Published on

Technology

6 Fitur dan Manfaat Creator Studio di Facebook untuk Social Media Management

Algonz D.B. Raharja

H1_Creator_Studio.jpg

Apakah kamu seorang pengguna Facebook? Dan apakah kamu tahu aplikasi Creator Studio dari Facebook? Nah, jika kamu belum mengenal apa itu Creator Studio dan kegunaan aplikasi ini untuk social media management, maka simak ulasan berikut ini.

Apa itu Creator Studio di Facebook?


Creator Studio merupakan fitur yang diluncurkan Facebook untuk memudahkan tata kelola konten pada platform media sosialnya (Sumber: Pexels)

Pada dasarnya, Creator Studio merupakan fitur dari Facebook yang mulanya muncul pada dashboard dan dapat digunakan oleh pengguna sebagai alat pemasaran atau pembuat konten, baik untuk laman Facebook maupun Instagram. Creator Studio pertama kali diluncurkan pada Agustus 2019 sebagai alat penunjang pengguna Facebook. Namun, pada Desember 2019 fitur serupa juga digunakan pada Instagram.

Dalam situsnya, dijelaskan bahwa Creator Studio merupakan fitur dan aplikasi yang menyatukan semua alat  untuk memudahkan pengguna Facebook dalam membuat posting-an, memonetisasi akun, dan melacak kinerja konten secara efektif. Fitur atau aplikasi Creator Studio ini bisa digunakan untuk dua platform media sosial berbeda, yaitu Facebook dan Instagram. Pengguna bisa mengunduh aplikasi ini secara terpisah dari Facebook lewat tautan berikut untuk Android dan iOS.

Creator Studio secara umum juga dapat didefinisikan sebagai alat manajemen konten media sosial atau social media management dalam satu payung besar Facebook. Creator Studio secara teknis dibuat Facebook untuk memudahkan pembuatan konten, pemasaran merek, dan pengembangan bisnis berbasis konten video di media sosial tersebut.

Oleh karena itu, Creator Studio seyogianya perlu dipahami oleh pengguna Facebook maupun Instagram untuk meningkatkan potensi bisnis dan pasar dari akun yang dimilikinya.

Baca juga: Begini Tren Media Sosial 2022 yang Berpengaruh pada Merek

6 Fitur Creator Studio di Facebook


Salah satu fitur Creator Studio adalah membuat story Facebook (Sumber: blog.hootsuite.com)

Creator Studio memiliki beberapa fitur khusus yang secara sinergis berada di dalam satu aplikasi. Beberapa fitur Creator Studio tersebut adalah sebagai berikut.

1. Mengecek status unggahan


Dashboard laman Creator Studio untuk mengecek status unggahan, monetisasi, dan performa konten akun (Sumber: blog.hootsuite.com)

Creator Studio dapat digunakan untuk melihat dan memantau aktivitas unggahan konten pengguna Facebook selama 28 hari. Hal ini bisa menjadi basis acuan tata kelola konten dan akun untuk menentukan tujuan atau capaian monetisasi tertentu.

2. Membuat unggahan

Fitur membuat unggahan pada Creator Studio dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut.

  • Klik tombol “Create Post” warna hijau di sudut kiri atas layar
  • Buat posting-an organik lewat streaming langsung atau membuat jadwal aktivitas unggahan
  • Sesuaikan unggahan dengan semua fitur seperti media, aktivitas, check-in lokasi, dan sebagainya
  • Pilih dan uji maksimal empat versi unggahan video yang dibuat
  • Tentukan konten video yang dibuat masuk pada headlines, thumbnails, atau suntingan dari video sebelumnya
  • Kemudian Creator Studio akan secara otomatis menunjukkan berbagai versi video unggahan pengguna ke segmen audiens. Dari tanggapan yang diperoleh nantinya pilihan video dengan segmentasi terbaik akan otomatis terunggah di halaman akun Facebook pengguna

Baca juga: Inilah Prediksi Tren Media Sosial 2022 yang Perlu Kamu Ketahui

3. Menambahkan story

Fitur Story pada Creator Studio secara umum berperan untuk membuat dan mengunggah Story Facebook sederhana. Konten Story tersebut umumnya hanya foto, teks, video singkat, dan tambahan tombol Call to Action (CTA). Story yang dibuat lewat Digital Creator akan langsung dibagikan dan tidak dapat dijadwalkan atau disimpan dalam draf.

4. Membuat dan mengunggah video

Fitur Creator Studio yang satu ini digunakan pengguna untuk membuat unggahan video dari perangkat dan disunting langsung dalam aplikasi Creator Studio. Sama seperti pembuatan unggahan umum, pengguna bisa menambahkan thumbnail, teks, polling, hingga lokasi. Uniknya, dalam fitur ini terdapat opsi “Before you publish” yang secara praktis dapat mengoptimalkan video buatan pengguna sebelum diunggah.

Fitur pembuatan video lewat Creator Studio ini bisa digunakan untuk mengunggah sejumlah video hingga 50 video sekaligus. Tak hanya itu, lewat Creator Studio ini pengguna juga bisa menyunting judul serta deskripsi video sekaligus.

5. Pustaka konten


Pustaka konten atau content library merupakan fitur untuk menyimpan semua unggahan dalam Creator Studio (Sumber: blog.hootsuite.com)

Pustaka konten merupakan kumpulan semua unggahan yang pernah dibuat dan diunggah pengguna ke halaman Facebook. Meski sudah terunggah, namun semua konten tetap tersimpan dalam Creator Studio untuk tetap dinavigasikan secara manual. Pengguna bisa mengelompokkan unggahan terdahulu berdasarkan jenis, tanggal publikasi, atau deskripsinya.

