Published on

Careers

Tips interview kerja di berbagai jenis wawancara yang berbeda

Maria Tri Handayani

tips-interview-kerja---EKRUT.jpg

Interview kerja merupakan tahapan yang menentukan apakah kamu akan diterima atau tidak dalam sebuah pekerjaan. Itu sebabnya penting bagi kamu untuk mempersiapkan diri dengan matang sebelum menjalaninya. 

Meski begitu, setiap  wawancara kerja memiliki tantangan yang berbeda tergantung jenisnya. Agar kamu dapat melewatinya dengan sukses,simak tips interview kerja dalam berbagai jenis wawancara yang berbeda berikut. 

Interview kerja tradisional

tips interview kerja tradisional - EKRUT
Ini adalah tipe wawancara kerja yang paling sering dilalui para kandidat - EKRUT

Jenis interview kerja ini adalah yang paling umum terjadi di mana kandidat akan dihadapkan pada satu pewawancara dalam satu ruangan yang sama. 

Meski umum dilakukan, namun kamu tidak boleh lupa untuk memperhatikan beberapa tips dalam menjalani jenis interview ini.

  • Cari tahu mengenai perusahaan dan posisi yang kamu lamar sebelumnya untuk memberikanmu latar belakang informasi yang penting untuk kamu ketahui. Informasi ini juga bisa kamu gunakan sebagai dasar untuk pertanyaan yang akan kamu tanyakan saat bertemu dengan pewawancara.
  • Sebelum wawancara tiba, kamu bisa berlatih mempersiapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan umum yang biasanya diberikan pada jenis wawancara kerja ini. Salah satunya seperti pertanyaan soal kelemahan dan kelebihan, serta alasan kenapa mereka harus memperkerjakanmu.
  • Pastikan membawa dokumen yang dibutuhkan seperti CV atau portofolio
  • Datang tepat waktu untuk menghindari kesan buruk di pertemuan pertama  

Baca juga: Cara tepat jawab kelemahan dan kekurangan saat interview 

Interview via telepon 

tips interview kerja via telepon - EKRUT
Saat melakukan phone interview usahakan mencari tempat yang tidak berisik - EKRUT

Terkadang perekrut tidak punya waktu untuk mengaturi jadwal wawancara tatap muka sehingga interview via telepon menjadi alternatif pilihan yang diambil. Agar dapat melewati interview via telepon dengan sukses, ada beberapa tips interview kerja yang bisa kamu perhatikan. 

  • Siapkan catatan yang berisi poin-poin yang ingin kamu sampaikan 
  • Sebelum wawancara mulai, pergilah ke tempat yang tenang untuk menghindari gangguan saat interview berlangsung
  • Dengarkan dengan seksama segala perkataan pewawancara sebelum menjawab dan jangan terlalu mendominasi percakapan
  • Berikan sedikit jeda antara pertanyaan pewawancara dan saat kamu menjawabnya

Baca juga: tips sukses wawancara kerja via telepon

Teleconference interview

tips interview kerja teleconference - EKRUT
Lakukan test kualitas internet dan panggilan video sebelum lakukan teleconference interview - EKRUT

Bila kamu berdomisili di luar daerah, beberapa perusahaan mungkin akan  memberikan alternatif teleconference interview. Wawancara ini hampir mirip dengan interview kerja via telepon, perbedaanya hanya pada penggunaan fasilitas video teleconference online. 

Agar bisa melewati jenis wawancara kerja ini dengan maksimal, pastikan kamu memperhatikan beberapa tips ini: 

  • Pastikan sudah melakukan uji coba terhadap aplikasi teleconference yang akan kamu gunakan, seperti skype atau Google Hangout beserta kelancaran jaringan internet di lokasimu. 
  • Perhatikan penampilan saat interview kerja berlangsung. Gunakan pakaian yang rapi dan sewajarnya wawancara kerja
  • Pilihlah tempat yang tenang, bersih, rapi dan  memiliki pencahayaan bagus, sehingga pewawancara tidak teralihkan fokusnya pada saat interview 
  • Hindari membuat terlalu banyak menggerakkan tangan saat wawancara berlangsung karena gerakan layar bisa terlihat tersendat-sendat di layar 

Case interview

tips case interview kerja - EKRUT
Mencatat hal penting saat case interview akan membantumu menjawab pertanyaan perekrut - EKRUT

Case interview adalah jenis wawancara kerja di mana kandidat diberikan tugas untuk menanggapi atau memberi solusi dari sebuah skenario yang diberikan. Tugas tersebut dapat diberikan oleh pewawancara langsung saat interview kerja berlangsung atau sejak sebelumnya. 

Umumnya jenis interview ini digunakan untuk posisi konsultan, finance dan eksekutif.

Ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan bila menghadapi jenis interview ini, 

  • Simak baik-baik skenario kasus yang diberikan. Bila perlu catat hal-hal  yang kamu anggap penting
  • Bila kamu memiliki keraguan pada contoh kasus yang ditanyakan, pastikan untuk melakukan klarifikasi sebelum menjawabnya. 
  • Pikirkan garis besar terhadap pendekatan yang ingin kamu gunakan dalam pertanyaan tersebut lalu jelaskan secara terstruktur.
  • Perhatikan respon dan feedback dari pewawancara ketika kamu sedang memberikan jawaban. Dari situ kamu bisa mendapatkan sedikit petunjuk apakah jawabanmu sudah berada di jalur yang benar atau tidak.  

Behavioural interview

tips behavioural job interview - EKRUT
Meski pertanyaannya cenderung umum, namun jangan sepelekan menjawab pertanyaan saat menghadiri behavioural job interview - EKRUT

Pada jenis interview kerja ini, pewawancara biasanya akan berfokus dalam pertanyaan-pertanyaan terkait pengalaman kerjamu di perusahaan sebelumnya. Hal tersebut dimaksudkan untuk melihat apakah kamu benar-benar memiliki skill yang dibutuhkan pada pekerjaan dan perusahaan tersebut.

Cara terbaik untuk merespon pertanyaan di jenis interview kerja ini adalah dengan menggunakan teknik STAR. Ada empat tahapan untuk menjawab pertanyaan dengan teknik ini: 

  • Situation. Gunakan contoh situasi saat menjelaskan jawabanmu 
  • Task. Deskripsikan tugas yang diberikan padamu atau masalah yang harus kamu selesaikan pada contoh situasi tersebut.
  • Action. Jelaskan tindakan apa yang kamu lakukan untuk menyelesaikan tugas atau masalah tersebut. 
  • Results. Jelaskan hasil dari aksi yang kamu lakukan tersebut. Fokuslah pada hasil yang berkontribusi pada kesuksesan perusahaan. 

Panel interview 

tips interview kerja panel - EKRUT
Jagalah kontak mata kepada pewawancara saat menjawab pertanyaan panel interview - EKRUT

Dalam beberapa situasi, kamu dihadapkan pada panel interview. Jenis wawancara kerja yang satu ini memang seringkali membuat kandidat cemas karena harus berhadapan dengan dua atau lebih pewawancara sekaligus. 

Biasanya yang akan hadir dalam interview ini adalah perwakilan dari perusahaan tersebut dalam berbagai peran seperti HRD, dan perwakilan management. Dalam beberapa kasus bahkan akan ada kandidat lain yang juga ikut panel interview tersebut. 

Agar bisa melewatinya dengan sukses, lakukan beberapa hal ini: 

  • Sebelum menghadiri panel interview, coba cari tahu terlebih dahulu siapa saja pewawancara yang akan hadir sehingga kamu familiar dengan peran masing-masing pewawancara di perusahaan tersebut
  • Alih-alih tegang karena memikirkan banyak pertanyaan di panel interview, cobalah untuk tenang dan memikirkan sesi tanya jawab tersebut seperti percakapan biasa.
  • Meski kamu berhadapan dengan banyak pewawancara sekaligus, tapi pastikan kamu selalu melakukan kontak mata terutama kepada pewawancara yang sedang mengajukan pertanyaan. Kamu bisa mengalihkan fokus pandangan ke satu per satu anggota panel saat memberikan jawaban. 

Stress interview

tips stress interview kerja - EKRUT
Jenis wawancara stress interview kental dengan gaya wawancara yang intimidatif dan tak terduga - EKRUT

Jenis interview kerja yang satu ini memang jarang terjadi dibanding jenis lainnya.

Stress interview adalah gaya wawancara yang digunakan perusahaan untuk mengukur respon kandidat terhadap stres. Tim perekrut biasanya akan memberikan tugas dan tantangan tertentu pada kandidatnya dengan gaya yang terkadang terlihat intimidatif.

Hal tersebut dilakukan untuk mengukur bagaimana kamu akan bekerja di bawah tekanan dan bagaimana reaksimu ketika menghadapi masalah yang kompleks. 

Tips bila kamu menghadapi jenis wawancara kerja ini adalah tarik nafas yang panjang sebelum menjawab atau melakukan instruksi yang diberikan agar kamu bisa tetap tenang meskipun kamu dihadapkan pada situasi dan pertanyaan yang tak biasa. 

Itu tadi beberapa tips interview kerja di berbagai jenis wawancara yang bisa kamu perhatikan. Selain tips tadi, kamu juga bisa memaksimalkan persiapanmu sebelum menghadiri interview kerja dengan menonton video yang membahas mitos dan tips tentang hal-hal apa saja yang dinilai pada interview kerja berikut ini!

Apapun jenis wawancara kerja yang harus kamu hadapi, kuncinya ada pada persiapan dan bagaimana kamu menjaga agar kamu bisa tenang dalam menghadapi segala pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara. Semoga sukses ya!

Bye Bye Apply - EKRUT
 

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

Tags

Share