of Two Cities" oleh Charles Dickens.

Banyak pembelajar masih merasa kesulitan untuk mempelajari bahasa dan kosakata bahasa Inggris. Akan tetapi, dengan Memrise, kamu akan menemukan cara yang menyenangkan dan mudah untuk mengingat kata-kata bahasa Inggris yang mungkin tampak asing.

10. BBC Learning English (Tersedia untuk iOS dan Android)


BBC Learning English up-to-date sebagai materi belajar - BBC Learning English

BBC Learning English adalah aplikasi yang dikembangkan oleh BBC untuk belajar bahasa Inggris secara praktis. Aplikasi ini secara regular memberikan konten berupa podcast maupun video untuk belajar bahasa Inggris tingkat menengah (intermediate). BBC Learning English merupakan aplikasi berbasis website yang berisi materi berita up-to-date dalam bahasa Inggris. Jika kamu menyukai video pendek, maka lesson berupa gaya podcast dapat menjadi pilihanmu.

BBC Learning English menampilkan berbagai program yang dapat kamu ikuti dan sebagai “kurikulum”, dimana setiap episode video dapat berdiri sendiri. Misalnya, kamu dapat memilih menonton video singkat yang membahas frasa bahasa Inggris sehari-hari atau berfokus pada bahasa Inggris bisnis. Ada juga program untuk berita, drama, dan cerita serial.

11. IELTS Prep (Tersedia untuk iOS dan Android)


IELTS Prep dikembangkan oleh British Council - IELTS Prep

Jika kamu ingin fokus belajar IELTS, maka aplikasi satu ini dapat menjadi pilihanmu. IELTS Prep tersedia secara gratis, tetapi beberapa tes praktik dapat berbayar. Aplikasi ini akan membantumu lebih siap dalam menghadapi ujian IELTS dengan tips detail mengenai ujian tersebut. IELTS Prep dikembangkan langsung oleh the British Council, salah satu penyusun ujian IELTS. Oleh karena itu, isi materi sangat relevan dengan ujian yang sesungguhnya, termasuk section writing, speaking, reading, dan listening.

Speaking section menyajikan video interview dengan penguji, sementara itu writing section memberikan model jawaban sehingga kamu dapat memberikan gagasan yang diharapkan penguji. Selain simulasi ujian, IELTS Prep juga memiliki kamus grammar sebagai referensi, seperti conjunctions, relative clauses, dan verb tenses.

12. Mondly (Tersedia untuk Android dan iOS)


Mondly telah digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna untuk 40+ bahasa - Mondly

Mondly termasuk salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang berfokus pada frasa percakapan untuk situasi sehari-hari. Aplikasi ini juga mencakup tes latihan bahasa Inggris secara ekstensif, serta fitur augmented reality (AR). Mondly adalah aplikasi yang cukup terkenal dengan lebih dari 100 juta pengguna untuk 40+ bahasa. Dalam hal bahasa Inggris, Mondly sangat direkomendasikan, terutama frasa percakapan yang dapat kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Aplikasi ini memiliki tampilan futuristik, dengan peta dunia yang dapat kamu gulir untuk memilih bahasa. Pelajaran bahasa dikategorikan berdasarkan tema, seperti perjalanan, transportasi umum, tata bahasa, dan hewan peliharaan. Jika kamu tidak memiliki topik tertentu untuk dipelajari, maka kamu juga dapat mengikuti pelajaran harian khusus.

Di sisi teknologi, aplikasi ini sebenarnya memiliki fungsionalitas AR (augmented reality). Kamu dapat menyalakan kamera dan perhatikan 3D teacher yang dihasilkan dalam ponsel, dengan latar belakang sekitarmu. Mondly juga memiliki tes latihan bahasa Inggris yang ekstensif dalam kemitraan dengan Oxford University Press.

Baca juga: 10 Rekomendasi Channel YouTube Belajar Bahasa Inggris yang Asyik dan Seru

Nah, itulah rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa mulai kamu unduh. Dari sana, kamu bisa belajar bahasa Inggris secara pelan-pelan namun konsisten disesuaikan dengan kesibukanmu. Dengan belajar bahasa Inggris lewat aplikasi di atas, tentunya bisa menambah pengetahuan atau kosa katamu dalam bahasa Inggris. Apalagi saat ini bahasa Inggris dalam bidang profesional sangat dibutuhkan terutama bagi mereka yang bekerja di perusahaan multinasional. Jadi, aplikasi mana kira-kira yang akan kamu pilih?

Nah, bagi kamu yang memiliki mimpi untuk dapat berkarier di startup ternama, yuk, sign up EKRUT sekarang! Jangan khawatir, karena semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT bisa kamu dapatkan secara gratis.


Sumber:

  • andoridauthority.com
  • educationalappstore.com
  • alllanguageresources.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Mengenal_Web_Server.jpg

    Technology

    Mengenal Web Server: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Jenisnya

    Natasya Primatyassari

    30 September 2022
    6 min read
    H1_website_jurnal.jpg

    Lainnya

    10+ Rekomendasi Website Jurnal Gratis 2022

    Nurina Ulfah

    30 September 2022
    5 min read
    0-creative-thinking.jpg

    Careers

    7 Cara Meningkatkan Creative Thinking dan Pentingnya dalam Dunia Kerja

    Arin Khurota

    30 September 2022
    6 min read

    Video