Published on

Careers

5 Tips olahraga ringan selama WFH yang bisa kamu coba

Nur Lella Junaedi

tips-olahraga-ringan-di-rumah-EKRUT.jpg

Keadaan pandemi memaksa orang untuk melakukan work from home dan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Tak jarang keadaan ini mampu membuat bosan, apalagi bagi mereka yang terbiasa aktif di luar rumah. 

Nah untuk mengatasi kebosanan tersebut serta membuat badanmu tetap bugar, tak ada salahnya kamu mencoba tips olahraga ringan di rumah selama WFH berikut ini. 

1. Berlari-lari kecil di teras rumah

tips olahraga ringan di rumah EKRUT 
Cobalah untuk melakukan lari-lari kecil di teras rumah-EKRUT

Bagi kamu yang terbiasa berolahraga lari selepas pulang dari kantor mungkin akan banyak terganggu di masa-masa WFH ini.

Tapi jangan bingung, kamu masih bisa melakukan latihan lari dan peregangan di teras halaman rumah sambil berjemur. Cobalah untuk berlari di area taman rumah atau teras lalu hitung berapa banyak kamu mampu bolak-balik di area tersebut. 

Kegiatan berlari-lari kecil ini bisa kamu lakukan setiap hari selama sekitar 15 menit atau kamu pun bisa melakukan 3 kali dalam seminggu. 

Tapi ingat, ada baiknya sebelum melakukan olahraga ringan di rumah ini, kamu melakukan peregangan agar tidak terjadi cedera otot. 

Baca juga: 7 Cara jitu mengelola karyawan saat work from home

2. Angkat beban dengan menggunakan botol air 

tips olahraga ringan di rumah EKRUT
 
Kamupun bisa memanfaatkan botol minum sebagai pengganti dari dumbell-EKRUT

Untuk kamu yang terbiasa berolahraga di gym sebelum pandemi Corona terjadi tentunya merasa terganggu.

Meski gym langganan kamu tutup, kamu masih bisa kok berolahraga di rumah, salah satunya dengan angkat beban. Bila tidak memiliki dumbell kamu bisa memanfaatkan botol minum sebagai penggantinya. 

Letakkan dua botol minum berukuran standar di kedua tanganmu, lalu mulailah melakukan gerakan seperti layaknya kamu sedang mengangkat beban. Lakukan gerakan ini sekitar 10 menit bagus untuk peragangan otot. 

3. Manfaatkan meja untuk push up

tips olahraga ringan di rumah EKRUT 
Manfaatkan juga meja kerja untuk melakukan push up-EKRUT

Tips olahraga ringan di rumah lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan push up di meja kerja. Lantaran push up di lantai terdengar sangat biasa dan mungkin kamu sudah sering melakukannya. 

Cobalah menggunakan meja kerjamu untuk menahan beban saat kamu melakukan push up. Tetapi sebelum melakukan gerakan ini, pastikan meja kerja cukup kokoh menopang berat badan, bila perlu sandarkan meja itu ke arah tembok agar lebih kuat. 

Mulailah dengan meletakkan tangan di atas meja sedikit lebih lebar dari bahu, lalu turunkan tubuh ke bawah meja dan dorong sampai lengan lurus terkunci persis seperti gerakan push up. 

Lakukan salah satu olahraga di rumah ini selama kurang lebih 5-10 menit. Dampaknya akan langsung dirasakan pada otot tangan dan kaki.

Baca juga: 6 Manfaat olahraga untuk pekerja kantoran yang sibuk

4. Tricep Dips

tips olahraga ringan di rumah EKRUT 
Dengan memanfaatkan kursi kamu juga bisa melakukan gerakan Tricep Dips-EKRUT

Dengan memanfaatkan kursi, kamu juga bisa melakukan olahraga di rumah lainnya. Gerakan ini dinamakan Tricep Dips, yang perlu kamu lakukan adalah memilih kursi yang kuat dan tidak memiliki roda. 

Sandarkan kursi tersebut ke dinding atau meja, lalu badan kamu mulai bergeser ke depan kursi dengan dua tangan menghadap ke depan. 

Letakkan telapak tangan di kursi, tekuk siku lurus ke belakang dan mulai turunkan tubuh kamu ke atas dan ke bawah. Perhatikan agar punggung tidak terlalu jauh dari kursi dan atur pergerakan seefektif mungkin. 

Lakukan gerakan ini dengan hati-hati karena bila kamu terjatuh ini cukup berbahaya bagi tulang ekormu. 

5. Yoga 

tips olahraga ringan di rumah EKRUT 
Gerakan Yoga Sukshasana bisa kamu coba untuk hilangkan stress-EKRUT

Tips olahraga ringan dirumah selama WFH yang bisa kamu coba adalah melakukan yoga. Selain sehat, melakukan gerakan yoga dipercaya juga bisa membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh

Akan tetapi, sebelum melakukan yoga pastikan bila kamu memiliki matras sebagai alas agar tidak licin. Setelah itu, kamu bisa mulai melakukan berbagai gerakan seperti gerakan sukhasana dan pranayama. 

Gerakan sukhasana dilakukan dengan cara duduk dengan kaki menyilang, sementara kedua tangan diletakkan belakang sembari menahan badan dan kepala menengadah ke atas. 

Sedangkan untuk gerakan pranayama hanya berupa aktivitas bernapas selama 10 kali. Bila kedua gerakan ini dilakukan secara bersama-sama tak hanya bisa menguatkan imun tubuh, tetapi juga menghilangkan stress akibat rasa jenuh karena bekerja dari rumah. 

Selain lima tips olahraga ringan di rumah selama WFH di atas, sebenarnya masih ada jenis olahraga lain yang bisa kamu coba. Seperti gerakan cardio yang bisa kamu sontek dari YouTube. 

Baca juga: Mengenal virus Corona dan cara mencegahnya di kantor

Kamu pun bisa mengajak si kecil untuk berolahraga bersama agar semua keluarga tetap sehat meski hanya #dirumahaja. Jadi sekarang tidak bingung lagi bukan untuk melakukan olahraga di rumah?

tips olahraga ringan di rumah EKRUT

Sumber: 

Tags

Share