Published on

Lainnya

8 Alat Olahraga Di Rumah yang Wajib Dimiliki dan Praktis untuk Digunakan

Algonz D.B. Raharja

H1_Alat_Olahraga_di_Rumah.jpg

Di tengah pandemi yang melanda hingga hampir dua tahun belakangan, beberapa dari kita mungkin masih khawatir dengan dunia luar. Meski begitu, kita harus tetap menjaga kesehatan sedemikian rupa untuk dapat terhindar dari virus. Namun, bagaimana cara kita tetap bisa berolahraga di rumah? Nah, simak tips berolahraga dengan beberapa alat yang bisa dilakukan di rumah berikut ini.

Manfaat berolahraga di rumah


Berolahraga di rumah dengan alat olahraga sederhana dapat menunjang kekuatan tubuh selama pandemi (Sumber: Pexels)

Bagi kamu yang masih khawatir untuk berolahraga di ruangan terbuka atau pusat kebugaran, solusi terbaik bagimu adalah berolahraga di rumah. Kamu perlu mengetahui bahwa berolahraga di rumah pun dapat dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh dan memperkuat fisikmu.

Meski nampak sederhana dengan ruangan terbatas, namun berolahraga di rumah tetap dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuhmu. Hal ini diutamakan bagi mereka yang mungkin tertular virus dan harus melakukan isolasi mandiri di rumah. Kamu tidak perlu stres dan bosan karena tidak bisa berolahraga, sebab berbagai cara dapat dilakukan untuk bisa berolahraga secara mandiri di rumah.

Adapun manfaat dari berolahraga di rumah adalah sebagai berikut:

  • Menghindarkan diri dari paparan banyak orang
  • Menghindari kontak dengan lingkungan terdampak virus
  • Meningkatkan kekuatan fisik dan otot
  • Menekan stres dengan bergerak
  • Memberi variasi terhadap gaya hidup harian saat sedang work from home (WFH)
  • Menyeimbangkan pola makan dan bekerja dengan berolahraga
  • Membuat tubuh segar dan bugar setelah duduk terlalu lama saat WFH

Baca juga: 6 Manfaat Olahraga untuk Pekerja Kantoran yang Sibuk

8 rekomendasi alat olahraga di rumah


Alat olahraga untuk olahraga mandiri di rumah bisa didapatkan dengan mudah lewat toko daring (Sumber: Pexels)

Untuk dapat melakukan olahraga di rumah dengan mudah, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa alat-alat olahraga yang bisa kamu beli secara daring.

Adapun alat-alat olahraga yang bisa menunjang kegiatan olahraga di rumah adalah sebagai berikut:

1. Tali skipping

Jika kamu ingin membakar lemak dan melatih jantung dan paru-paru, maka salah satu alat yang umum digunakan adalah tali skipping. Tali skipping juga merupakan alat olahraga populer untuk alternatif olahraga kardio.

Ketika kamu tidak bisa mengakses tempat terbuka untuk jogging atau bersepeda, maka tali skipping bisa menjadi alat olahraga alternatif buatmu. Dengan melakukan lompatan selama setengah menit atau minimal lima puluh lompatan, kamu bisa mulai memperkuat jantungmu.

Kamu bisa melakukan repetisi tiga sampai empat kali tiap setengah menit dengan istirahat selama satu hingga satu setengah menit.

Baca juga: 5 Tips Olahraga Ringan Selama WFH

2. Mini barbel (dumbell)


Dumbell merupakan alat olahraga yang dapat digunakan untuk memperkuat otot lengan (Sumber: sehatq.com)

Jika kamu ingin memperkuat otot bisep dan trisep pada lenganmu tanpa harus pergi ke pusat kebugaran, maka mini barbel adalah alat olahraga paling tepat buatmu. Kamu bisa mencari barbel dengan ukuran satu kilogram hingga lima kilogram lewat toko olahraga daring.

Untuk panduan gerakan lengan, kamu bisa melihat penggunaan alat olahraga mini barbel ini di berbagai kanal YouTube. Lakukan repetisi untuk tiap gerakan seperti 10-15 kali tiap set dengan total 3-4 set. Jangan lupa untuk beristirahat setelah satu set dan mulailah dengan barbel ukurang ringan seperti satu atau dua kilogram.

3. Matras yoga

Salah satu alat olahraga yang cukup populer selama pandemi adalah matras yoga. Alat olahraga ini dapat dibeli dengan murah secara daring dan ringan untuk dipindahkan. Jika kamu memiliki tempat tinggal dengan balkon atau ruang terbuka, maka kamu bisa memanfaatkan matras yoga untuk berolahraga di udara terbuka.

Untuk variasi gerakan dan keamanan, kamu dapat melihat berbagai video panduan yoga gerakan sederhana lewat beberapa kanal YouTube. Kamu bisa masukkan kata kunci “Gerakan Yoga” dan dengan mudah menemukan panduan gerakan yoga secara mandiri. Gerakan yoga bagus untuk meregangkan otot tubuh dan memperkuat otot hampir di seluruh bagian tubuh, tergantung gerakan mana yang kamu pilih.

Baca juga: 6 Cara Mengecilkan perut Buncit untuk Pekerja Kantoran

4. Bola fitness

Bola fitness atau gym ball merupakan salah satu alat olahraga yang populer dan dapat digunakan untuk berbagai gerakan tubuh. Bagi kamu yang bekerja dengan duduk seharian karena WFH, kamu perlu memperbaiki postur tubuh dengan gym ball ini.

Selain untuk perbaikan postur tubuh dan peregangan tulang belakang, kamu juga melakukan variasi gerakan untuk meningkatkan kekuatan tangan, keseimbangan, dan fleksibilitas tubuh dengan alat olahraga ini.

Baca juga: eSport dan Gaming, Apa Sih Bedanya?

5. Pull bar


Pull bar merupakan alat olahraga alternatif untuk melakukan gerakan pull up di rumah (Sumber: wcmanet.org)

Salah satu alat olahraga populer yang bisa dipasang di rumah adalah pull bar atau palang tunggal portable untuk gerakan pull up. Kamu bisa memasang alat olahraga ini di kusen pintu.

Bentuk pull bar umumnya telah diperkuat dengan material yang kuat dengan bagian pegangan tangan busa. Bagi mereka yang mungkin ingin lebih sederhana dalam melakukan pull up secara mandiri mungkin bisa menggunakan bagian atas kusen pintu yang terbuka sebagai pegangan untuk pull up.

6. Ab wheel

Alat olahraga yang satu ini berbentuk roda tunggal berputar dengan dua pegangan pada kedua sisi kanan dan kiri. Ab wheel umum digunakan untuk berlatih otot lengan, punggung, bahu, dan juga perut.

Kamu bisa menggunakan alat olahraga ini dengan bergerak maju dan mundur dengan posisi tubuh tengkurap seperti saat push up. Ab wheel juga merupakan alat olahraga alternatif untuk plank.

7. Sepeda statis


Alat olahraga yang cukup populer untuk digunakan di rumah adalah sepeda statis (Sumber: productnation.com)

Jika kamu memiliki dana lebih untuk membeli alat olahraga mutakhir, maka sepeda statis bisa menjadi pilihan tepat buatmu. Kamu bisa menggunakan sepeda statis untuk berolahraga di rumah dan membantumu menurunkan berat badan.

Sepeda statis juga dapat digunakan untuk proses fisioterapi atau pemulihan diri dari cedera. Sepeda statis pun dijual dengan berbagai jenis dan fitur seperti pengukur detak jantung, pengukur kalori yang dibakar, dan sejenisnya. Dengan adanya fitur ini, kamu bisa menakar pembakaran kalori harianmu.

8. Kettlebell


Kettlebell bisa menjadi alat olahraga alternatif untuk latihan beban dan squat (Sumber: menshealth.com)

Selain dumbell atau barbel mini, alat olahraga dengan model angkat beban lainnya adalah kettlebell. Alat olahraga jenis ini mudah digunakan karena memiliki pegangan di bagian atasnya. Beban kettlebell umumnya variatif dari 8 kilogram, 12 kilogram, dan 16 kilogram.

Kamu bisa menggunakan alat olahraga ini di rumah untuk memperkuat otot tubuh bagian atas atau untuk membantu gerakan squat. Gerakan squat dengan kettlebell dapat menunjang perkembangan otot paha dan betis, serta keseluruhan kaki bagian belakang.

Baca juga: 6 Cara Agar Tidak Stres Setelah Bekerja Seharian

Nah, itulah tadi beberapa alat olahraga yang bisa kamu gunakan untuk berolahraga di rumah. Hampir semua alat olahraga tadi bisa kamu beli lewat toko olahraga daring, sehingga kamu tidak perlu pergi ke luar rumah untuk mencarinya.

Dengan tetap berolahraga, kamu bisa mengurangi risiko terkena dampak virus secara masif. Oleh karena itu, ada baiknya untuk kamu tetap aktif meski sedang melakukan isolasi mandiri maupun bekerja dari rumah.

Sedangkan, bagi kamu yang masih bergelut untuk mendapat pekerjaan baru, ada baiknya kamu mulai mendaftarkan dirimu lewat EKRUT untuk mendapatkan informasi karier yang tepat. Kamu bisa mendaftarkan dirimu lewat tautan di bawah ini dan siapkan CV terbaikmu untuk menjemput karier terbaik buatmu.

Sumber:

  • hellosehat.com
  • popmama.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cover.jpg

    Lainnya

    Cara Olahraga Mata agar Tetap Sehat saat Menatap Gadget dan Layar Laptop

    Detty Risetya

    06 September 2022
    7 min read
    cover_(1).jpg

    Lainnya

    Perbedaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang Wajib Kamu Ketahui

    Detty Risetya

    06 September 2022
    6 min read
    cek-tagihan-dan-pembayaran-bpjs-kesehatan.jpg

    Lainnya

    4 Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan yang Hilang dengan Mudah dan Praktis

    Lita Lia

    01 September 2022
    6 min read

    Video