careers

9 Pertanyaan ini harus kamu ajukan sebagai kandidat selama interview

Maria Yuniar

18 April 2020

pertanyaan-yang-diajukan-saat-wawancara-EKRUT.jpg

Tentu kamu sudah tahu bahwa interview bukan hanya kesempatan bagi HRD maupun user untuk menggali tentang dirimu dengan pertanyaan wawancara. Sesi ini juga merupakan kesempatan untuk mencari tahu kecocokan suatu pekerjaan denganmu.

Saat perekrut membuka sesi tanya jawab, itulah kesempatan yang baik untuk mengumpulkan informasi mengenai pekerjaan dan perusahaan yang kamu minati.

Ajukan pertanyaan ini saat interview

pertanyaan yang diajukan saat interview - EKRUT
Menanyakan beberapa hal saat interview kepada pewawancara dapat membantumu mendapatkan informasi tambahin mengenai posisimu kelak - EKRUT

Agar kamu dapat memiliki gambaran mengenai pekerjaanmu dan mendapatkan informasi mendalam mengenai perusahaan tersebut, berikut ini beberapa daftar pertanyaan yang mesti kamu ajukan dalam sesi wawancara. 

1. "Bolehkah Bapak/Ibu menceritakan lebih banyak tentang tanggung jawab sehari-hari dari posisi ini?"

Ini adalah kesempatan kamu untuk belajar sebanyak mungkin tentang peran posisi yang kamu inginkan, sehingga dapat memutuskan apakah ini adalah pekerjaan yang cocok untukmu.

Selain itu, dengan mempelajari gambaran tugas sehari-hari, kamu juga akan mendapatkan lebih banyak wawasan tentang keterampilan yang diperlukan. 
 
2. "Kandidat seperti apa yang paling sesuai untuk posisi ini?"

Kamu bisa mendapat banyak informasi penting yang belum kamu peroleh dalam deskripsi pekerjaan yang dicantumkan perusahaan. Kamu pun nantinya bisa mempelajari budaya perusahaan. Jika memang cocok denganmu, mengapa tidak mempertimbangkan perusahaan ini sebagai tempat kerjamu kelak?

Baca juga: Tips interview kerja di berbagai jenis wawancara yang berbeda

3. "Bagaimana prospek perusahaan dalam 5 tahun mendatang?"

interview EKRUT 
Kamu bisa menanyakan kepada perekrut bagaimana prospek perusahaan dalam 5 tahun mendatang-EKRUT

Jika kamu berencana untuk berada dalam posisi di perusahaan itu selama beberapa tahun, pastikan perusahaan tersebut berkembang. Cari tahu juga tentang kondisi bisnis perusahaan. Jangan sampai kamu bergabung saat perusahaan sebenarnya sedang nyaris gulung tikar.

4. "Apa potensi terbesar perusahaan saat ini?"

Pertanyaan ini menunjukkan motivasimu untuk memanfaatkan peluang di perusahaan tersebut. Di samping itu, dengan mengajukan pertanyaan ini, kamu bisa mempelajari lebih lanjut tentang fokus perusahaan dalam beberapa waktu mendatang.

5. "Apa saja tantangan yang dihadapi perusahaan saat ini?"

Kamu pasti juga ingin tahu tentang tantangan yang dihadapi perusahaan. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui tren sekaligus persoalan dalam industri yang akan kamu geluti.

6. "Apa yang paling Bapak/Ibu sukai dari bekerja di perusahaan ini?"

Tak ada salahnya kamu menanyakan hal ini kepada pewawancara. Terkadang, kamu pun memerlukan informasi pengalaman kerja langsung dari orang-orang yang sudah lebih dulu di sana. 

Baca juga:  5 Kiat menyusun jawaban interview 'kenapa kamu tertarik bekerja di sini?'

7. "Bagaimana jalur karier untuk posisi saya ini?"

interview EKRUT 
Pertanyaan ini dapat membantumu mempelajari apakah perusahaan mempromosikan kemajuan kariermu atau tidak-EKRUT

Pertanyaan ini dapat membantumu mempelajari apakah perusahaan mempromosikan kemajuan kariermu di sana kelak. Dengan mengajukan pertanyaan ini, kamu dapat menunjukkan minat untuk tumbuh bersama organisasi.

Namun, kamu mesti cukup berhati-hati untuk tidak mengucapkannya dengan cara yang terdengar terlalu mementingkan diri sendiri. 

8. "Bagaimana cara perusahaan menilai keberhasilan kinerja karyawan?"

Mengetahui bagaimana perusahaan mengukur keberhasilan kinerja karyawan adalah hal terpenting.Lewat pertanyaan ini bisa membantu kamu memahami bagaimana caranya bisa meraih karir yang baik di perusahaan tersebut. 

Selain itu, lewat pertanyaan ini juga kamu bisa memutuskan apakah nilai dan budaya perusahaan selaras dengan nilaimu atau tidak.
 
9. "Apa proses selanjutnya dalam rekrutmen ini?"

Pertanyaan ini menunjukkan bahwa kamu tetap berminat dengan posisi tersebut. Ini juga akan membantumu mendapatkan informasi penting tentang deadline perekrutan sehingga kamu dapat melakukan follow-up dengan tepat.

Baca juga: 6 Tips sukses merancang rencana karir untuk masa depanmu

Dengan menanyakan sembilan pertanyaan di atas, kamu akan terlihat antusias dengan posisi yang ditawarkan perusahaan. Ini tentu menjadi nilai plus di mata perekrut. 

Bagaimana jika sampai saat ini kamu ternyata belum mendapat panggilan interview? Kamu bisa bergabung dengan talent marketplace EKRUT. Ada berbagai peluang dari ratusan perusahaan, termasuk startup, yang mencari kandidat berkualitas sepertimu!

interview EKRUT 
Last update: 18 April 2020

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags

Share