Published on

Technology

10 Rekomendasi Software Animasi 3D Terbaik di Tahun 2022

Detty Risetya

cover_(1).jpg

Bagi animator pemula maupun pro yang menginginkan software animasi 3D terbaik, di luar sana ada ribuan aplikasi yang bisa dipilih. Sebagian besar software animasi 3D yang direkomendasikan adalah yang kaya fitur, harga terjangkau atau gratis, serta bisa membuat animasi 2D atau 3D dengan mudah. Artikel ini akan membahas beberapa rekomendasi perangkat lunak animasi terbaik yang bisa kamu coba. Berikut di antaranya!

Baca juga: Animator Adalah: Definisi, Peran dan Tanggung Jawab

1. 3Ds Max


Program 3Ds Max bisa digunakan untuk membuat game hingga film dan animasi TV. (Sumber: Pexels)

Populer di kalangan pengguna render dan animasi 3D, perangkat lunak grafis dan animasi terbaik ini dapat dikembangkan untuk membuat desain konstruksi bangunan, arsitektur, dan sebagainya. Selain itu, software animasi 3D ini juga bisa digunakan untuk pengembangan game, prototipe produk, film, dan animasi TV. Fitur penting lainnya dari 3Ds Max adalah kemampuan render detail HD dan realitas ke objek virtual seperti karakter, adegan, dan arsitektur bangunan.

2. Blender


Blender menyediakan banyak fitur untuk animator berkreasi. (Sumber: Pexels)

Membahas soal software animasi 3D bagi pemula, Blender adalah perangkat lunak pemodelan dan animasi 3D yang mengesankan. Blender mampu membuat animasi 3D dilengkapi tekstur, pengeditan grafik raster, animasi, simulasi gerak tubuh, bahkan grafik motion. Hebatnya lagi, Blender berbasis open source yang menghasilkan animasi luar biasa. Seperti animasi bentuk, sinematik terbalik, anchor, dan sebagainya. Yang jelas, Blender mampu membuat animasi secara detail dengan antarmuka sederhana dan mudah dinavigasi.

3. Autodesk Maya


Autodesk Maya pernah dipakai untuk film populer, Spiderman dan Lord of the Rings. (Sumber: Pexels)

Autodesk Maya sering digunakan untuk membuat video game, film, acara televisi, dan efek visual. Dengan kata lain, Autodesk Maya adalah software animasi 3D yang memenuhi standar industri hiburan. Bahkan, beberapa film populer seperti The Lord of the Rings, Spiderman, dan Ice Age, menggunakan software animasi 3D ini. Meskipun harganya cukup tinggi, tetapi Autodesk Maya adalah software animasi 3D kelas atas terbaik di industri animasi.

4. Adobe® After Effects®


Adobe® After Effects® membuat  animasi 2D dan 3D terlihat realistis. (Sumber: Pexels)

Selanjutnya, program pengeditan animasi yang bisa dicoba adalah Adobe® After Effects®. Jika kamu ingin membuat animasi dan visual efek yang berjalan di Windows dan Mac, software animasi 3D ini adalah salah satu yang tercanggih. Kamu bisa memakai untuk membuat berbagai animasi, mulai dari intro film hingga logo animasi. Cocok digunakan oleh pembuat film, pengembang game, dan profesional kreatif lainnya. Adobe® After Effects® dapat digunakan untuk membuat animasi 2D dan 3D terlihat lebih realistis.

5. Cinema 4D


Dirilis perusahaan Jerman, software animasi 3D ini sangat cocok untuk animator pemula dan pro. (Sumber: Pexels)

Cinema 4D adalah software animasi 3D serbaguna yang dibuat oleh perusahaan Jerman, Maxon. Cinema 4D mampu mengelola alur kerja di satu platform, artinya jika kamu membuat video yang memerlukan grafik gerak, animasi, dan VFX, maka Cinema 4D adalah pilihan tepat. Perangkat ini bisa untuk membuat video promosi, film, hingga pengembangan game.

Baca juga: Apa itu Prototype? Kenali Pengertian, Tujuan, Manfaat

6. K-3D


Animator dapat memakai K-3D untuk membuat animasi dengan beberapa plugin. (Sumber: Pexels)

Software animasi 3D dinamis dari K-3D sangat populer di kalangan pembuat video dan seniman. Sebab, tidak hanya mampu menyederhanakan proses pembuatan animasi, K-3D juga dapat menggabungkan sejumlah plugin. Itulah mengapa, K-3D membuat proses pembuatan animasi menjadi lebih mudah dan efisien waktu. Ditambah lagi, K-3D dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna.

7. Cartoon Animator 4


Membuat kartun dan animasi semakin mudah dengan software Cartoon Animator 4. (Sumber: Pexels)

Software ini sangat direkomendasikan untuk membuat animasi apapun dalam 2D dan 3D. Baik untuk film, iklan pendek, video, dan lainnya. Dirilis oleh Realallusion, Cartoon Animator memiliki antarmuka yang memungkinkan animasi mudah disesuaikan. Cartoon Animator 4 hadir dengan berbagai fitur berbeda seperti pembuatan animasi 3D, motion, animasi keyframe, dan kinematika agar hasil animasi terlihat lebih alami dan mulus.

8. Visme


Untuk membuat jenis animasi sederhana, gunakan software Visme secara gratis. (Sumber: Pexels)

Meskipun bukan menjadi software animasi 3D yang diunggulkan, tetapi aplikasi ini serbaguna. Kamu bisa membuat konten visual seperti infografis, mengedit gambar, membuat visualisasi data, streaming presentasi, dan bahkan membuat animasi. Namun, Visme hanya mampu membuat animasi minimalis yang sederhana. Misalnya, ikon animasi, visualisasi data, serta grafik yang lebih menarik untuk presentasi video, slide show, dan website.

9. OpenToonz


OpenToonz digunakan oleh Studio Ghibli untuk memproduksi film animasi. (Sumber: Pexels)

Berjalan di atas sistem operasi Windows dan Mac, OpenToonz adalah salah satu software animasi 3D yang tersedia secara gratis. Soal kemampuan fiturnya mengolah animasi tak perlu diragukan lagi. Bahkan, OpenToonz dipercaya oleh Studio Ghibli, perusahaan film animasi terkenal asal Jepang untuk membuat film animasi. OpenToonz adalah program animasi berbasis open source yang menawarkan banyak fitur, seperti untuk membuat urutan animasi, fitur lukisan digital, pembuatan film, visual efek, dan lainnya.

10. Daz 3D


Pemula sangat cocok memakai software Daz 3D karena antarmuka sederhana. (Sumber: Pexels)

Daz 3D hanya berjalan di sistem operasi Windows. Software ini dapat dipakai secara gratis untuk membuat animasi 3D dengan mudah. Jika kamu adalah pemula yang mencari software animasi 3D sederhana, kamu harus coba Daz 3D. Perangkat lunak ini mudah digunakan dan bisa membuat animasi yang terlihat realistis dalam waktu singkat.

Baca juga: Podcast Adalah: Pengertian, Sejarah, Jenis, dan 5 Kesalahannya 

Itulah 10 rekomendasi software animasi 3D yang bisa kamu pertimbangkan. Bila kamu suka berkecimpung di bidang animasi atau konten visual, EKRUT bisa menjadi partner profesional untuk meraih pekerjaan impian. Sebab, di EKRUT ada banyak informasi peluang kerja dari perusahaan-perusahaan bonafide.

Tak hanya itu, di EKRUT Media dan YouTube EKRUT Official kamu bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

https://lh5.googleusercontent.com/GlphcN_RKLGrATnFMAYFxskIqF0loRi9fR0rb5lD35b1vFlor6NmRhUkUgfqD_lPXe4DkRXmGahtSRCEIAMjyhhRyjpgwvMo5jVUyidD1IZQ68hHiwPXOdE2IA_sSwIPAekeuOhwKhwV6jAPwA

Sumber:

  • movavi.com
  • fixthephoto.com
  • justcreative.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-cottonbro-7595266.jpg

    Technology

    YouTube Desktop Dashboard: Cara Mengukur Performa Konten Video yang Efektif di Tahun 2022

    Chrissila Jessica

    06 October 2022
    5 min read
    H1_cara_membuat_linktree.jpg

    Technology

    Cara Membuat Linktree dengan Mudah di Bio Instagram [2022]

    Alvina Vivian

    06 October 2022
    6 min read
    H1_Google_Meet.jpg

    Technology

    Mengenal Google Meet, Mulai dari Manfaat, Fitur, hingga Cara Menggunakannya

    Algonz D.B. Raharja

    06 October 2022
    5 min read

    Video