Published on

Careers

Mau kerja di luar negeri? Pahami dulu 4 hal ini

Nur Rosita Dewi

kerja-di-luar-negeri-EKRUT.jpg

Ketika mendapatkan kesempatan kerja di luar negeri, ada banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan. Selain pengalaman, kerja di luar negeri juga dapat meningkatkan karier internasional dan membuka peluang bekerja di negara lainnya. 

Maka dari itu, jangan ragu untuk mengambilnya jika kamu memiliki kesempatan untuk kerja di luar negeri. Namun sebelumnya, ada beberapa hal yang harus kamu pahami terlebih dahulu.

1. Pelajari semua tentang visa dan izin kerja

kerja di luar negeri - EKRUT
Perhtiungkan dengan baik berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurus visa dan dokumentasi lainnya - EKRUT

Saat kamu sudah merencanakan dan mengatur segalanya untuk bekerja di luar negeri, pada akhirnya akan bergantung pada visa atau izin kerja kamu. Pastikan kamu sudah memperhitungkan berlama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan visa atau izin kerja dan uang yang perlu disiapkan. 

Kamu juga perlu tahu berapa lama kamu bisa tinggal di negara tujuanmu, dengan begitu kamu akan bisa memperhitungkan kapan waktu yang tepat untuk memperpanjang visa atau izin kerja tersebut.

Baca juga: Jangan sedih, yuk intip 5 cara mencari teman di kantor baru

2. Cari tahu berapa besaran biaya hidup dan bandingkan dengan gaji

kerja di luar negeri - EKRUT
Pertimbangkan apakah gajimu setimpal dengan biaya hidupmu di negara tersebut - EKRUT

Selain mendapatkan pengalaman kerja yang baik, faktor utama lainnya adalah pendapatan. Ketika telah mengetahui berapa besaran gaji yang akan kamu terima, kamu harus mencari tahu berapa biaya hidup yang dibutuhkan di negara tersebut.

Menghitung biaya makan, sewa tempat tinggal, dan pajak adalah hal yang wajib untuk kamu ketahui. Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan berapa besaran biaya yang dibutuhkan. 

Pertimbangkan juga apakah masih setimpal dengan gaji yang kamu dapatkan atau tidak. Jangan sampai kamu sembarangan menerima pekerjaan di luar negeri dan tidak bisa menabung sama sekali.

3. Pahami budaya perusahaan tempat kamu bekerja


kerja di luar negeri - EKRUT
Cari tahu dan pelajari budaya di negara tempat kamu bekerja agar memudahkankamu beradaptasi - EKRUT

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, setiap negara memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Jadi hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah berhubungan atau bertanya tentang negara tujuan kepada orang-orang yang pernah tinggal di negara tersebut. 

Tanyakan kepada mereka tentang cara hidup warga lokal dan tetap agar berpikiran terbuka. Kamu juga bisa mengetahui kebiasaan penduduk setempat melalui internet. Ingat, jangan malas mencari tahu, ya.

4. Pelajari bahasa

kerja di luar negeri - EKRUT
Pelajari bahasa negara tujuanmu agar dapat memudahkanmu beradaptasi dengan lingkungan - EKRUT

Sekalipun kamu bisa bekerja dengan menggunakan bahasa Inggris, mempelajari bahasa negara tujuan kamu merupakan hal yang wajib dilakukan. Ini akan membantu periode penyesuaian kamu menjadi lebih lancar. Jika sudah memahami bahasa setempat, kamu bisa bergabung dalam percakapan dengan penduduk lokal. 

Bahasa yang kamu pelajari tersebut juga akan menjadi nilai tambah untuk CV dalam jangka waktu ke depan.

5. Siapkan tabungan 

Selain beberapa hal di atas, pastikan kamu sudah memiliki uang tabungan yang bisa membantu kamu ketika sampai di negara tersebut. Tabungan ini dapat kamu gunakan untuk menyewa tempat tinggal, membeli barang-barang dan biaya tidak terduga lainnya saat tiba. 

Perlu kamu antipasi juga bahwa, beberapa tempat tinggal yang kamu sewa mungkin akan memerlukan deposit. Jadi, pastikan kamu sudah memiliki tabungan, ya!

Baca juga: 9 Alasan pentingnya komunikasi dalam dunia kerja

Itulah beberapa hal yang bisa kamu siapkan sebelum kerja di luar negeri. Dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin, kamu bisa menyesuaikan diri dengan lebih cepat dan lebih baik. 

Bagaimana, sudah siap kerja di luar negeri?

kerja di luar negeri - EKRUT
Last update: 27 August 2020

Sumber: 

Tags

Share