Media

4 Pertanyaan wawancara kerja yang unik ini sebaiknya tidak dianggap remehkan
By Tsalis Annisa - 10 April 2019
5 min read 5311 Views

Ketika masa wawancara kerja, tidak jarang kamu menemukan pertanyaan dari HRD atau user yang sedikit unik, atau bahkan menggelitik. Meski kadang pertanyaan wawancara kerja yang diajukan sedikit konyol, bukan berarti kamu dapat menganggap remeh hal tersebut.

Sebab, ternyata pertanyaan wawancara kerja yang unik dan tidak terduga itu diajukan dalam tujuan menyeleksi kandidat yang memiliki jawaban paling memuaskan. Pertanyaan wawancara yang tidak terduga dapat menunjukkan sifat dan pemikiran asli kandidat, yang belum siap dengan pertanyaan tersebut.

Biasanya, kandidat pencari kerja tentu sudah menyiapkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan dasar seperti kekurangan atau kelebihan diri. Namun, tidak demikian dengan pertanyaan unik yang diajukan sendiri oleh pihak penyeleksi.

Meski jawaban untuk pertanyaan seperti ini umumnya tidak ada benar dan salah, mari cari tahu apa saja pertanyaan yang biasa diajukan dan bagaimana jawaban yang diharapkan.

1. “Kamu diberikan seekor gajah, tetapi tidak boleh membuangnya ataupun menjualnya. Jadi, apa yang akan kamu lakukan dengan gajah tersebut?”

Pertanyaan pertama ini sangat unik, karena seperti kita tahu, rasanya hampir mustahil diberikan seekor gajah secara cuma-cuma di dunia nyata. Namun, pertanyaan ini tetap diajukan untuk mencari tahu kemampuan berpikir dan memecahkan masalah dari seorang kandidat.

Sebenarnya tidak ada jawaban yang benar atau salah, dan tidak ada jawaban spesifik yang dapat membantu memuaskan jawaban dari pertanyaan tersebut. Akan tetapi, bagaimana caramu menghadapi sebuah situasi dan menanganinya dengan melibatkan dirimu adalah jawaban yang penting.

2. “Jika diberi kekuatan super, apa kekuatan yang ingin kamu miliki?”

Jawaban ini mungkin terdengar seperti pertanyaan untuk anak-anak yang masih memiliki kepercayaan pada superhero dan cerita fiksi lainnya. Namun, bagaimana caramu menjawab pertanyaan ini akan sangat dijadikan pertimbangan dalam wawancara kerja.

Meski tidak ada jawaban yang salah dari pertanyaan ini, sebaiknya kamu menjawab pertanyaan semacam ini dengan kekuatan ajaib yang berkaitan dengan pekerjaanmu. Jawablah dengan kekuatan yang dapat membantu pekerjaanmu menjadi lebih mudah.

Misalnya, jika pekerjaanmu adalah seorang sales yang harus sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain, jawaban kekuatan seperti teleportasi sehingga kamu dapat mudah berpindah tempat akan sangat baik. Namun pastikan bahwa kamu percaya dan yakin dengan jawabanmu sendiri.

Baca juga: Cara tepat jawab kelemahan dan kekurangan saat interview

 pertanyaan wawancara kerja - EKRUT
Bagaimana responmu saat mendapatkan undian dapat memperlihatkan bagaimana motivasi utamamu - EKRUT

3. “Jika setelah selesai wawancara ini kamu tiba-tiba memenangkan undian sebesar 10 triliun, kira-kira apa yang akan kamu lakukan?”

Pertanyaan ini ditujukan untuk mengetahui motivasi utama kamu dalam melamar pekerjaan saat itu. Pastinya, sebuah perusahaan tidak akan mau mempekerjakan seorang pegawai yang hanya ingin bekerja karena uang, dan bukan atas dasar motivasi pekerjaannya.

Sebab, pastinya perusahaan manapun ingin mendapatkan karyawan yang memiliki passion terhadap pekerjaannya dan bukan hanya sekedar ingin mencari uang. Jadi, jawaban ini memiliki jenis yang dapat dianggap sebagai jawaban ideal.

Sebaiknya kamu menjawab pertanyaan ini dengan mengatakan rencanamu akan melakukan apa dengan uang tersebut. Lalu, lanjutkan dengan mengatakan uang tersebut hanya akan memberi keuntungan finansial untukmu, tetapi tidak mengubah keinginan dan kebutuhanmu untuk bekerja sesuai passion yang kamu miliki.

4. “Apa yang akan kamu lakukan jika kamu adalah satu-satunya orang selamat dalam sebuah kecelakaan pesawat?”

Pertanyaan ini mungkin terdengar agak menyeramkan dan aneh, namun dapat memberikan gambaran besar tentang kepribadianmu. Jadi, jawablah dengan berhati-hati.

Misalnya, jika kamu menjawab akan berusaha mencari makanan di sekitar untuk bertahan hidup sampai datang penyelamat akan menunjukkan bahwa kamu lebih senang bekerja sendiri.

Namun, jika kamu menjawab akan mencari keramaian atau mencari pertolongan orang lain sesegera mungkin, hal ini dapat menggambarkan kamu senang bekerja dalam kelompok.

Apapun jawabanmu, pastikan hal tersebut dapat mendukung pekerjaan yang sedang kamu lamar. Usahakan jangan terlalu dibuat-buat dan melebih-lebihkan dari apa adanya dirimu.

Nah, itu dia beberapa pertanyaan wawancara kerja unik yang mungkin ditanyakan dalam proses penyeleksian kandidat. Mungkin terdengar konyol, atau kadang tidak masuk akal, namun semua pertanyaan tersebut pasti ada maksudnya. Jadi, jangan meremehkan pertanyaan-pertanyaan yang terlontar saat proses wawancara, ya!

Semoga berhasil!

pertanyaan wawancara kerja - EKRUT

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • karier
  • pengembangan karier
  • tips
  • interview
  • pertanyaan wawancara kerja
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang