Media

6 pertanyaan atasan untuk memotivasi karyawan
By Maria Yuniar - 31 August 2018
4 min read 1629 Views

Sebagai atasan di kantor, tentu kamu tak akan hanya mengurusi tugas-tugas yang berkaitan dengan bisnis. Kamu juga harus memantau kondisi internal perusahaan untuk meningkatkan performa para karyawan.

Hal yang terlihat sederhana, seperti motivasi dalam bekerja, ternyata mampu membantumu menjaga kondisi internal perusahaan tetap harmonis. Tanpa terlihat berlebihan, kamu bisa memotivasi para karyawan dengan mengucapkan enam kalimat berikut ini.

 

“Apa kabar?”

Kamu bisa menanyakan kabar karyawanmu, setidaknya sekali sepekan. Pastikan bahwa kamu tak bertanya untuk sekadar basa-basi. Tunjukkanlah bahwa kamu benar-benar ingin mengetahui kabar mereka.

 

“Ada yang bisa dibantu?”

Pastikan juga kamu memantau karyawanmu bila mereka butuh bantuan. Sebab, mereka mungkin merasa segan untuk memintanya. Terlepas dari apakah kamu benar-benar menawarkan bantuan atau tidak, tidak adanya pertanyaan ini dapat menimbulkan kesan bahwa kamu kurang peduli pada masalah yang dihadapi karyawan.

 

“Apa yang bisa saya bantu agar kamu mencapai tujuan?”

Mirip pertanyaan sebelumnya, kalimat ini menyiratkan keinganmu untuk membimbing karyawan mencapai tujuannya dalam berkarier. Dengan menanyakan hal semacam ini, karyawan akan merasa mendapatkan dukungan. Melalui pertanyaan ini juga, kamu bisa mempertahankan karyawan yang berkinerja tinggi dan membangun tim yang lebih kuat.

 

“Tolong prioritaskan...”

Ketika terjadi perubahan strategi di perusahaan, pastikan kamu sudah menyatakan pada para karyawan bahwa perubahan tersebut akan mempengaruhi ritme bekerja, tanggung jawab, dan prioritas pekerjaan mereka. Jadi, jangan lupa untuk menyampaikan yang menjadi prioritas, agar karyawan lebih semangat bekeja.

 

“Ini yang saya ingin kembangkan”

Memberikan umpan balik pada karyawan sangat penting untuk membuat mereka terus berkembang. Pastikan bahwa kamu memantau umpan balik apa pun beserta peningkatannya. Jangan lupa untuk memberikan pujian atau apresiasi lain terhadap setiap keberhasilan karyawan.

 

“Apa rencana jangka panjangmu?”

Coba cari tahu keinginan para karyawanmu dalam tiga bulan, enam bulan, dan setahun ke depan. Dengan pertanyaan ini, kamu bisa menemukan hasrat tersembunyi yang selama ini terpendam dalam diri karyawanmu. Atau justru kamu akan menemukan bahwa kinerja karyawanmu belum maksimal karena mereka mengerjakan hal-hal yang tidak mereka sukai.

Sekarang saatnya kamu lebih mendekatkan diri dengan para karyawan. Selain bisa memberikan motivasi, kamu pun bisa menemukan potensi yang selama ini belum tergali. 

 

Rekomendasi bacaan:
Bagaimana memotivasi karyawan tanpa beri kenaikan gaji?
Langgar kebijakan privasi, aplikasi Facebook ini dihapus
NewsGuard, ekstensi para browser untuk identifikasi hoax

 

Sumber:
themuse.com
sleekr.co
okezone.com

Tags:

  • karyawan
  • perusahaan
  • motivasi
  • bekerja
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang