Published on

Careers

Simak! 7 Tips Membuat Tujuan Karir Kamu Lebih Terarah

Nelson Simbolon

tujuan-karier-EKRUT.jpg

Membuat tujuan karir merupakan cara terbaik untuk menuntunmu ke jalur karier yang tepat, namun tahukah kamu bagaimana cara membuatnya? Menentukan jalur karir bukan pekerjaan mudah. Banyak orang berpikir bahwa keputusan ini merupakan keputusan berat yang bisa mempengaruhi hidup mereka di masa depan.

Sayangnya, tak banyak orang yang yakin bagaimana caranya menentukan jalur karir mereka. Akibatnya, banyak pekerja yang tidak puas dengan pekerjaan mereka.

Karena survei menunjukkan bahwa dua pertiga dari semua karyawan tidak bahagia dengan pekerjaan mereka. Meski tak ada jaminan, namun ada cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat jalur karirmu menjadi lebih menyenangkan untuk dijalani.

1. Mulai dengan berkaca pada diri sendiri tentang tujuan karir lebih dalam

Cobalah melihat kembali untuk apa kamu bekerja dan apa kemampuan yang kamu miliki. Dua hal tersebut merupakan rumus yang tepat untuk membuat kriteria karier seperti apa yang harus kamu pilih.

Setelah itu, tanyakan pada dirimu sendiri, kemampuan seperti apa yang bisa mengantarkanmu pada titik tertinggi kariermu. Terakhir, cari tahu seperti apa karaktermu ketika berhadapan dengan tekanan di pekerjaan dan bagaimana kamu berinteraksi dengan teman-temanmu. Hal tersebut akan membantumu untuk beradaptasi di kantor dengan lebih luwes.

2. Diskusikan jalur tujuan karir yang ingin kamu capai

Setelah melakukan penilaian terhadap diri sendiri, cobalah untuk mencari referensi tambahan seputar karir seperti apa yang harus kamu pilih. Kamu bisa mengikuti kuis kepribadian seperti Myers-Briggs Type Indicator atau MBTI di 16personalities.com ini. 

Pasalnya, melalui tes MBTI kamu juga melihat sekiranya pekerja apa yang cocok untuk kamu. Coba cek beberapa pekerjaan yang cocok sesuai MBTI di sini. 

gambar pengembangan tujuan karir
Sebelum menentukan tujuan kariermu, cobalah untuk melakukan riset terhadap pilihan kariermu - EKRUT

3. Lakukan riset terhadap pilihan karir yang ingin dituju

Setelah kamu memiliki gambaran seputar pilihan kariermu, cobalah untuk lakukan riset terhadap karier tersebut dari sumber-sumber yang terpercaya. Dari riset tersebut, kamu bisa mencari tahu apa saja persyaratan yang harus kamu penuhi agar bisa sampai ke titik tersebut.

Langkah berikutnya adalah melakukan uji coba wawancara dengan seseorang yang sudah berada di bidang tersebut. Cobalah untuk menghubungi alumni atau teman-temanmu yang bisa membantumu. Terakhir, catatlah bagaimana hasil uji coba wawancaramu. Apakah kamu memiliki kemampuan dan nilai-nilai yang sesuai dengan pilihan kariermu atau tidak.

4. Mulai magang atau menjadi relawan 

Agar mendapatkan gambaran yang lebih lengkap, cobalah mencari pekerjaan magang atau menjadi relawan di bidang tersebut agar kamu mengetahui seperti apa saja tantangan yang mungkin muncul dan bagaimana cara menyelesaikannya. sehingga kamu mendapatkan pengalaman dan penghetauan lebih mengenai bidang karir yang ingin kamu tuju.

5. Membuat keputusan terhadap tujuan karir

Langkah terakhir, kamu harus bersiap untuk membuat keputusan seputar pilihan tujuan kariermu. Apakah pilihan tersebut cukup realistis untuk kamu capai, apakah kamu masih perlu memenuhi beberapa syarat lagi. 

Selain itu, cari tahu dulu adakah jalan pintas lain yang bisa kamu lewati terlebih dahulu semisal mengambil kuliah singkat atau mengikuti lokakarya-lokakarya.

Baca juga: 7 Cara mengambil keputusan agar tidak salah langkah

6. Pastikan kamu berkomitmen terhadap tujuan karir selanjutnya

Berbicara mengenai target atau tujuan, penting bagimu untuk mampu berkomitmen agar berhasil. Jadi, setelah kamu membuat keputusan, cobalah untuk berkomitmen dengan pilihanmu tersebut. 

Selain itu, kamu juga perlu yakin bahwa tujuan tersebut penting untukmu dan dapat kamu capai di kemudian hari. 

Baca juga: 10+ Motivasi Kerja Keras yang Relevan dan Menginspirasi

7. Jalani proses untuk mencapai titik tujuan karir

Tujuan karir yang dapat menentukan langkah Anda dalam bekerja berikutnya adalah menjalani proses untuk mencapai titik tujuan karir. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menyiapkan perubahan supaya rencana bisa terealisasi.

Beberapa orang tidak selalu dapat mudah menerima dengan kenyataan yang mereka jalani. Untuk mencapai titik tujuan akhir, disiplin dan komitmen merupakan bekal bagi Anda untuk menjalani tahapan demi tahapan baru sebagai jalan menuju titik tujuan.

Agar bisa lebih berkomitmen, tentu tujuan yang Anda terapkan harus jelas terlebih dahulu. Tujuan yang Anda susun harus diperlakukan layaknya usaha dalam mendapatkan barang berharga yang sangat penting. Hal itu dapat berguna sebagai motivasi Anda dalam bekerja, sehingga kamu dapat menerima proses dan mencapai langkah yan tepat terhadap tujuan karir kamu selanjutnya

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

  • thebalancecareers.com
  • wayup.com
  • themuse.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read

    Video