Media

10 hal yang harus dilakukan 15 menit sebelum interview
By Aldo Imanuel - 16 October 2018
3 min read 790 Views
ilustrasi interview (Shutterstock)
ilustrasi interview (Shutterstock)

Wawancara kerja merupakan langkah awal untuk meniti karier secara profesional. Tahap ini cukup penting mengingat hasil dari wawancara kerja akan menjadi penentu apakah kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan atau tidak.

 

Seperti dilansir dari Business Insider, 15 menit sebelum wawancara kerja merupakan waktu yang sangat penting. Menurut pakar karier, Deborah Shane, 15 menit sebelum wawancara merupakan peluangmu untuk bisa lulus tahap wawancara.

 

Untuk itu, simak 10 tips berikut yang harus kamu lakukan pada 15 menit sebelum wawancara dimulai.

 

Bersikap tenang

Ketika kamu merasa stres, tubuh akan merilis hormon kortisol dan epinefrin. Kedua hormon tersebut dapat menghambat kemampuanmu untuk berpikir secara jernih, kata David Parnell, seorang konsultan hukum dan komunikasi. Karena itu, penting bagimu untuk bersikap tenang sebelum wawancara berlangsung.

 

Ramah kepada resepsionis dan petugas keamanan

Ketika kamu berjalan menuju ruangan wawancara, ingatlah untuk bersikap ramah kepada resepsionis, petugas keamanan, dan siapa saja yang kamu temui di sana. Mungkin saja orang yang akan kamu temui nanti akan melaporkan sikapmu kepada pewawancara tentang bagaimana kamu bersikap di luar ruang wawancara.

 

Pilih satu atau dua hal yang jadi kelebihan dirimu

Apa yang membuatmu berbeda dari pelamar lainnya? Pertanyaan ini patut kamu temukan jawabannya mengingat bukan hanya kamu kandidat yang akan diwawancara untuk satu posisi. Karena itu, tonjolkan dirimu pada beberapa hal sesuai posisi yang kamu lamar agar pewawancara mudah mengingatmu.

 

Berhenti berlatih

Jangan sampai kamu terlalu lama melatih percakapan yang akan kamu ucapkan saat wawancara berlangsung. Hal ini dapat membuat percakapanmu terlihat sangat terencana dan tidak natural.

 

Bernapas dengan tenang

Bila kamu merasa tegang, cobalah ambil napas sejenak. Lalu, mulailah berhitung sampai 10 saat kamu mengambil napas dan ulangi kembali. Teknik ini cukup ampuh untuk menenangkan saraf-sarafmu yang tegang.

 

Fokus pada postur tubuh

Untuk menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang percaya diri dan profesional, duduklah dengan tegak, rilekskan bahu, dan jaga pandangan matamu kepada pewawancara. Selain itu, kurangi juga pengucapan “hmmm” yang membuatmu terlihat mudah bingung.

 

Jangan mengecek berita, email, atau media sosial

Saat ini bukan waktu yang tepat buatmu untuk membaca berita. Karena bisa saja berita-berita yang kamu baca nanti akan memecah konsentrasimu saat sesi wawancara.

 

Gunakan catatanmu

Sebelum hari wawancara, kamu sudah harus meriset segala hal yang kamu bisa ketahui tentang perusahaan. Saat sesi wawancara, gunakanlah informasi tersebut sebagai bekalmu menjawab pertanyaan pewawancara.

 

Bercermin

Bila ada waktu jeda, gunakan waktu tersebut untuk bercermin sebentar dan memeriksa penampilanmu. Pastikan kamu mengenakan pakaian yang sopan, rapi, dan nyaman.

 

Ingatlah momen bahagia

Mengingat momen-momen bahagia dapat membuatmu tersenyum dan membantumu untuk menjernihkan pikiran saat sesi wawancara.

 

 

Sumber:

businessinsider.sg

okezone.com

qerja.com

 

Tags: wawancara kerja

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang