Lainnya

10+ Rekomendasi Website Jurnal Gratis 2022

Published on
Min read
5 min read
time-icon
H1_website_jurnal.jpg

Sebagai peserta didik, mencari jurnal ilmiah atau jurnal akademik sudah seperti makanan sehari-hari. Jurnal ilmiah biasanya digunakan sebagai sarana komunikasi akademik antar ilmuwan, diseminasi hasil penelitian, pengembangan budaya akademik, sebagai bentuk pertukaran informasi untuk menghasilkan ide baru dalam bidang pengetahuan dan teknologi. Selain itu, jurnal ilmiah juga digunakan sebagai dasar referensi penyusunan tugas akhir atau skripsi, tesis, disertasi, hingga artikel ilmiah. Itulah mengapa jurnal memiliki keterkaitan yang erat dengan peserta didik.

Nah, berikut ini rekomendasi website jurnal gratis terbaik di tahun 2022, yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari jurnal nasional maupun internasional.

Baca juga: 6 macam-macam metode analisis data yang penting & perlu diketahui

10+ Rekomendasi website jurnal gratis


rekomendasi website jurnal gratis. (sumber: pexels)

Jurnal nasional maupun jurnal internasional tentu sangat bermanfaat bagi para penulis. Berikut ini adalah rekomendasi website jurnal gratis yang bisa kamu coba.

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)

Perpusnas menyediakan situs e-resources atau perpustakaan digital, yang hadir dengan referensi lengkap meliputi e-book, jurnal, serta karya ilmiah lainnya. Seluruh referensi tersebut bisa kamu akses jika sudah menjadi anggota Perpusnas dan memiliki nomor anggota.

Menariknya, Perpusnas juga berlangganan ke beberapa penyedia referensi nasional dan internasional ternama seperti Balai Pustaka, ProQuest, Cambridge University Press, ScienceDirect, dan Princeton University Press—seluruh koleksi tersebut juga bisa diakses apabila telah menjadi member Perpusnas.

2. ResearchGate

ResearchGate digunakan sebagai social networking bagi para peneliti dan ilmuwan untuk mempublikasikan dan mengakses jutaan karya ilmiah, termasuk jurnal. Uniknya, sebagaimana platform social networking pada umumnya, ResearchGate juga memiliki fitur-fitur menarik.

ResearchGate memungkinkan kamu terkoneksi dengan pengguna lain yang mempunyai fokus bidang yang sama, atau menulis pertanyaan, dan mendiskusikan suatu isu dengan mereka.

3. JSTOR

Journal Storage atau disebut dengan JSTOR merupakan website jurnal terpercaya yang menawarkan 12 juta jurnal, buku, serta banyak referensi lainnya dari berbagai negara. Seluruh koleksi tersebut mencakup 75 bidang ilmu, di antaranya seperti kajian Eropa, agama, kajian film, hubungan internasional, arkeologi, dan musik.

Yang paling menarik, jurnal-jurnal yang dipublikasikan di JSTOR telah melewati proses review yang ketat dan harus memenuhi kriteria tertentu. Jadi, kamu tak perlu meragukan kualitas referensi yang akan kamu dapatkan dari website ini.

4. Indonesian Scientific Journal Database

Website jurnal milik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yaitu Indonesian Scientific Journal Database (ISJD). ISJD menawarkan lebih dari 15 ribu jurnal dan sekitar 400 artikel, seluruhnya diterbitkan oleh beberapa perguruan tinggi dan lembaga penelitian.

Untuk memudahkanmu menemukan jurnal yang diinginkan, ISJD memiliki fitur pencarian berdasarkan nama jurnal, judul artikel, nama pengarang, bidang/topik, penerbit, hingga tahun penerbitan.

5. Google Scholar

Kamu tentunya sudah sering menggunakan situs Google, kan? Nah, Google Scholar juga mempunyai cara kerja dan fungsi yang sama dengan mesin pencarian tersebut. Bedanya, hasil pencarian di Google Scholar nantinya akan langsung diarahkan ke berbagai koleksi referensi ilmiah—seperti buku, jurnal, artikel, dan karya-karya ilmiah lainnya.

