Published on

Careers

Tips menguasai soft skill yang paling dicari perusahaan di 2020

Maria Tri Handayani

soft-skills-yang-paling-dicari---EKRUT.jpg

Tahukah kamu bila salah satu soft skill yang paling dicari perusahaan pada tahun 2020 ini adalah kreativitas? Hal tersebut diungkapkan melalui data yang dikumpulkan oleh LinkedIn di awal tahun 2020. 

Banyak perusahaan membutuhkan karyawan yang secara kreatif dapat membawa ide-ide baru dalam melakukan pendekatan terhadap masalah maupun tugas di berbagai peran yang ada di perusahaan, mulai dari software engineering hingga HR.

Itu sebabnya agar dapat dilirik perusahaan impian, pastikan kamu menguasai kreativitas pada daftar soft skills kamu. Kembangkan soft skill yang paling dicari perusahaan di tahun 2020 tersebut di dalam pekerjaanmu sehari-hari dengan memerhatikan cara meningkatkan kreativitas berikut. 

Cari solusi-solusi baru dalam memecahkan masalah kecil sekalipun 

soft skills yang paling dicari - EKRUT
Dengan mencari cara baru dalam memecahkan masalah kamu dapat melatih kreativitas - EKRUT

Salah satu cara mengasah kreativitas di pekerjaan adalah dengan berlatih menciptakan solusi baru bahkan untuk masalah sekalipun.

Umumnya karyawan selalu terbiasa menggunakan pendekatan yang sama terhadap masalah yang rutin dihadapi dan terus mengulanginya. Padahal terbiasa melakukan hal ini bisa membuat kreativitasmu tidak berkembang. 

Cobalah berlatih dengan mengidentifikasi masalah bahkan masalah kecil sekalipun, lalu hasilkan ide untuk menyelesaikannya secara berbeda. Dengan begitu kamu akan terbiasa secara naluriah untuk berpikir lebih kreatif. 

Baca juga: Perbedaan antara menjadi kreatif dan inovatif

Gunakanlah kerangka design thinking

soft skills yang paling dicari - EKRUT
Kerangka berpikir design thinking membantu menghasilkan ide kreatif - EKRUT

Cara lain dalam mengasah soft skill yang paling dicari perusahaan pada tahun 2020 ini adalah dengan menggunakan kerangka berpikir design thinking

Dengan menggunakan kerangka berpikir ini kamu dapat terbantu dalam menciptakan ide-ide kreatif. Cara menggunakan kerangka berpikir design thinking tersebut misalnya dengan melakukan beberapa hal berikut: 

  • Tempatkan dirimu pada posisi orang yang masalahnya ingin kamu pecahkan. Dengan begitu kamu dapat memahami pengalaman dan solusi seperti apa yang sebenarnya ingin kamu capai. 
  • Jangan langsung puas hanya dengan solusi pertama yang muncul di benakmu. Carilah ide-ide lainnya terlebih dahulu. Bahkan jika ide itu masih terasa aneh jangan diremehkan. Pasalnya, ide-ide aneh ini mungkin akan menuntunmu ke solusi yang tepat. 
  • Sebelum menerapkan solusi yang kamu temukan, mintalah pendapat orang-orang di sekitarmu. Ini akan membantumu mendapatkan inspirasi lainnya. 

Berdiskusilah dengan orang dan tim yang berbeda

soft skills yang paling dicari - EKRUT
Berdiskusi dengan orang baru dapat memberi perspektif baru - EKRUT

Bila berhadapan dengan masalah dan tantangan dalam pekerjaan, kamu mungkin terbiasa untuk langsung bertanya dan berdiskusi dengan orang yang menurutmu memiliki pengalaman dan pengetahuan yang kamu cari. 

Orang tersebut seringkali berasal rekan kerja yang dekat denganmu dan  terbiasa bekerja bersamamu. Sesekali coba ubahlah kebiasaanmu ini. 

Carilah orang lain  di luar rekan kerja yang selalu terlibat dalam pekerjaanmu untuk mendiskusikan pertanyaan yang ada di benak kamu.

Dengan berdiskusi dengan orang yang berbeda, kamu mungkin akan mendapatkan berbagai perspektif baru yang bisa membantumu mencari ide yang baru dalam persoalan yang kamu hadapi. 

Sesekali keluarlah dari ruangan kerja 

soft skills yang paling dicari - EKRUT
Pemandangan baru dapat mengubah cara berpikirmu - EKRUT

Mungkin kamu merasa ada saat-saat di mana kreativitasmu buntu. Bila ini terjadi, menjauhlah dari komputer. Ambillah buku catatan dan duduklah di taman, atau pilihlah bekerja di luar kantor. 

Perubahan pemandangan dapat membantu mengubah cara berpikirmu. Sehingga bila kamu kembali ke meja, kamu dapat menemukan perspektif baru.

Jadwalkan waktu untuk berimajinasi 

soft skills yang paling dicari - EKRUT
Berimajinasi memberikanmu ruang untuk bebas memikirkan ide - EKRUT

Bila kamu pernah dihadapkan pada kebuntuan saat menghadiri sesi brainstorming atau meeting dengan tim dan rekan kerja, ada baiknya kamu mempersiapkan waktu setiap kali sebelum meeting diadakan untuk berimajinasi. 

Berimajinasi di sini dipahami sebagai  bebas memikirkan ide-ide di luar kotak.  Dengan memikirkan ide sebelum menghadiri sesi diskusi tersebut kamu dapat lebih bebas menggali berbagai perspektif sebelum dipengaruhi oleh pendapat orang lain. Selain itu dengan membekali diri dengan ide maka secara tak langsung kamu membantu meeting berjalan lebih efektif. 

Jadikan membaca sebagai rutinitas 

soft skills yang paling dicari - EKRUT
Rutin membaca baik untuk kreativitasmu - EKRUT

Banyak CEO dari perusahaan-perusahaan besar yang terbiasa membaca buku setidaknya satu dalam seminggu. Contohlah kebiasaan tersebut. Jadikan membaca sebagai bagian dari rutinitasmu.

Pasalnya, membaca buku memiliki banyak manfaat untuk kamu. Tidak hanya sekedar untuk bersantai dan mengurangi stres, membaca juga dapat membantumu berpikir lebih jernih dan menemukan cara berpikir yang baru. Tentunya ini bagus sebagai cara meningkatkan kreativitas sebagai soft skill yang harus kamu miliki.

Baca juga: 10 Skill yang dibutuhkan tahun 2020 ini wajib kamu kuasai

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kreativitas dalam keseharian dan pekerjaanmu. 

Dengan meningkatkan kreativitas tersebut tentu keinginanmu untuk menguasai soft skill yang paling dicari perusahaan di tahun 2020 ini dapat terpenuhi. Ini berarti peluangmu untuk dilirik oleh perusahaan akan semakin terbuka.

Kamu juga bisa memperbesar peluang tersebut dengan mendaftarkan diri di talent marketplace seperti EKRUT. Sebab ada banyak perusahaan impian yang mencari talent terbaik dengan skill sepertimu. 

Semoga berhasil! 

tahun baru kantor baru - EKRUT

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

Tags

Share