Published on

Expert's Corner

Kesulitan cari karyawan terbaik? Ini 10 cara tepat menemukannya!

Tsalis Annisa

cari_karyawan.jpg

Mencari kandidat terbaik terutama di industri teknologi terkadang tidaklah mudah. Bahkan saat ini, tak hanya perusahaan saja yang tergolong selektif dalam memilih karyawan, karyawan juga mulai selektif dalam memilih perusahaan. Terutama bagi mereka yang sudah cukup berpengalaman.

Tak sekadar fokus pada penawaran gaji yang lebih tinggi, para tenaga profesional ini juga memiliki pertimbangan lain yang penting menurut mereka, seperti keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Forbes, setidaknya 75 persen orang yang sudah berada di posisi senior atau manager, tidak keberatan turun jabatan kembali menjadi staf untuk pekerjaan yang mereka sukai. Sedangkan 72 persen tidak keberatan mendapatkan gaji yang lebih kecil dari untuk pekerjaan ideal atau yang mereka sukai. Hal yang menarik adalah, hanya sekitar 40 persen yang merasa puas dengan profesi mereka saat ini.

Baca juga: Sudahkah kamu melakukan 5 tips rekrutmen ini?

Pentingnya menemukan talent terbaik

Pentingnya menemukan talent terbaik
Cari karyawan dengan talent terbaik untuk perusahaan kamu. (Gambar: pexels.com)

Menemukan talent terbaik penting untuk kemajuan perusahaan. Kamu mungkin pernah mendengar bahwa karyawan adalah aset berharga bagi perusahaan. Dalam sebuah perusahaan, karyawan memiliki peranan yang penting seperti meningkatkan daya saing perusahaan, memberikan inovasi yang baru, dan juga menjaga citra perusahaan.

Setiap karyawan pasti memiliki skillset atau potensi yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut dapat meningkatkan kualitas kerja masing-masing karyawan sehingga bisa meningkatkan daya saing perusahaan. Karyawan juga dapat membantu memberikan ide-ide atau inovasi baru yang bisa mendorong keberlangsungan dan perkembangan perusahaan secara positif. Semua peranan karyawan tersebut bisa dirasakan manfaatnya jika perusahaan berhasil menemukan talent terbaik yang sesuai dengan perusahaan. Itulah mengapa penting untuk menemukan talent terbaik.

Baca juga: 6 pertanyaan untuk dapatkan kandidat berkualitas

10 Cara tepat untuk mencari talent terbaik

 kandidat - EKRUT
Selain gaji, beberapa hal lain juga perlu diperhatikan untuk mendapatkan kandidat terbaik. (Gambar: pexels.com)

Jika kamu juga kesulitan dalam mendapatkan kandidat terbaik untuk perusahaanmu, berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan untuk memudahkanmu.

1. Gunakan teknologi yang tepat

Gunakan teknologi yang tepat
Penggunaan teknologi mempermudah perusahaan dalam cari karyawan. (Gambar: pexels.com)

Beberapa karyawan IT yang berpengalaman lebih tertarik untuk bekerja dengan perusahaan dengan teknologi yang mumpuni, dan membantu mereka untuk terus mengembangkan kemampuan mereka. Atau setidaknya sama dengan mereka gunakan sehari-hari. Hal ini penting jika kamu ingin memiliki tenaga IT terbaik, karena melihat bagaimana mereka juga memiliki banyak pilihan. Tentu tidak ada salahnya menggunakan teknologi terbaik sebagai bentuk investasi bisnis perusahaan.

2. Tawarkan jadwal kerja yang fleksibel

Tawarkan jadwal kerja yang fleksibel
Tawarkan jadwal kerja yang fleksibel saat cari karyawan. (Gambar: pexels.com)

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa salah satu pertimbangan seseorang saat ini adalah bagaimana perusahaan mendukung mereka untuk mendapatkan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan dunia kerja. Dengan menawarkan jadwal kerja yang fleksibel, maka kamu dapat menunjukkan bagaimana komitmen perusahaan dalam mendukung keseimbangan hidup karyawannya. Bukan tidak mungkin hal ini akan memberikan nilai lebih di mata karyawan.

Baca juga: Mau pekerjaan yang fleksibel? Cari tahu dulu plus minusnya

3. Tawarkan jenjang karier yang menarik

Tawarkan jenjang karier yang menarik
Tawarkan jenjang karier yang menarik saat cari karyawan. (Gambar: pexels.com)

Tak sekadar gaji, probabilitas jenjang karier juga termasuk hal yang dipertimbangkan dalam mencari kerja. Karyawan mereka penting memilih perusahaan yang mendukung perkembangan karier mereka. Hal ini bisa ditunjukkan dengan memberikan mereka kesempatan dalam memegang peran baru dan mengerjakan satu projek.