Kemudian, setiap hasil pencarian juga dilengkapi dengan keterangan mengenai berapa kali karya tersebut dikutip, jumlah versinya, serta related articles untuk menelusuri lebih dalam artikel yang berkaitan dengan karya tersebut. Situs ini hadir dengan filter berdasarkan tahun penerbitan dan juga relevansi topik, sehingga memberikanmu kemudahan untuk menemukan jurnal dalam waktu singkat.

6. Microsoft Academic

Perusahaan ternama Microsoft juga menyediakan search engine seperti Google Scholar, yang diberi nama Microsoft Academic. Di website ini, kamu bisa menemukan lebih dari 48 ribu jurnal dengan banyak pilihan topik, mulai dari ekonomi, bisnis, sejarah, matematika, sosiologi, dan berbagai bidang ilmu lainnya.

Microsoft Academic juga mempunyai fitur filter yang sangat lengkap, di antaranya adalah pencarian berdasarkan topik dan subtopik, tahun terbit, author, institusi, reputasi, hingga seberapa banyak kutipan yang didapatkan oleh karya tersebut.

Baca juga: 9 Contoh kuesioner berbagai macam kebutuhan beserta manfaatnya

7. Academia.edu

Academia.edu juga menawarkan fungsi yang sama seperti ResearchGate, yaitu sebagai social networking untuk membagikan dan mengakses karya ilmiah, serta terhubung dengan banyak peneliti dan ilmuwan. Situs ini memiliki lebih dari 137 juta pengguna dan sekitar 26 juta karya ilmiah. Untuk mengakses dan mengunduh koleksi tersebut, kamu harus mempunyai akun di platform ini terlebih dahulu.

8. Sciencedirect

Rekomendasi jurnal ilmiah gratis selanjutnya adalah dari sciencedirect.com. Kamu bisa mengakses website ini karena bersifat open, semua bisa mengakses jurnal dan karya ilmiah yang sudah dipublikasikan. Untuk jenis jurnalnya beragam mulai dari jurnal ilmiah, jurnal teknis, dan jurnal medis.

9. Oxford Academic

Oxford Academic menyediakan berbagai jurnal ilmiah yang dapat diakses secara gratis dan dapat diunduh oleh seluruh pengunjung website-nya. Oleh karena itu, kamu bisa bebas mengakses jurnal ilmiah yang dimiliki Oxford AcademicWebsite jurnal ini cocok untuk kamu yang sedang mengerjakan proyek tugas akhir karena referensi yang dimiliki cukup banyak.

10. Sage Journals

Sage Publishings adalah sebuah perusahaan penerbit di Amerika Serikat, juga menawarkan website jurnal bernama Sage Journals. Situs ini sudah menerbitkan 1000 jurnal dari berbagai disiplin ilmu, di antaranya adalah kriminologi, politik, hubungan internasional, sosiologi, bisnis dan manajemen, serta bidang lainnya. Uniknya, website ini dilengkapi dengan fitur favorites yang akan memudahkan kamu untuk membuat daftar jurnal kesukaanmu.

11. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

DOAJ menyediakan sekitar 15 ribu jurnal dan 5 juta artikel dari 134 negara, termasuk Indonesia. Hebatnya, website ini hadir dengan tampilan sederhana dan fitur search yang komplit. Kamu dapat mencari jurnal sesuai judul, kata kunci, negara penerbit, bahasa yang digunakan, subjek, hingga nama penerbit. Adapun topik-topik jurnal yang bisa kamu cari dalam situs ini meliputi teknologi, bahasa dan literatur, hukum, ilmu politik, pendidikan, serta beberapa subjek lainnya.

12. IJERN

IJERN atau International Journal of Education and Research diterbitkan oleh Contemporary Research Center (CRC Publications). Website yang memiliki domain ijern.com ini menjadi salah satu tempat para akademisi, para peneliti, dan profesional dalam mencari jurnal ilmiah.

Baca juga: 7 Rekomendasi Situs atau Aplikasi untuk Baca Buku Online

Itulah beberapa rekomendasi website jurnal terbaik yang bisa menjadi acuanmu dalam menulis. Selamat belajar! Jika kamu tertarik berkarier sebagai penulis andal, EKRUT punya segudang informasi tentang ini, lho! Mulai dari lowongan pekerjaan, diskusi pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • ucy.ac.id
  • qwords.com
  • penerbitdeepublish.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video