Selain itu, pengguna juga bisa melakukan pelacakan terhadap unggahan tertentu. Penelusuran unggahan dapat dilacak lewat status penerbitan, penjadwalan, draf, dan masa kedaluwarsanya. Pengguna juga bisa melihat data kinerja atau impresi suatu unggahan konten dengan mengeklik unggahan terkait.

Baca juga: Catat, Ini 6 Optimalkan Media Sosial untuk Pemasaran

6. Insight dan rights manager

Fitur Insight menjadi penting dalam urusan social media management karena pengguna bisa mengetahui capaian impresi dari para audiens untuk data pasar. Fitur Insight dapat menjadi data basis bagi seorang pengguna Facebook atau perusahaan tertentu untuk mengetahui performa akun atau unggahan konten mereka lewat Creator Studio.

Selain impresi dan Insight, Creator Studio juga dapat membuat pengguna bisa terhindar dari permasalahan hak cipta. Oleh karena itu, ada fitur Rights Manager dalam Creator Studio yang menuntun pengguna agar tidak membuat konten mirip atau menjiplak karya orang lain.

7. Monetisasi

Fitur utama dalam Creative Studio adalah Monetization yang digunakan untuk mendapatkan keuntungan secara finansial lewat laman Facebook atau konten yang diunggah. Monetisasi umumnya dilakukan secara serius oleh pengguna atau perusahaan tertentu yang ingin meraup keuntungan lewat unggahan konten Facebook.

Baca juga: Kelebihan Social Media Marketing dan Tips Menerapkannya

Cara mengakses Creator Studio di Facebook


Creator Studio dapat diakses langsung lewat tools pada akun Facebook maupun unduh aplikasi terpisah (Sumber: Pexels)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pengguna Facebook bisa mengakses Creator Studio secara terpisah dengan mengunduh aplikasi lewat Google Play Store maupun Apps Store. Namun, jika pengguna ingin mengakses langsung Creator Studio lewat Facebook, maka pengguna bisa mengaksesnya lewat tautan berikut.

Setelah masuk, kamu akan dihadapkan pada dashboard Creator Studio yang terintegrasi dengan akun Facebook milikmu. Jika kamu sudah melakukan Login otomatis, maka kamu bisa langsung terhubung dan mulailah membuat konten dengan berbagai fitur unik dari Creator Studio.

Baca juga: 8 Skills yang Harus Dimiliki Social Media Specialist

Manfaat Creator Studio di Facebook


Creator Studio bermanfaat untuk berbagai hal terkait bisnis dan pemasaran, terlebih untuk monetisasi konten (Sumber: Pexels)

Dilansir Codebreak, Creator Studio memiliki beberapa manfaat yang umum berguna untuk memahami kinerja konten, membuat perubahan dalam strategi pemasaran, hingga menjadwalkan proses unggah konten. Beberapa manfaat lain dari Creator Studio yang bisa dirasakan oleh pengguna Facebook maupun Instagram adalah sebagai berikut.

1. Memudahkan penjadwalan unggah konten

Salah manfaat utama dari Creator Studio adalah memudahkan pengguna Facebook untuk menjadwalkan kapan waktu yang tepat bagi mereka untuk mengunggah konten. Pengguna atau bahkan suatu bisnis bisa memberikan jeda dan menyesuaikan momen pengunggahan konten sesuai jadwal yang bisa diatur. Sehingga, pengguna tidak lagi bingung untuk membuka Creator Studio setiap kali akan mengunggah konten. Fitur penjadwalan dan pengunggahan konten otomatis ini bisa membuat pengguna tetap bisa melakukan pekerjaan sambil multitasking.

2. Membantu analisis impresi audiens

Dengan adanya fitur Insight, pengguna Creator Studio bisa menambah wawasan mereka tentang kinerja suatu konten dan impresi audiens. Dari sana, pengguna bisa menganalisis kualitas konten dan relevansi konten secara substantif. Jumlah penayangan konten juga menjadi acuan kuantitatif terkait ketertarikan audiens terhadap konten terkait.

3. Memudahkan proses pengelolaan akun

Creator Studio secara umum memiliki keunggulan untuk memudahkan pengguna agar bisa mengelola beberapa akun lewat satu dashboard. Hal ini memudahkan orang-orang yang bekerja sebagai social media specialist atau social media management. Oleh karena itu, pengelola bisnis dapat memanfaatkan Creator Studio sebagai satu ruang khusus untuk membuat konten dan menyebarkannya lewat beberapa akun secara ringkas.

Baca juga: 4 Tips Meningkatkan Engagement Media Sosial

Itulah tadi beberapa keuntungan dan manfaat penggunaan Creator Studio dalam mengelola akun Facebook. Selain keberadaan fitur Monetisasi yang bisa menghasilkan keuntungan finansial, ternyata Creator Studio juga bisa memudahkan pekerjaan para profesional di bidang social media specialist. Hal ini tentu amat berguna dalam kemudahan pemasaran bisnis lewat ruang maya atau digital marketing.

Bagi kamu yang tertarik untuk berkarier di bidang digital marketing, keberadaan Creator Studio bisa membantu kinerjamu nanti. Sedangkan, jika kini kamu tengah bingung menentukan arah kariermu, maka EKRUT bisa menjadi rekan profesional untukmu. Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai karier hingga kesempatan kerja lewat EKRUT. Hal yang perlu kamu siapkan hanyalah membuat CV terbaikmu lalu klik tautan di bawah ini untuk langsung mendaftar lewat EKRUT.

Sumber:

  • blog.hootsuite.com
  • facebook.com
  • socialmediaexaminer.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video