4. Pastikan gaji yang kamu tawarkan sesuai dengan pasar

Pastikan gaji yang kamu tawarkan sesuai dengan pasar
Pastikan gaji sesuai dengan pasar saat cari karyawan. (Gambar: pexels.com)

Meski gaji bukan satu-satunya pertimbangan, hal ini tetap dianggap penting untuk menarik kandidat terbaik. Jadi, pastikan kamu menghargai kemampuan, dan pengalaman mereka dengan baik. Dan tentunya, pastikan harga yang kamu tawarkan sesuai dengan ekspektasi mereka, dan kisaran harga pasar.

Baca juga: 10 startup dengan investasi terbesar di Asia Tenggara

5. Tawarkan juga paket kompensasi yang menarik

Tawarkan juga paket kompensasi yang menarik
Tawarkan paket kompensasi yang menarik saat cari karyawan. (Gambar: pexels.com)

Selain memerhatikan poin di atas, cobalah untuk memberikan paket kompensasi kepada kandidat. Misalnya saja, mereka juga akan mendapatkan potongan biaya makan siang, fasilitas gratis penitipan anak, fasilitas ruang beristirahat, ruang bermain, atau pun training. Selain 5 poin di atas, kamu juga bisa mendapatkan kandidat terbaik dengan menghadiri acara-acara yang diadakan oleh komunitas teknologi yang cukup ternama. Dengan begini, selain meningkatkan brand awareness, perusahaan akan lebih mudah dalam menarik perhatian para kandidat yang berpotensi.  

Baca juga: Sudahkah kamu melakukan 5 tips rekrutmen ini?

6. Tinjau kembali deskripsi pekerjaan

Tinjau kembali deskripsi pekerjaan
Tinjau deskripsi pekerjaan agar mempercepat proses cari karyawan. (Gambar: pexels.com)

Langkah selanjutnya, kamu perlu meninjau kembali deskripsi pekerjaan. Susunan deskripsi pekerjaan haruslah jelas dan menarik kandidat. Tujuannya agar kandidat yang masuk bisa terseleksi dengan cepat. Sedangkan agar terlihat menarik, kamu juga bisa mengerahkan kreativitasmu dalam menyusun deskripsi pekerjaan. Selain itu, penting untuk membuat deskripsi pekerjaan yang realistis. Jangan menuliskan deskripsi pekerjaan yang terlalu kompleks dan kurang realistis, hal tersebut hanya akan mempersulit kamu menemukan kandidat yang cocok. Buatlah deskripsi pekerjaan yang sederhana dan jangan lupa menyertakan benefit yang akan didapatkan.

7. Review CV setiap hari

Review CV setiap hari
Lakukan review CV setiap hari dalam proses rekrutmen. (Gambar: pexels.com)

Dengan melakukan review terhadap CV setiap hari, maka kamu bisa cepat menemukan kandidat terbaik untuk perusahaanmu. Selain itu, perlu kamu ingat, bawa kandidat terbaik biasanya menjadi tidak hanya mempunyai satu pilihan saja. Untuk itu, kamu perlu bergerak cepat untuk menemukan dan mempertahankan minat kandidat terbaik untuk bekerja di perusahaanmu. Selain agar cepat mendapatkan karyawan terbaik, melakukan review CV setiap hari juga mempermudah pekerjaan dalam proses rekrutmen agar tidak menumpuk di kemudian hari. Semakin bergerak cepat, maka semakin besar kesempatan memenangkan talent war.

8. Kenali pasar dan juga behavioral pencari kerja saat ini

Kenali pasar dan juga behavioral pencari kerja saat ini
Ada baiknya mengenali pasar dan behavioral pencari kerja saat ini. (Gambar: pexels.com)

Nyatanya, bukan hanya kandidat yang bersaing untuk diterima di suatu perusahaan, namun perusahaan juga bersaing untuk memenangkan talent war. Perusahaan harus mulai mengenali kandidat seperti apa yang mendominasi market dan apa yang mereka butuhkan ketika melamar di suatu perusahaan. Tidak ada salahnya, perusahaan juga melakukan riset mengenai gaji dan tunjangan yang ditawarkan oleh perusahaan lain untuk tiap posisi yang sejenis. Jika ternyata gaji yang ditawarkan perusahaan kamu berada di bawah rata-rata, mungkin kamu mulai bisa mempertimbangkan untuk menaikkan gaji atau juga bisa meningkatkan benefit untuk kandidat.

