Register

careers

9 Skills ini kamu butuhkan untuk jadi Sales yang sukses

Tsalis Annisa

02 October 2020

sales-EKRUT.jpg

Sales merupakan suatu profesi kompleks, di mana kamu harus bisa menjual berbagai produk yang dapat ditawarkan oleh perusahaan. Mulai dari produk berupa barang, hingga kerjasama seperti iklan dan sebagainya.

Apapun produk yang kamu jual, untuk dapat unggul di dunia penjualan yang bergerak cepat ini, kamu perlu memerlukan beberapa skills tertentu.

Selain memiliki semangat dalam menjalankan profesimu, ada dua kategori besar yang perlu kamu kuasasi di dunia penjualan yaitu hard skill dan soft skill. Berikut penjelasannya.

Hard skills yang dibutuhkan oleh Sales

8 skill ini kamu butuhkan untuk jadi sales yang sukses EKRUT 
Ada sekitar 5 hard skills yang perlu dimiliki oleh seorang sales - EKRUT

Umumnya, seorang Sales perlu memiliki hard skills sebagai berikut agar dapat mengerjakan tugasnya dengan baik:

1. Memahami produk

Seorang Sales yang tidak mengerti benar produk yang mereka jual akan sulit mendapatkan hati calon-calon pembeli.

Maka dari itu, kamu harus memahami secara detail tentang produk, cara kerjanya, nilai bisnisnya, dan mengapa orang harus membeli produk tersebut.

2. Memahami penggunaan Microsoft Suite dan tools pendukung lainnya

Saat kamu mampu menggunakan teknologi pendukung kerjanya dengan baik, tentu pekerjaannya akan lebih efektif dan efisien.

Contohnya, untuk presentasi kamu akan membutuhkan Power Point, dan untuk menyusun laporan kamu memerlukan Microsoft Excel serta formulanya.

Selain itu, sebagai saran ada beberapa tools juga yang bisa digunakan seperti untuk mengelola kontak-kontak klien yakni CircleBack, Datanyze, Engagio hingga tools analytics yaitu Domo, Geckoboard, Clari.

3. Kemampuan presentasi

Seorang Sales harus mampu memaparkan produknya dengan baik dari sudut pandang calon pembeli. Kemampuan berbicara sangat penting di sini.

Dengan presentasi yang baik, kamu akan bisa membangun hubungan baik dengan calon pembeli. Bila sudah begitu, kesepakatan pun akan semakin mudah untuk terjadi.

Baca juga: 7 Tips presentasi efektif dan menarik

4. Time management

Bila seorang Sales dapat mengelola waktu dengan baik serta efesien, ia akan lebih mungkin bertemu dengan banyak calon pembeli, dan membuat kesepakatan.

Lebih baik lagi bila ia bisa menilai mana pembeli yang menjanjikan, dan mana yang tidak sehingga waku negosiasi lebih singkat.

5. Teknik closing sales 

Skills lain yang tak kalah penting dimiliki oleh Sales yakni tentang bagaimana mereka melakukan closing sales. Closing sales ini adalah tahapan yang memastikan klien untuk melakukan pembelian atau tidak. 

Bila seorang sales tidak bisa cepat melakukan closing, maka kemungkinan calon klien atau prospek akan menghilang dan menyebabkan kegagalan penjualan. 

Oleh karena itu, kemampuan persuasif dan mampu meyakinkan prospek menjadi sangat penting ketika melakukan teknik closing sales ini.

Soft skills yang dibutuhkan Sales

8 skill ini kamu butuhkan untuk jadi sales yang sukses EKRUT
 
Memiliki skill interpersonal jadi salah satu soft skill yang dibutuhkan oleh seorang sales - EKRUT

Selain hard skills, untuk menjadi seorang Sales yang handal, kamu juga perlu memiliki soft skills sebagai berikut:

1. Komunikasi

Dalam dunia penjualan, bagaimana cara kamu berbicara atau berkomunikasi lebih penting daripada isi pembicaraanmu. Hal ini bisa dinilai dari nada bicara, pilihan kata, dan sebagainya.

Seorang Sales sebaiknya menyesuaikan suara, dan gaya bicara dengan calon pelanggan, apakah harus formal atau dengan bercanda.

Dengan begitu, calon pelanggan menjadi merasa lebih dekat denganmu dan lebih mungkin membeli apa yang kamu jual.

2. Negosiasi

Selain itu, kamu juga perlu mampu bernegosiasi untuk mendapatkan kesepakatan terbaik dengan pelanggan tanpa merugikan perusahaan. Mendukung kemampuan ini, kamu harus tahu benar sebesar value sesuatu yang mereka jual.

Tak hanya itu, untuk sukses dalam negosiasi pun Sales harus dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan dan berpikir dari sudut pandang mereka.

3. Interpersonal

Interpersonal adalah hubungan antarpribadi, seorang Sales sebaiknya memiliki kemampuan ini. Pasalnya, kemampuan sekadar mengobrol dengan orang saja tidak cukup.

Seorang Sales juga perlu dapat mendengar keluhan pelanggan dengan baik yang diutarakan secara langsung maupun tidak. Kemudian, memberikan sesuatu sesuai dengan situasi mereka.

4. Fokus pada target

Seorang Sales tentu harus fokus pada target yang diminta oleh perusahaan. Tak hanya itu akan menjadi indikator besar dalam KPI mereka, hal ini pun bisa jadi pemacu bagi Sales dan menjadikannya kompetitif.

Agar dapat fokus dan berhasil, kamu perlu banyak belajar dari rekan-rekan lain, dan benar-benar berusaha semaksimal dan sekreatif mungkin untuk mencapai tujuan.

Tidak lupa, agar semangat selalu terjaga rayakan setiap keberhasilanmu bersama dengan tim.

Sekarang, kamu sudah tau skill penting yang dibutuhkan oleh seorang Sales. Kebanyakan dari skills tersebut didapat lewat pengalaman, meski beberapa juga dapat dipelajari dari kelas-kelas online.

Baca juga: Memilih kursus online yang tepat bagi pekerja

Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas Sales. Dengan begini, kamu bisa memiliki wadah untuk berbagi pengalaman, ilmu, dan informasi terbaru. Semangat!

skill ini kamu butuhkan untuk jadi sales yang sukses

Last update 2 October 2020

Sumber:

Tags

Share