Careers

4 Kelebihan dan kekurangan sikap ambisius dalam dunia kerja yang penting untuk diketahui

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Sylvia Rheny

A full time learner marketing enthusiast.

4_Kelebihan_dan_kekurangan_sikap_ambisius_dalam_dunia_kerja_yang_penting_untuk_diketahui.jpg

Orang yang ambisius cenderung dianggap sebagai pekerja hebat karena keinginan mereka untuk sukses dan sifatnya yang berorientasi pada tujuan. Jika dibarengi dengan usaha yang maksimal, ambisi dapat membawa seseorang menuju pencapaian yang tinggi. Tapi bagaimana dengan sisi negatif dari sikap ambisius? Bagaimana sikap ambisius ini tercermin dalam pekerjaan dan interaksi mereka dengan rekan kerja dalam satu tim? Yuk, ketahui lebih mendalam karakteristik, kelebihan, kekurangan, dan cara menunjukkan sikap ambisius di tempat kerja!

Baca juga: 11 Karakter karyawan yang tak boleh ditiru

Apa itu ambisius?


Ambisius adalah keinginan kuat untuk menjadi sukses. (Sumber: Pexels)

Menurut Cambridge Dictionary, ambisius adalah keinginan kuat untuk menjadi sukses, kuat, atau kaya. Keinginan untuk berhasil dan maju adalah ciri khas ambisi. Di tempat kerja, campuran antara keinginan dan tindakan yang nyata akan mendorong kamu ke jenjang karir yang baru. Menjadi ambisius di tempat kerja adalah hal yang baik. Manajer menyukai karyawan yang ambisius karena antusiasme dan dorongan mereka yang sering mengarah pada produktivitas yang lebih tinggi, di mana pada akhirnya akan memberikan dampak positif bagi kinerja tim atau kemajuan perusahaan.

Individu yang ambisius sering kali mendapati diri mereka dipromosikan dan menerima penghargaan lebih cepat daripada karyawan dengan ambisi yang lebih rendah. Sikap ambisius adalah bagian penting untuk mencapai apa yang kamu inginkan dalam karier. Banyak tujuan yang berharga membutuhkan kerja keras dan tekad untuk mencapainya dan ambisi dapat membantu kamu tetap termotivasi saat berusaha mencapainya. Dengan ambisi, kamu dapat mulai melihat visi dan mencari tahu bagaimana akan mewujudkannya.

Baca juga: Apa sih sifat-sifat yang dimiliki orang sukses?

Karakteristik sikap ambisius


Karakteristik sikap ambisius adalah keterbukaan pikiran. (Sumber: Pexels)

Sukses adalah sesuatu yang kita semua inginkan dan perjuangkan. Tetapi jika kesuksesan datang dengan mudah, kita semua akan berhasil pada level yang sama. Untuk mencapai kesuksesan tersebut, seseorang memerlukan sikap ambisius. Beberapa karakteristik sikap ambisius adalah seperti di bawah ini.

1. Seorang yang ambisius memiliki tujuan yang ingin dicapai dan menyimpannya sendiri

Dalam TED Talk 2010, seorang entrepreneur bernama Derek Sivers mengatakan, “Orang-orang yang ambisius adalah orang-orang yang berorientasi pada tujuan dan selalu berjuang menuju pencapaian berikutnya, tetapi untuk mencapai ambisi yang sehat maka seseorang sebaiknya merahasiakan ambisi tersebut dari orang lain.” Menurut psikolog, menceritakan ambisi kepada orang lain akan membuat seseorang menjadi kehilangan motivasi untuk melakukan kerja keras yang seharusnya dilakukan karena seseorang akan mendapatkan kepuasan bahkan sebelum meraih tujuan yang ingin dicapainya.

2. Seorang yang ambisius bersedia untuk mengambil resiko

Salah satu karakteristik sikap ambisius adalah keberanian untuk mengambil resiko. Seseorang yang ambisius menyadari bahwa setiap sikap dan tindakan yang diambil pasti akan menimbulkan resiko. Namun, ia tetap bersedia untuk mengambil resiko agar tetap bisa memberikan ruang bagi diri sendiri untuk mengeksplorasi dan menemukan hal baru.

Baca juga: 10 Tips mendapatkan first impression yang positif di tempat kerja

3. Seorang yang ambisius terbuka pada setiap cara pikir baru

Selanjutnya, karakteristik sikap ambisius adalah membuka diri mereka pada cara berpikir yang baru. Seorang yang ambisius akan membuka diri untuk berbicara dengan orang baru dan belajar dari pengalaman dan cara berpikir mereka. Terdapat keyakinan bahwa ia akan menemukan peluang menarik yang bisa membuat diri terus bertumbuh.

4. Seseorang yang ambisius berfokus pada eksekusi

Seringkali orang menghabiskan sebagian besar waktu untuk mengasah keahlian mereka dan meneliti solusi atau kemungkinan. Meskipun bijaksana untuk menyusun dan menjalankan strategi untuk setiap jenis visi yang ingin dicapai, orang-orang yang ambisius memberikan penekanan utama pada eksekusi bukan hanya rencana semata. Karena pada akhirnya, rencana tanpa eksekusi adalah sia-sia.

5. Seseorang yang ambisius tidak bersaing dengan orang lain

Pesaing terbesar seseorang yang ambisius adalah dirinya sendiri. Mereka mengukur kesuksesannya dengan cara membandingkan dirinya hari ini terhadap dirinya kemarin. Mereka tidak terjebak membandingkan diri sendiri dengan pencapaian orang lain dan itulah yang membuat mereka tetap bisa berfokus untuk mencapai tujuannya.

Baca juga: 6 Cara mengatasi gangguan kecemasan di tempat kerja

4 Kelebihan dan kekurangan sikap ambisius dalam dunia kerja


Kelebihan sikap ambisius adalah membuat seseorang berfokus pada tujuan. (Sumber: Pexels)

Meskipun banyak memiliki manfaat untuk mencapai kesuksesan dalam karier dan kehidupan, kamu juga perlu mengetahui beberapa kekurangan dari sikap ambisius agar dapat menyadari dan menghindarinya. Kelebihan dan kekurangan sikap ambisius adalah sebagai berikut.

Kelebihan sikap ambisius Kekurangan sikap ambisius
Sikap ambisius adalah salah satu jalan untuk mencapai tujuan demi tujuan yang lebih besar dan seringkali hal tersebut merupakan kunci kesuksesan. Seseorang yang memiliki sikap ambisius bekerja secara perfeksionis sehingga kurang berfokus pada produktivitas.
Sikap ambisius membuat seseorang menjadi pekerja keras karena mereka memiliki mimpi yang besar untuk dicapai. Sikap ambisius bisa menjadikan seseorang menjadi lebih sensitif terhadap kritik dan kegagalan.
Sikap ambisius membuat seseorang menjadi lebih percaya diri karena kemampuan mereka dalam bekerja keras dan memanajemen diri sendiri. Sikap ambisius bisa merenggangkan hubungan dengan orang lain karena tidak menginvestasikan cukup waktu untuk suatu hubungan.
Sikap ambisius dan haus akan sesuatu yang lebih akan menantang diri sendiri untuk mencapai tujuan yang lebih besar. Seseorang yang ambisius sering memiliki kecenderungan untuk mengabaikan waktu istirahat pribadi mereka.

