Media

7 persiapan sebelum pindah kerja
By Widyanto Gunadi - 13 July 2018
4 min read 892 Views

Anda berniat pindah kerja? Mungkin sudah saatnya Anda melakukan hal tersebut. Akan tetapi, lakukan tujuh persiapan ini, sebelum benar-benar memutuskan untuk pindah kerja, ya. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda pikirkan masak-masak.

 

Cari pekerjaan sampingan 

Jika Anda berniat pindah kerja, pastikan sudah mengeksplor berbagai pilihan yang ada. Anda bisa memulai bisnis kecil-kecilan, sembari mencari peluang karir yang lebih baik. Membuat suatu fondasi sebelum melakukan tindakan pindah kerja amat penting, untuk menjamin finansial Anda di masa transisi. 

 

Bangun networking 

Koneksi amat penting dalam dunia kerja. Adopsilah kebiasaan memberi dan menerima saat melakukan networking. Jadikan hal ini kebiasaan yang Anda rajin lakukan. Jika sedang mencari pekerjaan baru, mulailah membangun koneksi dengan orang-orang di lingkungan profesional Anda. 

 

Berkomunikasi dengan para pemimpin 

Media sosial bisa menjadi sangat berguna untuk membangun koneksi. Anda bisa mulai memanfaatkannya, untuk berinteraksi dengan berbagai orang hebat. Pastikan bahwa Anda berinteraksi dengan berbagai orang di industri yang tepat, sesuai dengan rencanan kepindahan Anda. Misalnya, bila Anda ingin berkarier di bidang teknologi, pastikan untuk berinteraksi dengan para pemimpin hebat di industri tersebut. 

 

Tentukan karier

Ingatlah bahwa jalan karier Anda bukan ditentukan atasan, tapi Anda sendiri. Oleh karena itu, jika ingin terus berkembang, mulailah susun tujuan, dan rencana matang untuk merealisasikannya. Mulailah ambil kendali penuh, atas keputusan karier yang Anda buat untuk diri sendiri.  

 

Jangan batasi diri sendiri 

Banyak orang sungkan melakukan pindah kerja, karena mereka pikir pekerjaan baru tak akan cocok dengan kemampuan. Padahal, mungkin, banyak keahlian mereka yang cocok untuk pekerjaan baru tersebut. Mereka hanya tak berani, dan malah cenderung membatasi diri sendiri. Oleh sebab itu, jangan batasi diri Anda sendiri. Pikirkan sebuah rencana karier. Gagal masih lebih baik, daripada tak pernah mencoba sama sekali. 

 

Kenali kelebihan diri 

Penting untuk jadi tahu tentang semau kelebihan diri sendiri. Dengan begitu, Anda jadi dapat mempromosikan kemampuan, di depan calon atasan baru nanti. Pastikan Anda juga telah menyiapkan portofolio. Berlatihlah membuat jawaban wawancara yang tepat. Pasti Anda akan sukses untuk pindah kerja. 

 

Tentukan tujuan utama dalam berkarier

Apa yang menjadi tujuan utama dalam Anda melakukan langkah pindah kerja ini? Jika Anda telah mengerti semua konsekuensi dalam mengambil langkah ini, maka Anda telah siap berpindah kerja. Hal ini juga bisa Anda gunakan untuk berargumen ketika perekrut melemparkan pertanyaan tersebut.

Jadi, persiapkan diri dengan baik ya, sebelum Anda pindah kerja. Pastikan juga Anda mendapatkan perusahaan yang lebih baik. Bagaimana caranya? Anda bisa bergabung di talent marketplace EKRUT. Dengan begitu, ratusan perusahaan bisa melihat potensi Anda. Selanjutnya, berbagai peluang akan menghampiri Anda.

 

Rekomendasi bacaan:
Ternyata ada lho, profesi developer blockchain!
AI dan machine learning masuki industri finansial & perbankan
Tips produktif di kantor a la CEO kelas dunia

 

Sumber:
forbes.com
thebalancecareers.com
themuse.com

Tags:

  • pindah kantor
  • pindah kerja
  • resign
  • bekerja
  • kerja
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang