Careers

10 Tips mendapatkan first impression yang positif di tempat kerja

Published on
Min read
6 min read
time-icon
Ningtyas Dewanasari Kinasih

A newcomer in content writing who studied tourism. Very keen to learn about this field.

10_Tips_mendapatkan_first_impression_yang_positif_di_tempat_kerja.jpg

Memberikan kesan pertama yang baik tidak hanya diperlukan saat kamu sedang melakukan interview saja. Jika sudah menerima tawaran pekerjaan tersebut, kamu harus menjaga first impression yang baik saat mulai bekerja. Di hari pertama bekerja, kamu akan bertemu dengan kolega baru, atasan, atau bahkan klien. Itulah waktu yang tepat untuk menunjukkan first impression yang dapat membangun hubungan baik secara profesional dalam jangka panjang. Agar bisa memberikan first impression yang positif, perhatikan tipsnya berikut ini.

Pentingnya first impression dalam dunia kerja


First impression dapat mempengaruhi hubungan profesional jangka panjang. (Sumber: Pexels)

Terdapat ungkapan bahwa kamu hanya mendapatkan satu kesempatan untuk membuat first impression, terutama dalam lingkungan kerja yang baru. Seseorang secara natural akan membentuk opini saat pertama kali bertemu dengan orang lain. Sehingga penting untuk berpikir bagaimana kamu akan memberikan kesan yang positif terhadap kolega baru. Nah, first impression di tempat kerja seringkali dapat membentuk reputasi dan persepsi jangka panjang. Terutama pada minggu-minggu pertama ketika manajer atau atasan langsung mulai membentuk kesan terkait kemampuan atau kepribadian dari karyawan baru baik.

Studi baru mengenai first impression, menyebutkan bahwa 75 persen orang dewasa di UK membuat penilaian awal terhadap seseorang yang baru ditemui hanya dalam satu menit. Tentunya, kebanyakan manajer tidak akan berekspektasi kalau kamu sebagai karyawan  baru dapat langsung menyelesaikan tugas dengan baik. Hal tersebut karena umumnya karyawan baru butuh waktu untuk dapat beradaptasi. Namun, first impression yang baik setidaknya  akan memberikan gambaran positif untuk kolega atau atasan.

10 Tips mendapatkan first impression yang positif


Mendapatkan first impression yang positif bukanlah hal yang sulit. (Sumber: Pexels)

Ketika bertemu dengan orang atau kolega baru, seseorang hanya butuh beberapa detik saja untuk membentuk suatu kesan. Dalam waktu singkat, seseorang akan membentuk opini tentang kamu berdasarkan penampilan, body language, cara berbicara, atau tingkah laku. First impression seseorang terhadap orang lain biasanya sulit untuk diubah dan dapat berpengaruh terhadap hubungan jangka panjang. Sehingga sangat penting bagi kamu untuk membuat first impression yang baik. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan first impression yang positif.

Baca juga: 5 Tips atasi gugup di hari pertama kerja

1. Tepat waktu

Kolega atau atasan tidak akan peduli dengan berbagai alasanmu jika datang terlambat. Rencanakanlah untuk datang beberapa menit lebih awal dan berikan kelonggaran waktu untuk hal-hal tidak terduga seperti macet atau salah jalan. Datang lebih awal jauh lebih baik daripada terlambat. Selain itu, tepat waktu merupakan langkah awal untuk memberikan first impression yang positif.

2. Berpakaian dengan sesuai


Berpakaian dengan menyesuaikan dress code kantor akan membuatmu lebih percaya diri. (Sumber: Pexels)

Sebelum masuk hari pertama kerja, pastikan kamu menanyakan dress code di kantor barumu. Beberapa bidang perusahaan seperti hukum mengharuskan kamu untuk berpakaian secara formal. Namun, saat ini banyak perusahaan yang lebih santai dalam menerapkan aturan berpakaian untuk karyawannya. Meskipun begitu, kamu tetap harus berpenampilan rapi dan profesional, terutama untuk memberikan first impression yang baik. Kamu bisa menghindari pakaian yang ditujukan untuk olahraga atau terlalu terbuka. Perhatikanlah cara berpakaian kolega lain atau atasanmu sebagai referensi.

3. Bersikap ramah dan melakukan eye contact

Saat bertemu kolega baru, pastikan untuk tersenyum dan menjaga kontak mata dengan lawat bicaramu. Hal itu akan membantumu tampak ramah dan memberikan first impression yang baik.

4. Memperkenalkan diri

Menjadi "orang baru" dalam lingkungan kerja bisa cukup mengintimidasi. Tapi hindari kekhawatiran berlebihan karena setiap orang pernah ada diposisimu. Mungkin manajer barumu akan mengajakmu berkeliling untuk perkenalan. Jika tidak, kamu harus berinisiatif untuk memperkenalkan diri ke kolega yang lain.

5. Banyak bertanya


Mengajukan pertanyaan akan menunjukkan keinginan untuk belajar.  (Sumber: Pexels)

Jangan pernah takut untuk bertanya karena dari situlah kamu bisa banyak belajar. Ketika kamu sedang dalam proses training atau pelatihan, pastikan kamu menanyakan berbagai hal yang kurang jelas. Mereka akan lebih mengapresiasi ketika kamu bertanya, karena menunjukkan jika kamu mau belajar. Akan tetapi, hindari menanyakan pertanyaan secara berulang-ulang karena kamu akan dianggap tidak fokus.

6. Mengambil inisiatif

Jika kamu menerima pekerjaan, tunjukkan bahwa kamu antusias. Jika coworker kamu meminta bantuan, kamu bisa mengiyakan selama sesuai dengan kemampuanmu. Kamu akan menunjukkan bahwa kamu bisa bekerja dalam tim, dan mereka juga akan membantumu nantinya.

7. Tunjukkan rasa percaya diri


Menatap lawan bicara akan memperlihatkan bahwa kamu percaya diri. (Sumber: Pexels)

Body language seringkali mengambil peranan penting untuk membuat membuat first impression yang baik. Menatap lawan bicara, berdiri tegak, atau bersalaman dengan tegas. Hal-hal tersebut akan memperlihatkan kalau kamu percaya diri dan membuatmu merasa lebih tenang.

Baca juga: 9 Contoh etos kerja yang penting bagi perkembangan karier

8. Menjadi diri sendiri

Untuk membuat first impression yang baik kamu memang harus bisa "fit in". Tetapi bukan berarti kamu harus menjadi orang lain. Cara terbaik untuk memberikan first impression adalah dengan menjadi dirimu sendiri. Kamu bisa jadi lebih percaya diri dan membangun kepercayaan dengan orang-orang yang kamu temui.

9. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup merupakan saran yang cukup sering kamu dapatkan terutama saat kamu memiliki acara tertentu. Mendapatkan tidur yang cukup akan memberikan dampak positif saat kamu datang bekerja. Kamu akan merasa lebih baik, memiliki energi, dan bisa berkonsentrasi. Jika kamu terlihat lesu atau lelah, tentunya kesan yang kamu berikan ke rekan kerja kurang baik.

10. Hindari bermain gadget


Terlalu banyak bermain handphone akan memberikan kesan buruk terhadap rekan kerja lain. (Sumber: Pexels)

Terlalu banyak bermain dengan smartphone-mu akan memberikan kesan yang kurang baik. Kamu akan dianggap tidak serius dan pekerjaanmu akan terganggu. Jika kamu harus menggunakannya, kamu bisa membukanya saat istirahat atau bisa pergi ke toilet untuk mendapatkan privasi.

Nah, kamu bisa mendaftarkan diri kamu di talent marketplace EKRUT apabila sedang mencari pekerjaan. Kamu akan dihubungkan dengan berbagai perusahaan yang sesuai dengan keahlianmu. Jangan lupa untuk menerapkan tips mendapatkan first impression di atas baik saat interview maupun saat kamu sudah mulai bekerja.

Baca juga: People Development: Tujuan, ruang lingkup, dan 12 tips meningkatkannya

Memikirkan cara untuk mendapatkan first impression yang positif dari rekan kerja merupakan hal yang penting. Hal itu bisa berdampak jangka panjang  pada hubungan profesionalmu di tempat kerja. Kesan pertama yang positif akan membuat hari-hari kerjamu selanjutnya menjadi lebih baik, lho!

sign up EKRUT

Sumber:

  • discovery-adr.com
  • mindtools.com
  • joinhandshake.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    tipe-tipe-kepemimpinan-EKRUT.jpg

    Careers

    10 Tipe Kepemimpinan Dalam Tim, Kamu Termasuk yang Mana?

    Tsalis Annisa

    06 December 2022
    5 min read
    cara-membuat-grafik-di-excel---EKRUT.jpg

    Technology

    Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah Beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    05 December 2022
    6 min read

    Video