Media

Apa tugas Product Manager dan kemampuan yang dibutuhkan?
By Widyanto Gunadi - 16 July 2019
5 min read 3594 Views

Perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, sangat memerlukan seorang Product Manager yang andal. Tapi, apa sajakah tugas seorang Product Manager?  Agar lebih paham, berikut ini adalah beberapa tugas dan kemampuan yang perlu dimiliki oleh seorang Product Manager. 

Definisi Product Manager 

Product management adalah sebuah bidang yang telah ada sejak sekitar 15 tahun yang lalu. Bidang ini semakin banyak diminati, karena pertumbuhan teknologi yang semakin pesat di dunia bisnis. 

Adapun inti dari pekerjaan Product Manager adalah menghasilkan suatu produk dengan kualitas yang baik, begitu pula dengan strategi bisnis dari produk tersebut

Nah, untuk menghasilkan produk digital berkualitas, tentunya diperlukan manajemen tim yang tertata.   

Oleh karena itu, seorang Product Manager harus memahami seluruh aspek bisnis suatu perusahaan. Dengan demikian, ia bisa mulai mengatur seluruh aspek kerja tim, dalam perusahaan tempatnya bekerja. Ini semua demi menghasilkan suatu produk yang berkualitas tinggi, sesuai standar perusahaan, dan sukses di pasaran.  

Baca juga: Product owner vs product manager, apa bedanya?

Ini tugas seorang Product Manager  

product manager - EKRUT
Product Manager memiliki tugas seperti melakukan riset, mengatur strategi, hingga menjalin komunikasi dengan divisi lain - EKRUT

Ada banyak tugas seorang Product Manager. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.  

Melakukan riset produk 

Sebuah produk yang dapat bersaing di pasar, haruslah dapat menawarkan suatu inovasi bagi pengguna. Oleh sebab itu, Product Manager perlu melakukan riset produk. 

Riset ini bisa bermacam-macam wujudnya. Mereka bisa meriset apa yang sedang menjadi tren di masyarakat. Misalnya, dengan membaca buku dan menonton video seputar topik tersebut. 

Selain melakukan riset terhadap apa yang sedang tren, seorang Product Manager juga perlu melakukan analisis kompetitor. Hal ini dapat membantu dalam melihat kekurangan apa yang bisa diatasi oleh produk yang dihasilkan.

Mengatur strategi produk 

Setelah mendapat inspirasi produk yang ingin dibuat, Product Manager harus mengatur strategi untuk merealisasikannya. Mereka harus cakap dalam mengomunikasikan ide mereka di depan perusahaan. 

Jika perusahaan menyetujui, proses pembuatan produk pun bisa dimulai. Product manager diharuskan membagi skema kerja, dengan strategi yang telah disusunnya, untuk mewujudkan produk berkualitas. Ia juga harus menentukan standar kualitas produk tersebut.  

Baca juga: Begini cara menciptakan strategi pemasaran yang efektif

Menangani masalah produk 

Saat proses pembuatan produk, tentunya masalah tak bisa dihindari. Product Manager juga harus bisa menangani masalah yang muncul. Mereka diharapkan bisa memberi solusi terbaik atas masalah yang dihadapi tim kerja, dalam mewujudkan produk berkualitas. 

Oleh sebab itu, pengetahuan mereka pun harus luas, agar bisa memahami setiap masalah dari berbagai aspek produk. Dalam hal ini, mereka harus memperkaya diri dengan pengetahuan teknis yang cukup memadai. 

Jalin komunikasi dan kerja sama 

Komunikasi dan kerja sama yang baik akan menghasilkan produk berkualitas. Oleh karena itu, Product Manager harus memiliki kemampuan komunikasi baik, sekaligus mampu menciptakan suasana kerja yang kondusif untuk kerja sama antar anggota tim kerja. 

Semua ini dilakukan supaya setiap detil produk yang dihasilkan sesuai dengan standar perusahaan. 

Kemampuan ini harus dimiliki seorang Product Manager

product manager - EKRUT
Seorang Product Manager setidaknya harus memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang baik - EKRUT

Ada beberapa kemampuan atau skill yang perlu dimiliki agar pekerjaan sebagai Product Manager dapat berjalan dengan lancar. Di bawah ini adalah beberapa hard skill dan soft skill yang dibutuhkan.

Memiliki pemikiran strategis

Product Manager harus dapat memikirkan strategi apa yang perlu dilakukan agar produk tersebut berhasil. Dengan memiliki pemikiran strategis, ia diharapkan dapat lebih mampu dalam memahami kompetisi dan pasar.

Ia harus dapat memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk setiap tahap pengembangan produk tersebut. Selain itu, ia pun harus dapat merumuskan strategi untuk dapat mengatasi risiko yang mungkin terjadi.

Kemampuan menganalisa dan memahami data

Kemampuan menganalisa dan memahami data adalah hal yang penting dimiliki oleh seorang Product Manager. Data dapat membantu seseorang dalam memahami beberapa aspek dari performa sebuah produk, serta untuk memvalidasi ide. 

Menganalisa data yang tepat dapat membantumu dalam menentukan keputusan. Baik dalam hal strategi bisnis, dan pengembangan produk 

Mengerti coding

Sebagai seorang Product Manager, kamu akan banyak berhubungan dengan tim Developer. Oleh karena itu, tentu akan lebih baik jika kamu cukup mengerti mengenai coding

Tak apa jika kamu tidak handal, tapi setidaknya kamu cukup mengerti. Pasalnya, hal ini akan membantumu dalam memahami pekerjaan mereka dan berapa lama waktu kerja yang dibutuhkan. 

Nilai tambahnya jika kamu sangat paham melakukan coding adalah, kamu akan lebih mudah membantu tim saat berhadapan dengan suatu tantangan dan proses pengembangan.

Kemampuan interpersonal

Seperti yang sudah disebutkan di atas, seorang Product Manager berhubungan dengan beragam divisi. Mulai dari Developer hingga Marketing. Itulah mengapa kemampuan interpersonal penting untuk dimiliki. 

Selain beberapa kemampuan di atas, seorang Product Manager diharapkan juga mengerti mengenai User Experience atau UX. Dengan begini, ia akan lebih memiliki gambaran produk apa yang berguna untuk pengguna. Kemampuan lainnya bisa kamu lihat di artikel mengenai 7 skill yang dibutuhkan Product Manager.

Nah, itulah penjelasan mengenai profesi Product Manager. Seru sekali profesi ini, ya? Jika kamu tertarik menjadi seorang Product Manager, cobalah untuk daftarkan dirimu di situs talent marketplace seperti EKRUT. Ada beberapa perusahaan yang mencari Product Manager seperti kamu! 

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • tugas product manager
  • karier
  • product manager
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang