Published on

jobs

Panduan kerja: 100 hari pertama Product Manager

Maria Tri Handayani

panduan-kerja-product-manager.jpg

Seorang Product Manager memiliki tanggung jawab yang tidak mudah. Kamu harus mampu memahami kebutuhan pelanggan dan menerjemahkannya ke dalam strategi pengembangan produk yang dapat mendukung visi dan bisnis perusahaan. 

Agar pekerjaanmu sebagai Product Manager berjalan lancar, perhatikan panduan kerja 100 hari pertama sebagai Product Manager berikut. 

Panduan kerja 100 hari pertama sebagai Product Manager

panduan kerja product manager - EKRUT
Seorang product manager harus menjaga komunikasi yang baik dengan tim terkait - EKRUT

Ada beberapa hal yang penting dan harus dilakukan pada 100 hari pertama kerja Product Manager untuk memperkokoh fondasi yang akan menunjang pekerjaanmu ke depannya. 

1. Kenali tim dan rekan kerja

Pekerjaan sebagai Product Manager akan menuntutmu berhubungan dengan banyak orang dengan peran yang berbeda di dalam perusahaan. 

Gunakan masa 100 hari pertama ini untuk berkomunikasi dan mengenal mereka. 

Tidak hanya akan berurusan dengan orang dalam satu tim yang sama, kamu akan sering berhadapan dengan tim lain seperti tim engineering, desain, finance, marketing, dan operasional hingga tim data pada saat bekerja. 

2. Pahami visi dan strategi bisnis perusahaan 

Pengetahuan terkait visi dan strategi bisnis perusahaan adalah awal yang penting dalam memulai 100 hari kerja Product Manager

Meskipun sebelum interview kerja kamu mungkin sudah mencari tahu tentang kedua hal ini, namun ini saatnya untuk benar-benar mendalami informasi tersebut. Hal ini karena kedua hal tersebut sedikit banyak akan mempengaruhi langkah dan keputusan yang akan kamu ambil dalam pengembangan produk ke depannya. 

3. Pahami target pasar 

Sebelum mengembangkan produk, seorang product manager harus mengenal target pasar. Cari taulah karakteristik dan minat dari target pasar perusahaanmu. Dengan begitu kamu bisa mengetahui produk seperti apa yang bermanfaat untuk mereka. 

4. Kenali produk

Gunakan 100 hari pertama kerja sebagai Product Manager untuk mendalami produkmu. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memperdalam pengetahuan terkait produk  di perusahaanmu.  Misalnya melalui program pelatihan produk internal perusahaan atau dengan meninjau dokumen yang relevan.

Pelajari semua dokumen yang relevan seperti roadmap, catatan wawancara pelanggan, spesifkasi teknis dan peresentasi yang dimiliki timmu. Informasi ini akan menunjang proses pengembangan produk yang akan kamu lakukan lebih lanjut di perusahaan tersebut misalnya dalam membuat roadmap, dashboard dan visi di masa depan.

5. Pelajari  proses pengembangan produk yang ada

Pengembangan produk merupakan proses yang kompleks. Itu sebabnya sebelum terjun lebih dalam ke dalamnya kamu harus mengenali proses  yang sudah ada.

Pasalnya setiap perusahaan memiliki proses yang berbeda. Cari tahu proses tersebut mulai dari bagaimana tim mengidentifikasi masalah, membangun produk hingga mengukur kesuksesan suatu produk. 

Jika kamu sulit memahami proses tersebut jangan ragu untuk ajukan banyak pertanyaan. 

Baca juga: Apa tugas Product Manager dan kemampuan yang harus dimiliki?

6. Kembangkan strategi pengembangan produk 

Berdasarkan semua hal yang sudah kamu pelajari tadi, mulailah mengerjakan rencana produk. Identifikasi kebutuhan pengguna, bisnis dan teknis lalu buat kerangka masalah.

Pastikan juga kamu sudah membahas prioritas apa yang ingin dicapai bersama lead atau timmu, serta tentukan ukuran keberhasilan dari pengembangan produk tersebut. 

7. Lakukan eksekusi pada rencana produk strategismu 

Setelah membuat strategi dan rencana, mulailah mengekseskusi pengembangan produkmu. Jangan lupa untuk ukur setiap progress agar kamu bisa memantau pengembangan produk yang tepat. 

100 hari pertama kerja Product Manager di EKRUT 

panduan kerja product manager - EKRUT
Tanggung jawab di 100 hari product manager akan berbeda di setiap levelnya - EKRUT

Seno Adhi Nugroho (Senior Principal Product Manager EKRUT) mengatakan bahwa tugas dan tanggung jawab di 100 hari pertama product manager akan bergantung pada setiap level karyawan dan perusahaan. Begitu pun di EKRUT. 

