Published on

Expert's Corner

Animator Adalah: Definisi, Peran dan Tanggung Jawab, Skill-set, dan Proyeksi Karier 2022

Lita Lia

H1-Animator_Adalah_Definisi__Peran_dan_Tanggung_Jawab__Skill-set__dan_Proyeksi_Karier_2022.jpg

Animator adalah salah satu pekerjaan yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Meski gaji animator pemula relatif kecil, tetapi kalau kamu sudah mempunyai skill mumpuni, kamu bisa mencoba peluang animator di luar negeri. Animator hebat di luar negeri bisa mendapatkan hingga US$ 125.000/tahun.

Baca juga: Mau Kerja Di Luar Negeri? Pahami Dulu 4 Pertimbangan Penting Ini!

Apa itu animator?


Animator adalah orang yang menciptakan desain animasi bergerak (Sumber: Pexels)

Animator adalah sebutan untuk orang yang bekerja menciptakan desain animasi atau gambar yang berupa ilusi yang ketika diputar bisa bergerak. Gambar-gambar dikumpulkan dalam frame animation yang saat diurutkan, terciptalah ilusi bergerak. Hasilnya ada di kartun, film, iklan media massa, hingga video game.

Seorang animator pada umumnya berasal dari lulusan animasi, seni atau desain, desain grafis, maupun multimedia. Bisa juga sudah pernah mengikuti kursus atau pelatihan terkait animasi atau desain grafis. Biasanya dibuktikan dengan sertifikat pelatihan.

Animator sendiri terbagi dalam 5 jenis animasi, yaitu animasi tradisional, 2 dimensi, 3 dimensi, motion graphic, serta stop motion. Animasi motion graphic dan stop motion menjadi yang paling sulit dikerjakan, tetapi saat ini banyak dibutuhkan.

Baca juga: 5 Rekomendasi software animasi 3D terbaik di tahun 2022

Peran dan tanggung jawab animator


Tak hanya membuat animasi, masih banyak tugas animator (Sumber: Pexels)

Animator memiliki peran dan tanggung jawab yang penting dalam sebuah pementasan atau penayangan, bukan hanya sekadar gambar-menggambar. Sebut saja Mickey Mouse yang berhasil menjadi animasi dengan suara.

Peran dan tanggung jawab animator adalah sebagai berikut:

1. Membuat desain animasi

Tugas utama animator adalah mendesain animasi. Termasuk bagaimana membuatnya memiliki karakter yang lebih ekspresif. Disertai dengan gambaran emosinya, suara khasnya, kepribadian atau karakternya. Animasi yang diciptakan juga harus terintegrasi dengan komponen 3 dimensi, sehingga nantinya dihasilkan animasi yang kualitasnya tinggi.

2. Pembuatan storyboard

Storyboard adalah sebuah konsep atau narasi, berisi apa saja ide yang akan dituangkan. Sebuah konsep yang menjadi landasan atau dasar dari penciptaan animasi, juga bagaimana animasi yang dibuat mengandung nilai-nilai yang kuat. Ketika animator menyampaikan storyboard dalam forum atau diskusi (meeting), maka staf atau tim lain akan langsung bisa memahami alur atau pun maksud pembuatan cerita tersebut.

3. Kolaborasi dengan staf lain

Dalam melakukan semua pekerjaannya, khususnya tanggung jawabnya, animator harus mampu menjalin team work atau kolaborasi dengan staf lain. Seperti dengan produser, penulis naskah, klien, dan tim lainnya. Termasuk juga dengan animator lain. Karena, animator akan sering berkomunikasi dengan staf lain yang berhubungan dalam pembuatan animasi. Mulai dari pembahasan ide, konsep, hingga evaluasi hasilnya kelak.

4. Membuat prototipe

Selanjutnya, tugas animator adalah membuat prototipe serta duplikasi (tiruan) dari produk yang baru. Prototipe menjadi penting karena merupakan bukti fisik, dari sebuah konsep pembuatan desain. Prototipe bisa menjembatani jalur komunikasi antar tim. Prototipe bisa menjadi solusi ketika desain yang akan dibuat ternyata sulit diselesaikan.

5. Membuat animasi bisnis

Selain untuk kepentingan tayangan hiburan, animasi juga berfungsi sebagai marketing di dunia bisnis. Tidak jarang animator mendapat proyek tambahan berupa pembuatan animasi untuk mempromosikan sebuah brand.

Baca juga: Motion Graphic: Tugas, Peran, dan 5 Software Penting

Skill yang harus dimiliki seorang animator


Banyak skill yang harus dikuasai animator (Sumber: Pexels)

Untuk menjadi seorang animator, ternyata ada beberapa skill yang setidaknya harus dimiliki. Sebaiknya, animator selalu meng-upgrade skill yang dimilikinya tersebut. Beberapa skill animator adalah:

1. Kreatif dan imajinatif

Sudah pasti seorang animator adalah orang yang kreatif. Biasanya, selain kreatif, seseorang juga memiliki daya imajinasi yang baik serta bakat artistik. Lalu, animator harus punya daya visualisasi yang baik. Tugas utama animator membuat desain animasi yang tidak monoton, maka ia dituntut kreatif untuk mengembangkan cerita. Animator adalah orang yang kreatif dalam menggambar sebuah desain serta storyboard.

2. Story telling

Animator harus memiliki kemampuan bercerita yang baik. Nah, cerita itulah yang dituangkan melalui penggambaran karakter-karakter dari animasi yang dibuatnya. Kamu harus bisa menentukan tema atau topik cerita, setting atau latar, hingga karakter setiap tokohnya. Karena animasi yang dibuat harus benar-benar hidup, ekspresif, tidak kaku, serta dibuat dengan detail. Animasi adalah tokoh dengan penokohannya masing-masing.

3. Team work dan komunikasi

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa salah satu tugas dan tanggung jawab seorang animator adalah kolaborasi dengan tim lain. Maka dari itu, seorang animator harus memiliki skill komunikasi yang baik. Misalnya, untuk menyampaikan storyboard.
Animator juga harus memiliki skill team work atau mau bekerja sama serta terbuka pada saran dan kritik. Mau memberi dan menerima feedback, baik dari sesama animator maupun tim lain. Karena untuk proyek seperti ini, pengerjaannya tidak hanya 1 atau 2 orang, tetapi sebuah tim besar.

4. Menguasai software

Dalam membuat desain animasi, seorang animator bukan lagi membuatnya dengan pensil atau cara-cara konvensional lainnya. Sehingga saat ini, animator harus mahir dalam menggunakan software khususnya generasi spesialis. Misalnya Flash, After Effects, maupun Maia. Animator adalah orang kreatif yang terbiasa menggunakan software. Beberapa software yang sering digunakan animator adalah Adobe Premiere, Adobe After Effects, Autodesk 3ds Max, dan sebagainya.

5. Bekerja cepat dan banyak

Di zaman serba teknologi ini, kebutuhan animasi juga banyak. Jadi, seorang animator juga dituntut untuk bekerja cepat untuk menyelesaikan banyak proyek. Selain itu, juga banyak tekanan, terutama jika hasilnya masih ada yang kurang. Animator harus bisa dan terbiasa membuat konsep atau sketsa desain dengan cepat. Menyelesaikan desain maupun pengeditan juga dengan cepat dan tepat. Animator dituntut bisa menyelesaikan semua pekerjaan sesuai deadline dan di bawah tekanan.

Baca juga: Menjadi Animator dengan Stop Motion: Pengertian, Tipe, dan Cara Pembuatannya

Jenjang karier animator


Ternyata jenjang karier seorang animator juga ada (Sumber: Pexels)

Animator juga punya jenjang karier, lho. Sangat mungkin awalnya kamu hanya menjadi pekerja lepas, tetapi seiring karya kamu yang semakin keren, jenjang karier kamu bisa meningkat. Dari animator, kamu bisa menjadi senior animator dan production designer.

Proyeksi karier animator di tahun 2022


Ke depan animator akan semakin dibutuhkan (Sumber: Pexels)

Di era teknologi yang semakin canggih, prospek karier sebagai animator semakin terbuka lebar. Apalagi semakin banyak dunia hiburan yang membutuhkan jasa animator. Misalnya saja kamu bisa bekerja di pertelevisian, pembuatan video game, smartphone, dan berbagai media lainnya.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • wikipedia.org
  • gramedia.com
  • quipper.com
  • skillacademy.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    tujuan-karier-EKRUT.jpg

    Careers

    Simak! 7 Tips Membuat Tujuan Karir Kamu Lebih Terarah

    Nelson Simbolon

    23 September 2022
    4 min read
    H1.JPG

    Careers

    Corporate Finance: Tugas dan Tanggung Jawab Hingga Proyeksi Karier 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    6 min read
    Lowongan_Kerja_BUMN_2022__Begini_Tips_Jitu_Lolos_Rekrutmennya!.jpg

    Careers

    Lowongan Kerja BUMN 2022: Begini Tips Jitu Lolos Rekrutmennya!

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    20 September 2022
    6 min read

    Video