Published on

startup

Zenius berhasil kumpulkan 283 miliar rupiah, ini sumbernya

Fajar Rizqy Anugrah Illahi

zenius-mendapatkan-pendanaan-EKRUT.jpg

Pendanaan sebanyak 283 miliar rupiah, berhasil dikumpulkan oleh perusahaan startup asal Indonesia yang bernama Zenius Education. Pendanaan ini didapatkan dari Northstar Group. Dana tersebut akan digunakan oleh Zenius untuk pembiayaan eksternal pertama.

Berdiri sejak 12 tahun lalu, Zenius didirikan sebagai layanan kursus online yang berfokus pada semua tingkat pendidikan yang ada di Indonesia. 

Adapun tingkat pendidikannya adalah mulai dari SD hingga SMA yang sedang mempersiapkan diri untuk masuk perguruan tinggi negeri.

Untuk menjadi anggota kursus online, Zenius membuka harga mulai dari 172 ribu rupiah hingga ke 650 ribu rupiah selama 12 bulan. Hingga sampai sekarang ini, Zenius telah memiliki video pendidikan sebanyak 80.000 video.

Saat ini pemerintah Indonesia telah menyediakan dana sebanyak 400 triliun dari total uang anggaran negara untuk pendidikan, menurut Rudiantara yang menjabat sebagai Kementrian Informasi dan Teknologi.

Pendanaan yang dikumpulkan oleh Zenius ini merupakan suatu putaran pendanaan terbesar pada kategori edtech, walaupun bisa dibilang pada saat ini ruang guru lah yang sedang unggul pada kategori edtech.

Henky Priatna yang merupakan mantan kepala Google Indonesia akan ikut serta dalam melakukan investasi teknologi tahap awal ini. Henky mempunyai keahlian dalam ekosistem teknologi, untuk memperkuat dorongan Northstar group.

Northstar sendiri, cukup terkenal karena telah menjadi investor tahap awal pada perusahaan Gojek.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags

Share