Published on

Technology

12 Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark untuk Pengguna Android dan iOS

Arin Khurota

0-aplikasi-edit-video-tanpa-watermark.jpg

Mengedit video kini tidak hanya bisa dilakukan melalui laptop atau komputer. Kamu juga dapat melakukannya melalui aplikasi edit video untuk Android maupun iOS. Beberapa aplikasi juga telah dikembangkan untuk digunakan secara gratis. Walaupun hanya berbekal smartphone, kamu tetap dapat melakukan aktivitas edit video secara profesional. Berikut pembahasan lengkap rekomendasi aplikasi edit video tanpa watermark untuk pengguna Android dan iOS.

Kebutuhan aplikasi edit video tanpa watermark semakin tinggi


Editing video semakin dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan (sumber: pexels)

Aplikasi pengelola video, atau editor video adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan pengeditan video pascaproduksi dari urutan video digital pada sistem pengeditan non-linear. Hadirnya aplikasi edit video telah menggantikan alat pengeditan film seluloid flatbed tradisional dan mesin pengeditan online video tape-to-tape.

Kebutuhan aplikasi edit video tanpa watermark kini semakin tinggi karena meningkatnya pengguna media sosial berbasis video pendek, seperti TikTok. Selain itu, beberapa awam juga membutuhkannya untuk menyelesaikan proyek, tugas, maupun kebutuhan sehari-hari lainnya.

Baca juga: Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

12 Aplikasi edit video tanpa watermark untuk pengguna Android dan iOS


CapCut adalah salah satu aplikasi rekomendasi editing video di Android (sumber: nethelpblog)

Selain bisa menggunakan aplikasi di PC atau laptop, seperti Adobe Premiere Pro, kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi edit video tanpa watermark untuk Android maupun iOS. Simak daftar aplikasi edit video tanpa watermark berikut.

1. Alight Motion Pro


Beberapa fitur Alight Motion Pro (sumber: teknobu)

Alight Motion Pro adalah salah satu aplikasi edit video tanpa watermark berbayar yang menyediakan beberapa fitur untuk membuat desain gerak (video motion) dengan mudah. Aplikasi ini berukuran 28 MB dan dapat digunakan untuk perangkat dengan OS minimal Android 6.0. Aplikasi editing video ini tersedia untuk smartphone maupun tablet. Melalui Alight Motion Pro, kamu dapat juga menyesuaikan warna, menambahkan gambar dan audio, serta mengekspor proyek video ke format MP4 atau GIF.

2. VN Video Editor Maker – VlogNow


Fitur colour grading dan user interface VlogNow (sumber: youtube)

Aplikasi VN Video Editor Maker alias VlogNow dapat dikatakan sebagai aplikasi editing video yang powerful karena fitur untuk melakukan color grading, seperti Adobe Premiere Pro. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki user interface yang profesional sehingga memudahkan pengeditan.

VlogNow termasuk dalam aplikasi yang tergolong baru sehingga beberapa fitur-fiturnya belum selengkap kompetitornya. Namun, keunggulan aplikasi edit video tanpa watermark ini adalah dapat digunakan secara gratis. Selain itu, jika kamu memiliki kendala atau kritik, kamu dapat langsung menyampaikannya secara langsung ke pengembang aplikasi melalui saluran resmi Telegram.

3. Kinemaster


Tampilan awal aplikasi editing video Kinemaster (sumber: apkiz)

Aplikasi ini mungkin sudah tidak asing didengar karena memang sudah cukup populer digunakan. Kinemaster sering digunakan oleh para YouTuber gaming karena memiliki fitur chroma key untuk editing layar hijau. Tampilan aplikasi Kinemaster tampak seperti software editing video profesional. Sayangnya, watermark dalam video hanya dapat dihapus untuk Kinemaster versi berbayar. Sedangkan untuk pengguna biasa, watermark tetap ada pada video setiap kali kamu mengekspornya. Kinemaster dapat digunakan untuk perangkat Android 5.0 dan memiliki ukuran aplikasi sekitar 87 MB. Kamu dapat mengunduh aplikasi ini melalui Google Play.

4. FilmoraGo


Beberapa fitur di aplikasi edit video tanpa watermark, FilmoraGo (sumber: thinkkers)

Sama seperti halnya Kinemaster, aplikasi edit video tanpa watermark satu ini juga cukup populer digunakan. Aplikasi FilmoraGo dikembangkan oleh developer Wondershare yang dapat digunakan baik untuk iPhone maupun Android. FilmoraGo menyediakan fitur basic editing dimana kamu dapat mengedit video dengan rasio 16:9 untuk YouTube atau rasio 1:1 untuk posting feed Instagram. Selain itu, aplikasi edit video ini tetap nyaman untuk kamu gunakan dan bebas watermark walau dalam versi gratis.

5. PowerDirector


User Interface PowerDirector di perangkat Smartphone (sumber: androidapkmods)

Jika kamu menginginkan aplikasi edit video berbasis YouTuber, maka aplikasi PowerDirector adalah pilihan yang tepat. Aplikasi ini hadir dengan tampilan semi-profesional untuk perangkat Android dan iPhone serta sudah banyak direkomendasikan oleh para YouTuber, seperti channel MYtakesilo. PowerDirector memiliki user interface yang sudah cukup umum dengan fitur pengeditan menggunakan konsep timeline. Melalui aplikasi editing ini, kamu dapat dengan mudah menyisipkan video, efek, stiker, dan dua garis waktu audio sekaligus.

6. InShot


Tampilan aplikasi Inshot pada smartphone (sumber: elegantthemes)

Aplikasi edit video tanpa watermark lainnya adalah InShot yang menghadirkan fitur editing cukup sederhana sehingga cocok digunakan untuk pemula. Dengan InShot, kamu dapat dengan mudah memotong, mengatur, dan menambahkan musik ke video. Selain itu, terdapat pula fitur input teks, emoji, dan efek yang membuatnya semakin menarik. InShot sangat cocok untuk mengedit video ringan di Instagram, baik untuk Instagram Feed maupun Instagram Stories. Dalam aplikasi ini juga terdapat berbagai stiker dan filter, serta kamu dapat membuat video dengan latar belakang buram.

Baca juga: 6 Fitur dan Manfaat Creator Studio di Facebook untuk Social Media Management

7. CapCut


Dashboard aplikasi CapCut (sumber: youtube)

CapCut adalah aplikasi pengeditan video all-in-one gratis yang menghadirkan banyak fitur luar biasa secara gratis. Bahkan, kamu dapat menghilangkan watermark tanpa harus membayar sesuatu. Selain tersedia untuk Android, CapCut juga tersedia untuk PC dengan beberapa fitur tambahan, seperti mirroring video atau hanya menggabungkan dua film untuk menghasilkan hasil yang spektakuler.

Aplikasi ini sangat direkomendasikan karena telah banyak digunakan oleh para content creator TikTok. Kamu pun dapat dengan mudah menggunakannya karena tampilan CapCut yang sederhana dengan beragam filter, template, serta musik yang langsung terhubung ke akun TikTok.

8. Adobe Premiere Rush


Aplikasi edit video tanpa watermark versi Adobe (sumber: allmodworld)

Aplikasi edit video ini tentu mungkin sudah cukup familier kamu dengar. Adobe Premiere Clip hadir sebagai bentuk salinan Adobe Premiere versi untuk PC yang dialihfungsikan untuk smartphone Android maupun iPhone. Kamu dapat membuat beberapa konten video pendek untuk media sosial dengan aplikasi ini. Kamu dapat mengedit secara manual dengan memasukkan berbagai alat, efek, dan musik yang tersedia. Kelebihan dari aplikasi Adobe Premiere Rush adalah user interface-nya yang ringan dan cukup mudah digunakan untuk pemula. Namun sayangnya, karena fungsinya yang cukup sederhana dan belum maksimal, video editing hanya terbatas video vertikal.

9. YouCut


YouCut, aplikasi edit video tanpa watermark gratis (sumber: apkbox.ru)

YouCut adalah software edit video tanpa watermark untuk Android yang tersedia secara gratis. Aplikasi ini juga bebas iklan, kecuali satu iklan yang muncul saat mengekspor video. Pada dasarnya software YouCut adalah InShot dengan nama yang berbeda. Desain user interface dan fiturnya hampir sama, meskipun YouCut tidak memiliki editor kolase serta opsi bekukan video.

10. VLLO


VLLO, aplikasi edit video tanpa watermark gratis (sumber: gs2us)

VLLO merupakan aplikasi edit video tanpa watermark yang juga tidak memungut biaya alias gratis. Aplikasi ini juga cukup mudah digunakan sehingga cocok untuk pemula. Selain trim, crop, dan split standar, kamu dapat menambahkan musik, stiker gerak, filter video, dan elemen lainnya. Kamu juga dapat membuat beberapa klip video dalam format GIF, serta menambahkan video overlay. Namun, fitur ini tersedia untuk akun yang telah berlangganan.

11. Funimate


Funimater tersedia di Google Play Store (sumber: itbidda.blogspot)

Jika kamu mencari aplikasi edit video tanpa watermark untuk Android atau iOS dengan fitur berbagi sosial. Funimate adalah pilihan yang cocok. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengekspor klip video pendek dengan filter tahun 60-an serta efek teks trendi, VFX, juga musik yang populer di kalangan pengguna TikTok. Dengan desain tata letak yang sederhana dan ikon yang mudah dipahami, kamu dapat memotong video, menambahkan teks animasi, dan musik latar dengan mudah.

12. BeeCut


Beberapa fitur di aplikasi BeeCut (sumber: apkpure)

Aplikasi edit video tanpa watermark yang terakhir adalah BeeCut. Aplikasi ini tersedia secara gratis sehingga tidak menyertakan watermark saat ekspor video. Namun, BeeCut hanya menyediakan fungsi dasar editing video dibandingkan dengan CapCut, InShot, atau VivaVideo.

Singkatnya, BeeCut memiliki fitur yang kurang trendi seperti software edit video lain. Namun, salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah output video dengan kualitas 720p dan cukup ringan. Hal ini menjadikan BeeCut sebagai aplikasi rekomendasi apabila Android yang kamu miliki bukan tipe terkini.

Baca juga: Figma Adalah: 4 Fitur, Fungsi, Cara Kerjanya, serta Bedanya dengan UI/UX Lainnya

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi edit video tanpa watermark untuk Android dan iOS yang bisa kamu coba secara gratis. Pemilihan aplikasi dapat kamu pertimbangkan berdasarkan kebutuhan serta spesifikasi perangkat Android maupun iOS yang kamu gunakan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • matob.web.id
  • invideo.io

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_1._Bedanya_Port_HTTPS_dengan_HTTP_yang_Perlu_Diketahui.jpg

    Technology

    Bedanya Port HTTPS dengan HTTP yang Perlu Diketahui!

    Anisa Sekarningrum

    04 July 2022
    5 min read
    H1_Gamification.jpg

    Technology

    Gamification: Definisi, Elemen, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan

    Algonz D.B. Raharja

    04 July 2022
    5 min read
    h1.jpg

    Technology

    Cache Adalah: Definisi, Manfaat, Kekurangan, dan Jenisnya

    Tio Derma

    04 July 2022
    6 min read

    Video