Baca juga: Susah temukan kandidat untuk perusahaan? Lakukan 5 langkah ini

9. Optimalkan website perusahaan Anda

Optimalkan website perusahaan Anda
Lakukan optimalisasi website agar kandidat semakin tertarik bekerja di perusahaan Anda. (Gambar: pexels.com)

Untuk mencari tahu tentang perusahaan, biasanya seorang kandidat akan melakukan riset dengan mengunjungi website perusahaan tersebut. Mengoptimalkan website perusahaan penting agar minat kandidat untuk bekerja di perusahaan kamu semakin kuat. Website kamu perlu mencerminkan perusahaanmu. Oleh karena itu, kamu bisa menambahkan testimoni karyawan dalam bentuk tulisan atau video, memperkenalkan tim dalam perusahaan, dan juga proyek-proyek yang sedang dikerjakan perusahaan. Selain itu, penting juga untuk mengoptimalkan desain UI/UX yang menarik dan user-friendly.

10. Simplify your recruitment process with EKRUT

Simplify your recruitment process with EKRUT
EKRUT adalah salah satu jasa rekrutmen karyawan di Indonesia yang dapat diandalkan. (Gambar: pexels.com)

Salah satu cara tepat dan paling mudah untuk mencari talent terbaik adalah dengan menggunakan platform EKRUT. EKRUT merupakan sebuah platform rekrutmen yang menggunakan perpaduan antara teknologi dan jaringan recruiter untuk melakukan proses rekrutmen yang efektif dan berkualitas.

Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan EKRUT antara lain yaitu:

  • Keuntungan eksklusif dari paket yang disediakan EKRUT.
  • Mengelola kandidat dengan mudah menggunakan tracking system yang dimiliki EKRUT.
  • Memperoleh kandidat yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.
  • Akses langsung ke talent pool berkualitas yang telah melalui proses kurasi.
  • Konsultan profesional yang akan memberikan bantuan selama proses perekrutan. 

Perlu diketahui bahwa EKRUT menggunakan teknologi data science seperti Marketplace Curation Algorithm (MCA) untuk menyaring dan mengkurasi 5-10% kandidat kompetitif teratas yang mencari peluang kerja berdasarkan permintaan secara real-time. Maka dari itu, talent yang ditampilkan dalam marketplace adalah talent berkualitas dan terkini. Untuk mencari dan menemukan kandidat yang sesuai dengan kriteria, EKRUT menggunakan teknologi bernama EKRUT Recommender System (ERS). Kelebihannya, variabel pencarian tidak hanya terbatas pada pengalaman, preferensi, dan keterampilan saja, namun masih banyak lagi.

Selain itu, EKRUT juga menggunakan Budget Prediction Algorithm (BPA) untuk mengukur, memprediksi, dan merekomendasikan kisaran ekspektasi gaji untuk masing-masing job posting berdasarkan kondisi market terkini secara efektif.

Untuk saat ini, terdapat dua subscribe plan yang bisa kamu pilih di EKRUT:

  1. Platform plan. Tersedia untuk langganan tahunan dan per-kuarter. Dengan subscribe plan ini, perusahaan kamu mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan unlimited hires tanpa harus membayar lagi biaya per hire.
  2. Headhunting plan. Tidak ada membership fee untuk plan ini, perusahaan kamu hanya perlu membayar ketika terjadi hire.

Baca juga: Sudahkah kamu melakukan 5 tips rekrutmen ini?

Selain 10 poin di atas, kamu juga bisa mendapatkan kandidat terbaik dengan menghadiri acara-acara yang diadakan oleh komunitas teknologi yang cukup ternama. Dengan begini, selain meningkatkan brand awareness, perusahaan akan lebih mudah dalam menarik perhatian para kandidat yang berpotensi.  

Menarik hati dan mendapatkan kandidat yang terbaik sebenarnya bukanlah hal yang terlalu sulit, asalkan kamu tahu cara tepatnya, dan benar-benar mempraktikannya. Cobalah untuk lebih memerhatikan apa yang penting bagi kandidat dalam kehidupannya. Karena kini, sebagian pekerja semakin sadar bahwa ada yang lebih penting dari sekadar gaji besar, yaitu bagaimana mereka dapat terus belajar, menjalani hidup yang lebih bermakna, dan tetap memiliki kehidupan sosial.

Selain itu, untuk mendapatkan kandidat terbaik, kamu juga bisa bergabung di situs talent marketplace. Cara ini termasuk lebih mudah karena perusahaan talent marketplace seperti EKRUT memiliki machine learning yang canggih, sehingga memudahkan kamu untuk mendapatkan kandidat yang cocok dengan kriteriamu.

Sign up EKRUT smart hinring

Sumber:

  • forbes.com
  • indeed
  • unitedconcordia
  • allbusiness

Tags

Share