Di EKRUT sendiri, umumnya ada 4 hal penting yang harus dilakukan product manager pada 100 hari pertama kerja, yaitu: 

1. Pelajari dokumen yang ada 

Hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang product manager EKRUT di 100 hari kerja pertama adalah mempelajari dokumen yang ada. 

Ini harus dilakukan agar product manager dapat mengeri konsep, pola, flow hingga detail tentang produk yang ada di perusahaan tersebut. 

Setelah mempelajari dokumen dan mengerti, product manager akan dievaluasi lagi oleh setiap lead untuk melihat sejauh mana pemahaman dari dokumen yang ada. 

2. Evaluasi KPI 

Jika pengetahuan seorang project manager EKRUT dinilai sudah matang, maka lead akan memberikan KPI kepada setiap product manager. 

Product manager pun harus mengevaluasi KPI yang diberikan. Evaluasi di sini berarti kamu harus mencari tahu apa yang harus dilakukan untuk memenuhi KPI tersebut. Data seperti apa yang dibutuhkan dan data apa saja yang sudah ada. 

3. Menentukan dan mengenal funnel 

Setelah product manager memiliki semua data yang dibutuhkan, barulah akan ditentukan pada funnel yang mana product manager tersebut akan bekerja.

Umumnya product manager EKRUT pada level middle akan diberikan tanggung jawab penuh ke satu funnel yaitu business process. Funnel yang sudah ditentukan bersama dengan lead itu akan menjadi dasar tanggung jawab product manager  tersebut sampai akhir.

4. Mengenal rekan kerja 

Jika product manager sudah memiliki KPI dan tahu fokus funnel ada di mana, maka hal terakhir lain yang harus dilakukan di masa 100 hari kerja pertama adalah mendekatkan diri ke orang-orang yang akan ia temui selama bekerja, seperti developer

Mereka harus mengenal developer dan menjaga komunikasi karena nantinya hubungan yang terjaga baik ini akan mempengaruhi proses kerjanya. 

Baca juga: 7 Skill yang diperlukan oleh seorang Product Manager

Sedangkan untuk senior product manager di EKRUT, tugas serta tanggung jawabnya akan lebih berat dan berbeda. 

Empat hal yang tadi harus dilakukan product manager pada masa 100 hari kerja, maka oleh senior product manager EKRUT harus dilakukan dalam waktu yang lebih cepat. Bahkan dalam kurun waktu seminggu. 

Menurut Seno, seorang senior product manager EKRUT akan lebih berfokus pada business process. Ia dapat mengubah dan melakukan improvement terhadap business process yang sudah ada.

Di bulan pertama, seorang senior product manager EKRUT harus mengenal business process yang telah ada untuk kemudian dapat dikembangkan. 

Pada bulan kedua, ia sudah memiliki konsep untuk mengembangkan business process tersebut. Ini termasuk membentuk tim, mempersiapkan roadmap, dan plan.  Setelah semua persiapan matang, maka sisanya adalah tinggal menjalankannya sesuai plan

Tips menghadapi 100 hari pertama Product Manager dari EKRUT 


panduan kerja product manager - EKRUT
Setiap product manager pasti pernah menemukan hambatan dalam kerja- EKRUT

Melalui masa-masa awal bekerja sebagai product manager tentu tidak mudah. Kamu akan menemukan hal-hal yang menantang dan mungkin akan menghambat. 

Berikut adalah beberapa tips dari Seno Adhi Nugroho (Senior Principal Product Manager EKRUT) dan Junita Situmorang (Product Manager EKRUT) yang bisa kamu simak agar 100 hari pertamamu sebagai Product Manager berjalan lancar. 

  • Sabar

Membangun sesuatu yang baru itu tidak bisa langsung jadi seketika. Kamu harus benar-benar sabar dalam membangun rencana dan konsep karena semua harus benar-benar matang dengan pondasi yang kuat.

  • Saring setiap masukan

Saat menjadi sebagai product manager kamu akan berhadapan dengan banyak orang yang memberikan banyak saran dan pilihan seperti CEO, CTO, CPO. Tidak semua masukan harus kamu pertimbangkan. Saring dan pilihlah fokus yang penting buat perusahaan.

  • Adaptasi itu penting 

Salah satu tantangan product manager adalah berhadapan dengan banyak orang. Itu sebabnya penting untuk beradaptasi di masa-masa awal.

  • Jadikan pengalaman sebagai pelajaran 

Jadikan masalah - masalah yang kamu temui di pengembangan produk sebagai panduan agar tidak ada kegagalan untuk kedua kalinya. 

Nah, itu tadi beberapa hal penting yang bisa kamu perhatikan pada 100 hari kerja pertama sebagai Product Manager. 

Dengan melakukan semua hal ini pada 100 hari pertamamu, kamu akan mendapatkan pemahaman yang baik tentang produk, pelanggan dan tim yang akan menunjang strategi kerjamu ke depan. 

tahun baru kantor baru - EKRUT

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

  • productplan.com
  • LinkedIn.com
  • inc.com

Tags

Share