Baca juga: 7 Mindset orang sukses yang harus kamu miliki

Cara menunjukan sikap ambisius di tempat kerja


Cara menunjukkan sikap ambisius adalah dengan menunjukkan inisiatif. (Sumber: Pexels)

Menunjukkan sikap ambisius di tempat kerja bisa memberikan vibrasi positif selama dilakukan dengan benar. Beberapa cara untuk menunjukkan sikap ambisius adalah sebagai berikut:

1. Tunjukkan inisiatif

Cara pertama menunjukkan sikap ambisius adalah dengan menunjukkan inisiatif. Menunjukkan inisiatif bisa dilakukan dengan cara memberikan solusi atas suatu masalah atau melaksanakan tugas tanpa diminta. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan mengambil tugas yang menguntungkan perusahaan secara keseluruhan. Satu-satunya cara untuk mengetahui apa yang menguntungkan perusahaan adalah dengan secara aktif memperhatikan kesejahteraan perusahaan. Namun, pastikan bahwa setiap proyek atau ide yang kamu sarankan sejalan dengan pernyataan misi perusahaan dan mendukung visi perusahaan.

2. Jadilah aset berharga bagi perusahaan

Cara kedua menunjukkan sikap ambisius adalah dengan menjadi aset berharga bagi perusahaan. Terus belajar dengan meningkatkan pengetahuan yang kamu miliki atau menjadi ahli bidang tertentu di tempat kerja membantu membuat kamu lebih berharga di tempat kerja. Meningkatkan pengetahuan menunjukkan komitmen terhadap keahlian yang kamu miliki dan selain itu bisa menempatkanmu di posisi utama untuk promosi dan kenaikan gaji. Meningkatkan keterampilan dan mempelajari tentang tugas rekan kerja dalam departemen yang sama juga dapat membantumu menambah value dengan baik.

3. Membantu atasan

Selanjutnya, cara menunjukkan sikap ambisius adalah dengan menjadi karyawan terbaik, yaitu dengan cara berkontribusi untuk keuntungan perusahaan sekaligus menjadi pribadi yang positif dan menyenangkan untuk diajak bekerja sama. Salah satu mencapainya dapat dilakukan dengan cara membantu atasan atau manajer untuk mencapai tujuannya. Memahami apa tujuan ini dan secara aktif membantu manajer untuk mencapainya akan menunjukkan bahwa kamu adalah orang memiliki inisiatif dan ambisi.

4. Menjadi sukarelawan

Terakhir, cara untuk menunjukkan sikap ambisius adalah dengan menjadi sukarelawan di tempat kerja. Menjadi sukarelawan di tempat kerja berarti menawarkan untuk bekerja lembur dalam suatu proyek atau mengangkat tangan selama rapat ketika atasan meminta seseorang untuk mengambil peran atau tugas. Selain itu, menjadi sukarelawan juga bisa ditunjukkan dengan membantu rekan kerja yang membutuhkan.

Baca juga: 7 Tips sukses merancang rencana karier untuk masa depanmu

Itulah beberapa karakteristik hingga cara menunjukkan sikap ambisius di tempat kerja. Kamu dapat melatih sikap ambisius ini untuk mencapai tujuan yang lebih besar dalam kariermu, namun tetap ingat agar tidak berlebihan dalam menerapkan sikap ambisius ini dalam kehidupan sehari-hari.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, kalau kamu ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, yuk, sign up di EKRUT sekarang juga karena banyak peluang kerja dari perusahaan dan startup ternama menantimu!

sign up EKRUT

Sumber:

  • Work Chron
  • Human Capital
  • Entrepreneur
  • Cambridge Dictionary
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    29 November 2022
    6 min read
    business-model-canvas-EKRUT.jpg

    startup

    Segmen Business Model Canvas untuk Merancang Bisnis di Awal

    Nur Lella Junaedi

    29 November 2022
    8 min read
    H1_1._5_Cara_Menjawab_Pertanyaan_“Kenapa_Kami_Harus_Menerima_Anda_”.jpg

    Careers

    Panduan Menjawab “Kenapa Kami Harus Menerima Anda?” Beserta Contohnya

    Anisa Sekarningrum

    29 November 2022
    7 min read

    Video